Kawaii Beauty Japan

Skin Care

5 Fakta Tentang Kulit Wajah Berminyak Ini Wajib untuk Diketahui

Banyak wanita yang kurang percaya diri memiliki kulit berminyak dan melakukan berbagai jenis perawatan untuk mengatasinya. Tapi, dibalik itu semua fakta berikut ini harus kamu ketahui!

Inka Rahmawati

Kulit wajah yang berminyak memang menjadi salah satu masalah bagi sebagian besar wanita. Kondisi berminyak pada kulit membuat make up mudah luntur dan kulit terlihat kusam. Beberapa fakta tentang kulit berminyak berikut ini harus kamu ketahui karena memiliki kulit berminyak ternyata juga ada sisi positifnya lho, ladies. Yuk, simak!

5 Fakta Tentang Kulit Wajah Berminyak Ini Wajib untuk Diketahui

Tidak perlu minder lagi ketika kamu memiliki jenis kulit berminyak ya, ladies!

Kelembapan Alami Kulit Tejaga Sehingga Terlihat Lebih Muda

Kulit alami

Pada dasarnya kulit memproduksi minyak adalah salah satu cara kulit untuk melembabkan diri secara alami. Kulit yang cenderung berminyak akan memiliki lipatan yang lebih rendah sehingga membuat kulit terlihat lebih muda untuk waktu yang lebih lama.

Kulit Berminyak Tetap Membutuhkan Pelembap

Kulit berminyak

Ada mitos yang mengatakan bahwa memakai pelembab pada wajah berminyak menyebabkan kulit semakin berminyak dan timbul jerawat. Padahal penyebab kulit berminyak adalah kondisi kering yang terjadi pada kulit. Umumnya setelah pemakaian cleanser dan toner akan membuat kulit menjadi kering, sehingga pelembab yang tepat untuk kulit berminyak sangat diperlukan untuk membantu menjaga kelembaban kulit wajah.

Penyebab Jerawat Bukan Karena Berminyak, Tapi Sisa Make up dan Kotoran

Jerawat

Sisa make up dan kotoran yang tidak dibersihkan secara optimal dapat menyumbat pori-pori. Saat pori-pori tersumbat oleh sisa make up dan kotoran, kulit akan mengalami dehidrasi yang dapat memicu kulit memproduksi lebih banyak minyak sehingga timbulnya iritasi dan jerawat pada kulit.

Faktor Utama Memiliki Kulit Berminyak adalah Faktor Genetik

Banyak cara untuk mengatasi masalah kulit berminyak, namun cara apapun tidak akan bisa menghentikan munculnya minyak pada kulit karena faktor utama kulit berminyak berasal dari genetik. Mengatasi masalah kulit berminyak memang bukan hal yang gampang, namun mencoba merubah gaya hidup untuk kulit lebih sehat seperti meminum banyak air, mengonsumsi makanan sehat, dan memakai produk perawatan wajah khusus untuk kulit wajah berminyak akan membantu mengontrol jumlah minyak pada kulit.

Tingkat pH Kulit Berminyak Cendrung Lebih Seimbang daripada Jenis Kulit Lainnya

Kulit wajah berminyak

Minyak yang diproduksi oleh kulit memiliki peran penting sebagai mantel asam - lapisan asam tipis pada kulit yang melindungi dari bakteri dan kontaminasi lainnya. Lapisan ini memiliki pH 4,5 - 6,2 dan mencegah sel-sel dari kerusakan serta mempertahankan kelembaban kulit. Di dalam kasus kulit berminyak, keasaman mantel ini lebih baik dipertahankan dibandingkan dengan jenis kulit lainnya.

Ternyata memiliki kulit berminyak tidak selalu buruk ya, ladies? Ada beberapa manfaat positif yang didapatkan dari kulit berminyak. Apapun jenis kulitmu, gaya hidup sehat perawatan yang tepat sesuai dengan jenis kulit sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit. Kamu bisa melakukannya dengan memulai kebiasaan baik seperti minum air setiap hari dalam jumlah yang tepat untuk menjaga kulit dan tubuh terbebas dari racun dan memilih makanan yang sehat dan bergizi. Serta selalu berhati-hatilah dengan produk yang kamu terapkan pada kulitmu untuk menghindari komplikasi atau masalah pada kulit di kemudian hari. Semoga bermanfaat ya, ladies!

Inka Rahmawati
Enjoy life, be grateful and learn to give :)
Share this article

Artikel Terkait