Kawaii Beauty Japan

Skin Care

5 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan kulit kendur. Agar kulit tak semakin kehilangan kekencangannya, segera rawat kulit dengan 5 cara alami berikut ini!

Santi Berlinawati

Semakin tua, struktur elastin dan kolagen di dalam kulit semakin kehilangan keelastisannya. Selain itu, kulit juga kehilangan komponen pelembab alaminya yang menjadikan kulit terlihat kendur dan menggelambir. Apalagi, dengan umur yang kian bertambah, otot wajah pun juga kian lemah. Akibatnya, kulit wajah tampak tak kencang lagi.

Di samping usia, kulit kendur juga bisa terjadi karena paparan sinar matahari, kebiasaan merokok, minum alkohol, obesitas, kehamilan, penurunan berat badan yang drastis, pola makan yang kurang bernutrisi, serta penggunakan produk skincare yang kurang tepat.Untuk mengembalikan kekecangannya, ladies ternyata bisa menggunakan bahan-bahan alami yang tersedia di rumah.

5 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

Menggunakan krim memang bisa jadi merupakan cara cepat mengencangkan kulit, tapi kamu juga perlu mewaspadai efek sampingnya. Yuk, gunakan bahan-bahan alami ini!

Putih Telur

Putih telur

Bahan ini merupakan bahan astringent alami dan sangat bagus untuk mengencangkan kulit kendur. Kandungan hydro lipids di dalamnya akan membuat kulit kencang kembali. Cara menggunakannya, cukup kocok puith telur sampai berbuih, dan aplikasikan pada wajah selama 20 menit. Setelah itu bilas sampai bersih. Kamu juga bisa menambahkan 1 sdm yogurt plain ke dalamnya. Lakukan 2 kali dalam seminggu agar hasilnya lebih cepat.

Lemon

Lemon

Vitamin C di dalam lemon mampu meningkatkan produksi kolagen. Inilah yang akan mengembalikan keelastisan kulitmu. selain itu, kandungan astringent alaminya dapat mengencangkan kulit dan mengurangi keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya. Untuk menggunakannya, peras air lemon dan gosokkan dengan lembut pada wajah. Diamkan selama 10 menit, dan bilas menggunakan air. Lakukan 2 hingga 3 kali dalam sehari agar hasilnya maksimal. Jangan lupa gunakan pelembab setelahnya.

Mentimun

Timun

Untuk mengatasi kulit yang kendur dan menggelambir, kamu juga bisa memanfaatkan mentimun. Bahan ini merupakan toner alami dan juga sangat menyegarkan. Selain itu, mentimun juga dapat meregenerasi kulit. Siapkan setengah buah mentimun, haluskan, dan ambil airnya. Oleskan air tersebut pada wajah, dan biarkan sampai kering. Bilas dengan air dingin. Lakukan sehari sekali. Atau, untuk hasil yang lebih maksimal, buat saja masker dengan mencampurkan 2 sdm air mentimun, 1 putih telur, dan 3 hingga 5 tetes minyak vitamin E. Gunakan pada wajah dan leher selama 15 menit, dan kemudian bilas menggunakan air dingin. Lakukan seminggu sekali.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun

Memijat wajah dan leher menggunakan natural oil, seperti minyak zaitun, dapat membantu mengencangkan kembali kulit yang kendur. Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan, seperti vitamin A dan E, yang dapat memberikan manfaat anti-aging. Di samping itu, bahan ini juga akan menjaga kelembaban kulitmu. Pertama-tama hangatkan minyak zaitun, kemudian gunakan untuk memijat wajah dengan gerakan melingkar menggunakan ujung jarimu selama 10 menit. Lakukan sekali sehari sebelum tidur. 

Kayu Manis

Kayu manis

Bahan ini sangat bagus untuk meningkatkan produksi kolagen yang sangat diperlukan untuk memperoleh kulit kencang dan mulus. Campurkan 1 sdt bubuk kayu manis dan kunyit bubuk dengan minyak zaitun secukupnya hingga berbentuk pasta. Setelah itu tambahkan 1 sdt gula atau garam. Gosokkan secara lembut pada wajah dan leher selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan scrub alami ini satu atau dua kali dalam seminggu. Coba saja, dan dapatkan kulit yang semakin kencang! 

Bagaimana? Sangat mudah dan tidak sulit dicari kan bahan-bahannya, ladies? Selamat mencobanya!

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait