Foto Cara Membuat Masker Alami dengan Mudah untuk Eksfoliasi Wajah

Cara Membuat Masker Alami dengan Mudah untuk Eksfoliasi Wajah

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Agar wajah selalu cerah dan bebas jerawat, kulit perlu dibersihkan dengan eksfoliasi. Banyak sekali bahan alami yang merupakan eksfolian natural, seperti bahan-bahan dalam masker yang berikut ini.

Melakukan eksfoliasi secara rutin sangat penting untuk menjaga kecantikan kulit wajahmu. Eksfoliasi tidak hanya membuang sel-sel kulit mati, namun juga mengangkat minyak dan kotoran yang terjebak di dalam pori-pori. Sel-sel kulit mati, minyak, dan kotoran bisa memicu timbulnya jerawat jika tidak dibersihkan. Untuk mengeskfoliasi kulit wajah, kamu tak harus membeli produk eksfoliator yang mungkin saja mengandung bahan kimia berbahaya. Kamu dapat memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumahmu dan membuatnya sendiri. Belum tahu cara membuat masker alami untuk eksfoliasi wajahmu? Yuk,simak!

Masker Eksfoliasi Gula

Gula

Gula pasir merupakan eksfolian alami lainnya yang tak kalah ampuhnya. Campurkan gula pasir dengan madu, yang juga mengandung antioksidan dan antibakteri, serta sedikit air lemon yang dapat membersihkan dan mencerahkan kulit. Kombinasi ini sangat bagus untuk merawat kulitmu.

Bahan-bahan:

  • ½ sdt madu
  • 1 sdt gula pasir
  • Air lemon segar.

Langkah-langkah:

Campurkan madu, gula, dan perasan air lemon hingga rata. Jika adonan terlalu encer, tambahkan gula sedikit demi sedikit. Gunakan scrub ini pada wajah selama beberapa saat, kemudian bilas. Wajahmu pun akan kembali cerah dan terlihat lebih segar.

Masker Eksfoliasi Kopi

Kopi

Tekstur kopi juga sangat cocok digunakan sebagai bahan eksfoliasi alami untuk kulit wajah. Di samping itu, caffeic acid yang terkandung di dalamnya juga memiliki khasiat anti inflamasi dan mampu meningkatkan produksi kolagen. Seperti halnya kopi yang menstimulasi tubuh kita di pagi hari usai meminumnya, begitu juga ketika digunakan pada kulit. Kulit akan terstimulasi.

Bahan-bahan:

  • 1 sdm kopi bubuk
  • 1 sdm air atau minyak zaitun.

Langkah-langkah:

Untuk membuat scrub eksfoliasi, kombinasikan kopi dan air atau minyak zaitun. Kamu juga bisa menggunakan endapan kopi yang sudah kamu buat untuk  minuman. Kemudian gosokkan scrub ini pada wajah, dan diamkan selama beberapa saat, dan bilas. Kalau kamu menggunakan minyak zaitun, kamu tidak perlu memakai pelembab setelahnya karena minyak zaitun sudah membuat kulitmu sangat lembab.   

Masker Eksfoliasi Oatmeal

Oatmeal

Oatmeal tidak hanya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatanmu dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Oatmeal juga memiliki manfaat untuk membuat kulit wajahmu menjadi lebih bersih, menyingirkan sel kulit mati, dan mengurangi minyak dalam kulit wajah.

Bahan-bahan:

  • Oatmeal
  • Madu/ kefir/ yoghurt/ buttermilk

Langkah-langkah:

Oatmeal dapat menjadi masker eksfoliasi yang lembut, cocok untuk kulit yang sensitif. Masker ini dapat membuat anti peradangan dan melembapkan. Campur oatmeal dengan madu atau kefir. Kamu juga bisa menggantinya dengan yoghurt atau buttermilk (mentega susu). Baurkan pada wajahmu dan scrub wajahmu dengan gerakan memutar, biarkan selama 15-30 menit, bilas, dan bersihkan seperti biasa.

Masker Eksfoliasi Kefir

Kefir

Kefir merupakan susu fermentasi yang mirip dengan yoghurt yang terbuat dari susu kambing, sapi atau santan. Sama dengan yoghurt, karena merupakan hasil fermentasi, kefir mengandung 40 kali lebih banyak bakteri baik yang bahkan lebih bagus daripada yoghurt. Saat ini kefir bisa didapatkan onlne kok, jadi kamu tidak perlu repot untuk membuatnya.

Bahan-bahan:

  • Kefir

Langkah-langkah: 

Kamu perlu membaurkan kefir pada seluruh wajahmu dan biarkan selama 15-30 menit, lalu bilas seperti biasa. Kulitmu nanti akan menjadi lembut untuk beberapa hari ke depan.


Nah, itu cara membuat masker alami untuk ekfoliasi wajahmu. Tidak perlu mahal kan, ladies? Kamu sudah bisa memiliki wajah yang halus dan lembut tanpa mahal. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini