Foto 12 Tanda Bahwa Cara Berpacaran Kamu Selama Ini Termasuk dalam Hubungan yang Tidak Sehat

12 Tanda Bahwa Cara Berpacaran Kamu Selama Ini Termasuk dalam Hubungan yang Tidak Sehat

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Hubungan yang sehat seharusnya membawa kebahagiaan. Sayangnya banyak yang tidak menyadari bahwa mereka sebenarnya sedang dalam hubungan yang tidak sehat. Bagaimana cara mengetahuinya?

Memiliki pasangan memang tidak melulu berjalan dengan mulus dan indah. Pasti beberapa kali kamu mengalami beberapa rintangan namun masih bisa diatasi. Memang tak ada hubungan yang sempurna. Sebahagia apapun sepasang kekasih, pasti ada saja tantangan yang harus dihadapi. Meskipun begitu, kamu tetap harus bisa melihat apakah hubunganmu tersebut layak diteruskan atau tidak karena tanpa disadari sebenarnya gaya berpacaran kita membuat terjebak dalam hubungan yang tidak sehat. Namun, tanda-tanda apa sajakah yang membuat cara berpacaran kamu sebenarnya tidak sehat? Yuk, simak selengkapnya!

12 Tanda Bahwa Cara Berpacaran Kamu Selama Ini Termasuk dalam Hubungan yang Tidak Sehat

Hati-hati, jangan biarkan dirimu terjebak dalam hubungan yang tidak membahagiakanmu!

1. Kamu Harus Selalu Minta Izin

Meminta izin

Sepertinya memang baik melibatkan pasangan dalam membuat keputusan. Namun, tidak seharusnya dia yang menjadi satu-satunya pengambil keputusan. Kamu harus memiliki kebebasan atas apa yang kamu inginkan. Kamu tidak perlu setiap jam mengabari hal apa yang kamu ingin lakukan untuk mendapatkan izinnya seperti tahanan penjara. Perlu diingat bahwa kamu sepenuhnya memegang kontrol atas kehidupanmu sendiri.

2. Kamu Lelah Secara Emosional

Lelah

Kalau energimu selalu kamu habiskan untuk bertengkar atau untuk membuat pasanganmu senang, sebaiknya kamu perlu memikirkan kembali hubunganmu karena hubungan yang sehat itu adalah hubungan yang membahagiakan kedua belah pihak.

3. Kamu Tidak Bisa Sepenuhnya Menjadi Dirimu Sendiri

Marah

Kamu seharusnya tidak menyembunyikan apapun dari dirimu hanya untuk bisa diterima. Jika dia tidak bisa mencintai dirimu seluruhnya, maka dia tidak layak untukmu. Pasangan yang baik adalah pasangan yang melengkapi satu sama lain, meskipun kamu memiliki sifat yang menyebalkan seharusnya dia menerimamu apa adanya.

4. Kamu akan Melakukan Apa Saja untuk Menghindari Pertengkaran

Bertengkar

Jangan berpikir bahwa dengan menghindari pertengkaran berarti kamu sudah menyelamatkan hubungan kalian. Kamu hanya menunda sampai timbul konsekuensinya nanti. Takut putus atau takut bertengkar bukan alasan untuk menjadi pasif.

5. Kamu Sering Bertengkar

Bertengkar

Sebagai pasangan, berbeda argumen memang hal yang biasa. Terkadang perbedaan argumen tersebut bisa membuat bertengkar. Tapi, tidak hanya pasangan yang tidak cocok saja yang bertengkar, bahkan pasangan yang bahagia pun pernah bertengkar. Tapi, jika tiap hari bertengkar, apakah kalian bisa bahagia?

6. Karirmu Ikut Terpengaruh

Bekerja

Selalu berkomunikasi sepanjang hari mungkin terdengar baik. Namun, dalam konteks tertentu hal tersebut bisa menandakan ketidakpercayaan. Bertengkar melalui pesan teks juga bisa mengganggu produktivitasmu. Mood-mu akan rusak dan kamu tidak bisa fokus.

7. Hubungan Kalian Tidak Seimbang

Berantem

Dalam hubungan yang sehat, tak ada salah satu yang boleh pegang kendali sepenuhnya. Hubungan yang kalian miliki haruslah setara. Jangan ada salah satu dari kalian yang terlalu mengontrol yang lainnya.

8. Kamu Tidak Bisa Jujur pada Pasanganmu

BohongJangan berbohong karena takut mengecewakan atau membuatnya marah. Kepercayaan adalah pondasi hubungan yang kuat. Selain itu, dia akan semakin marah jika tahu kamu sudah berbohong. Ingat, jika kamu ingin mengakhiri sesuatu yang positif tidak ada yang di awali dengan berbohong.

9. Kamu Selalu Khawatir Kalau Membuat Kesalahan

sedih

 Kamu sering merasa cemas dengan hubungan kalian. “Apakah dia marah padaku?” Apa kesalahan yang sudah kubuat kali ini?” ini bukanlah pertanyaan dalam hubungan yang sehat. Kamu dan dia memiliki hubungan yang sama dan tidak perlu merasa takut antara satu sama lainnya.

10. Kamu Merasa Tidak Aman

Takut

Sepanas apapun situasi pertengkaran yang kalian hadapi, jangan sampai kamu merasa terancam. Jika hal itu terjadi, makan hubungan kalian sudah tidak sehat.

11. Kalian Saling Memberi Pengaruh Buruk

Pengaruh buruk

Dua orang yang memiliki hubungn yang sehat akan saling menginspirasi satu sama lain. Mereka tidak boleh menjadi pemicu sisi buruk bagi yang lainnya.

12. Kamu Menjadi Terlalu Pemaaf

Maafin

Misalnya saja ketika dia berbuat kesalahan yang sama untuk yang kesekian kalinya, dan kamu membiarkan saja karena dia memberikanmu perhatian lebih agar kamu melupakannya. Itu akan membuatnya berpikir bahwa dia boleh melakukan kesalahan itu lagi dan lagi. 


Tanda-tanda ini memang terdengar sepele, namun kamu harus mengetahui tanda ini agar mengetahui apakah cara berpacaran kamu termasuk dalam hubungan yang sehat atau tidak. Jika memang hubunganmu sudah tidak sehat, ada baiknya kamu memikirkan ulang mengenai hubunganmu selama ini dan segera keluar dalam hubungan tidak sehat ini. Semoga bermanfaat, ladies!

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini