Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Penting! Ketahui Waktu Terbaik Mencukur Bulu Tubuh beserta Teknik Pencukurannya

Hindari iritasi kulit dengan waktu dan teknik yang tepat untuk mencukur bulu halus pada tubuh berikut ini!

Wikan Saputri

Bulu halus yang tumbuh di atas kulit tubuh bagian kaki, tangan, dan ketiak ini memang membuat banyak wanita tidak nyaman dan kurang percaya diri, ladies! Oleh karena itu banyak yang mencukur bulu-bulu tersebut untuk menghilangkannya. Tapi, tahukah kamu bahwa pencukuran bulu ini tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan? Pasalnya, pencukuran bulu tubuh ini harus dilakukan pada waktu yang tepat dan dengan menggunakan teknik yang tepat pula. 

Sebenarnya ada cara lain untuk menghilangkan bulu pada tubuh, seperti waxing. Banyak orang yang lebih senang mencukur karena dirasa lebih mudah dan dapat dilakukan di rumah. Tapi, meskipun mudah rupanya mencukur tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan karena kamu perlu memerhatikan waktunya dan tekniknya juga lho!

Kapan Waktu Terbaik untuk Mencukur Bulu?

Waktu terbaik untuk mencukur bulu halus pada tubuh adalah pada saat pagi hari setelah kamu selesai mandi, ladies! Pada saat itu, kulit masih lentur dan bulu-bulunya pun tidak kasar sehingga akan memudahkanmu mencukurnya tanpa menimbulkan iritasi pada kulit sekitarnya.

Teknik Mencukur Bulu Tubuh

Tidak hanya sembarangan mencukur, simak tekniknya dengan benar lho!

Perhatikan Arah Mencukur

Pada bulu halus yang tumbuh di tangan dan di kaki, kamu disarankan untuk mencukur sesuai dengan arah pertumbuhan bulu halus tersebut untuk menghindari iritasi ringan. Untuk daerah ketiak, kamu disarankan untuk mencukurnya dengan arah yang berlawanan dengan pertumbuhan bulu ketiak agar pencukuran lebih efektif.

Gunakan Shaving Cream

Produk ini sudah banyak dijual di pasaran Indonesia, ladies! Kamu dapat menemuinya di supermarket atau minimarket terdekat. Untuk hasil yang maksimal, setelah mandi lebih baik kamu oleskan shaving cream ke seluruh bagian yang ingin kamu bersihkan bulu halusnya, kemudian cukur dengan lembut tanpa melukai kulit. Fungsi dari penggunaan shaving cream ini adalah untuk menghindarkan kulitmu dari luka dan iritasi ringan. Perhatikan juga penggunaan shaving cream di daerah kewanitaan dan perhatikan cara mencukurnya karena organ kewanitaan merupakan daerah yang sensitif.

BACA JUGA: Hati-Hati 6 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Ketika Mencukur Bulu KemaluanGunakan gel lidah buaya

Jika terjadi iritasi ringan pada kulitmu setelah proses pencukuran, kamu disarankan untuk segera mengoleskan gel atau lotion yang mengandung lidah buaya untuk membantu mendinginkan iritasi ringan pada kulit. Jika iritasi tersebut semakin memburuk, disarankan untuk segera melakukan pengompresan pada bagian yang teriritasi dengan menggunakan handuk yang dibasahi air dingin.

Jangan Langsung Menggunakan Produk di Atas Kulit yang Baru Dicukur

Hal ini sebenarnya hanya berlaku pada pencukuran bulu daerah ketiak. Hindari untuk langsung menggunakan deodorant setelah proses pencukuran bulu ketiak karena hal ini dapat menyebabkan bahan kimia yang terkandung pada deodorant meresap ke dalam pori-pori kulit yang belum tertutup secara sempurna setelah prosespencukuran. Sebaiknya kamu menunggu selama 1 hingga 2 jam setelah proses pencukuran sebelum mengoleskan deodorant.

Nah, itulah waktu yang tepat mencukur bulu halus pada tubuhmu dan teknik yang disarankan untuk menghindari iritasi kulit. Semoga bermanfaat!

Tagged in:
Wikan Saputri
Long life learner...
Share this article

Artikel Terkait