Foto Serba-serbi Masa Nifas yang Wajib Diketahui Wanita

Serba-serbi Masa Nifas yang Wajib Diketahui Wanita

Foto Melisa
Melisa
Contributor
Masa nifas yang akan dilalui setelah melahirkan tak lagi menakutkan bila kamu tahu seluk beluknya.

Di zaman modern seperti saat ini, ternyata masih banyak lo wanita yang takut melewati masa kehamilan dan melahirkan. Bukan hanya kedua hal tersebut yang dikhawatirkan. Masa nifas yang cukup lama pun menjadi salah satu alasannya. Bagi wanita yang belum pernah melahirkan, pasti masa nifas menimbulkan banyak pertanyaan dan kebingungan, ya.

Sebenarnya kamu tidak perlu khawatir dengan masa nifas kok, ladies. Asalkan kamu merawat diri dengan baik, pasti kamu bisa melalui masa nifas tanpa kendala berarti. Yuk simak dulu serba-serbi tentang masa nifas yang wajib kamu ketahui!

Apa Itu Masa Nifas? Yuk Kenali Dulu Pengertiannya!

Masa nifas merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut masa pasca persalinan bagi para wanita. Biasanya masa nifas dihitung selama 40 hari sejak hari kelahiran. Pada masa ini, fisik dan mental wanita mengalami proses pemulihan agar kembali seperti sedia kala. Sebab proses kehamilan dan melahirkan sudah menimbulkan perubahan besar pada diri seorang wanita, baik perubahan fisik, pola pikir, maupun perilaku.

Hal-Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Masa Nifas

Agar kebersihanmu selalu terjaga, kamu perlu melakukan hal-hal ini, ladies!

Merawat Kebersihan Kelamin Secara Teliti

Membersihkan kewanitaan

Salah satu bagian tubuh yang wajib mendapatkan perawatan intensif selama masa nifas adalah kelamin. Sebaiknya kamu selalu mencuci tangan dengan sabun sampai bersih sebelum dan sesudah menyentuh kelamin. Cucilah kelamin terlebih dahulu sebelum membersihkan bagian anus. Untuk mengeringkannya, gunakan kain handuk yang bersih dan lembut. Wanita yang melahirkan secara normal dan memiliki luka jahitan tidak disarankan menyentuh lukanya. Proses penggantian pembalut harus dilakukan dengan teratur agar tidak menimbulkan perkembangbiakan bakteri. Gantilah pembalut minimal 2 kali sehari atau lebih sering lagi tergantung kebutuhanmu.

Kebersihan Payudara pun Patut Diperhatikan

Kebersihan payudara

Payudara wanita yang baru melahirkan rentan kotor karena pengaruh produksi air susu. Cara membersihkannya sangat muda kok. Kamu hanya perlu mengelap puting payudara dan bagian sekitarnya dengan kain bersih yang sudah dicelupkan ke air hangat. Kemudian bersihkan sisa air dengan lap kering agar lekas kering. Untuk menjaga bentuk payudara agar tetap indah, kamu patut menggunakan bra khusus untuk ibu menyusui, ya.

Siapa Bilang Kamu Tidak Boleh Keramas Selama Masa Nifas?

Keramas

Faktanya, kamu tetap harus keramas dan mandi secara teratur untuk menjaga kebersihan tubuh secara keseluruhan. Agar tidak mudah sakit, kamu bisa mandi dan keramas dengan air hangat. Jangan mandi dan keramas ketika cuaca sedang terlalu dingin atau terlalu panas agar kondisi kesehatanmu tetap terjaga.

Agar Penampilan Tetap Menarik Saat Menjalani Masa Nifas

Pakaian

Masa nifas pasti membuatmu lelah sekaligus kurang percaya diri dengan penampilan. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya kamu tetap menjaga penampilan selama masa nifas. Kenakanlah pakaian yang nyaman agar kamu leluasa bergerak dan tidak mudah kegerahan. Pakaian yang nyaman membuat darah nifas tidak mudah tembus serta kamu akan merasa lebih mudah saat menyusui bayimu.


Masa nifas yang akan kamu lalui menjadi salah satu penanda bahwa kamu adalah wanita yang kuat dan sempurna lo, ladies. Hadapi masa-masa tersebut dengan percaya diri agar kondisi kesehatanmu lekas pulih dan siap menyaksikan tumbuh kembang buah hatimu dengan gembira.

Artikel Selanjutnya

Foto Melisa

Melisa

day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Upgrade Lifestylemu ditengah Pandemi

Upgrade Lifestylemu ditengah Pandemi

Aminy Andawi Aminy Andawi
Caffino, Kopi Pertama yang Mengedepankan Authenticity

Caffino, Kopi Pertama yang Mengedepankan Authenticity

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kulit Kenyal Bercahaya Hanya Dengan Satu Produk

Kulit Kenyal Bercahaya Hanya Dengan Satu Produk

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Parfum Ala Wanita Paris Kini Hadir di Indonesia!

Parfum Ala Wanita Paris Kini Hadir di Indonesia!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Berani Berkreasi dan Mendobrak Batas Bersama Ultra Milk

Berani Berkreasi dan Mendobrak Batas Bersama Ultra Milk

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Cara Baru Merawat Kulit Kering

Kenali Cara Baru Merawat Kulit Kering

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani