Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Cek Kesalahan Mandi dengan Shower Berikut Ini!

Apakah kamu bermasalah dengan rambut kering atau muka dan/atau punggung berjerawat? Bingung dengan penyebab yang menimbulkan masalah tersebut?

Kasih Elia Lg

Coba cek deh kebiasaan mandimu, terutama jika kamu mandi dengan menggunakan shower. Yuk cek kesalahan mandi dengan bershower ria:

Air Shower Terlalu Panas

Masalah: Walau air hangat dari shower terasa begitu menenangkan, hal ini ternyata berbahaya lho ladies. Panasnya air akan membuat kulit tubuh dan kepala kering karena minyak yang ada akan terbuang. Semakin lama kamu mandi air panas, semakin kering kulitmu. Setelah mandi, kamu akan merasa kulitmu jauh lebih kering dan kesat, yang nantinya akan mengakibatkan kulit mengelupas.

Solusi: Jaga temperatur air suam-suam kuku atau hangat (bukan panas) untuk membuka pori-pori kulit dan kutikula rambut namun tetap menjaga kulit dan kulit kepala lembap. Jangan lupa untuk membilas rambut dengan air dingin karena berfungsi untuk ‘menyegel’ dan menghaluskan kutikula rambut. Air panas atau hangat berguna untuk membuka kutikula agar kotoran dapat dibersihkan.

Kamu Mandi dengan Shower Setiap Hari

Masalah: Ternyata mandi, apalagi keramas setiap hari lebih banyak rugi daripada untungnya, lho ladies. Menurut beberapa penelitian, mandi terlalu sering membuang minyak alami yang berguna bagi kulit serta menurunkan tingkat pH kulit kita. Tingkat pH yang lebih rendah dapat membuat kulit menjadi lebih basa sehingga melemahkan kemampuan kulit untuk melawan infeksi bakteri, kerusakan kulit, dan penyakit.

Solusi: Kecuali kamu memiliki aktivitas yang sangat tinggi sehingga mengakibatkan kamu selalu berkeringat setiap hari, sebaiknya pertimbangkan kembali untuk mandi. Kurangi waktu mandi setiap harinya, dan jaga agar tidak lebih lama dari 10 menit. Mengapa? 10 menit adalah waktu yang paling ideal untuk membiarkan air hangat membuka pori dan melembapkan kulit. Semakin sering kamu mandi, kamu harus lebih sering memakai produk pelembap.

Nah, sekarang coba perbaiki kebiasaan shower kamu ya Ladies!

Kasih Elia Lg
Kawaii Beauty Japan Beauty Writer. Mahasiswi Sastra Jepang yang ingin memahami lebih dalam dunia wanita, dan Jepang. Sering lupa menulis di blog pribadi tapi tidak pernah mau ketinggalan berbagi info mengenai kecantikan dan Jepang di Kawaii Beauty Japan.
Share this article

Artikel Terkait