Kawaii Beauty Japan

Relationship

12 Tanda Bahwa Cara Berpacaran Kamu Selama Ini Termasuk dalam Hubungan yang Tidak Sehat

Hubungan yang sehat seharusnya membawa kebahagiaan. Sayangnya banyak yang tidak menyadari bahwa mereka sebenarnya sedang dalam hubungan yang tidak sehat. Bagaimana cara mengetahuinya?

Santi Berlinawati

Memiliki pasangan memang tidak melulu berjalan dengan mulus dan indah. Pasti beberapa kali kamu mengalami beberapa rintangan namun masih bisa diatasi. Memang tak ada hubungan yang sempurna. Sebahagia apapun sepasang kekasih, pasti ada saja tantangan yang harus dihadapi. Meskipun begitu, kamu tetap harus bisa melihat apakah hubunganmu tersebut layak diteruskan atau tidak karena tanpa disadari sebenarnya gaya berpacaran kita membuat terjebak dalam hubungan yang tidak sehat. Namun, tanda-tanda apa sajakah yang membuat cara berpacaran kamu sebenarnya tidak sehat? Yuk, simak selengkapnya!

12 Tanda Bahwa Cara Berpacaran Kamu Selama Ini Termasuk dalam Hubungan yang Tidak Sehat

Hati-hati, jangan biarkan dirimu terjebak dalam hubungan yang tidak membahagiakanmu!

1. Kamu Harus Selalu Minta Izin

Meminta izin

Sepertinya memang baik melibatkan pasangan dalam membuat keputusan. Namun, tidak seharusnya dia yang menjadi satu-satunya pengambil keputusan. Kamu harus memiliki kebebasan atas apa yang kamu inginkan. Kamu tidak perlu setiap jam mengabari hal apa yang kamu ingin lakukan untuk mendapatkan izinnya seperti tahanan penjara. Perlu diingat bahwa kamu sepenuhnya memegang kontrol atas kehidupanmu sendiri.

2. Kamu Lelah Secara Emosional

Lelah

Kalau energimu selalu kamu habiskan untuk bertengkar atau untuk membuat pasanganmu senang, sebaiknya kamu perlu memikirkan kembali hubunganmu karena hubungan yang sehat itu adalah hubungan yang membahagiakan kedua belah pihak.

3. Kamu Tidak Bisa Sepenuhnya Menjadi Dirimu Sendiri

Marah

Kamu seharusnya tidak menyembunyikan apapun dari dirimu hanya untuk bisa diterima. Jika dia tidak bisa mencintai dirimu seluruhnya, maka dia tidak layak untukmu. Pasangan yang baik adalah pasangan yang melengkapi satu sama lain, meskipun kamu memiliki sifat yang menyebalkan seharusnya dia menerimamu apa adanya.

4. Kamu akan Melakukan Apa Saja untuk Menghindari Pertengkaran

Bertengkar

Jangan berpikir bahwa dengan menghindari pertengkaran berarti kamu sudah menyelamatkan hubungan kalian. Kamu hanya menunda sampai timbul konsekuensinya nanti. Takut putus atau takut bertengkar bukan alasan untuk menjadi pasif.

5. Kamu Sering Bertengkar

Bertengkar

Sebagai pasangan, berbeda argumen memang hal yang biasa. Terkadang perbedaan argumen tersebut bisa membuat bertengkar. Tapi, tidak hanya pasangan yang tidak cocok saja yang bertengkar, bahkan pasangan yang bahagia pun pernah bertengkar. Tapi, jika tiap hari bertengkar, apakah kalian bisa bahagia?

6. Karirmu Ikut Terpengaruh

Bekerja

Selalu berkomunikasi sepanjang hari mungkin terdengar baik. Namun, dalam konteks tertentu hal tersebut bisa menandakan ketidakpercayaan. Bertengkar melalui pesan teks juga bisa mengganggu produktivitasmu. Mood-mu akan rusak dan kamu tidak bisa fokus.

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy