Kawaii Beauty Japan

Health

Bahaya! Inilah Akibatnya jika Tubuh Kurang Mengonsumsi Serat

Jangan biarkan tubuhmu kekurangan serat, ladies! Ini dia dampak buruknya untuk kesehatan tubuhmu.

Wikan Saputri

Serat adalah zat yang sangat penting bagi ketahanan tubuh dan kesehatannya. Konsumsi serat tubuh memang sangat penting untuk dicukupi, ladies! Pasalnya, kandungan serat yang kurang akan menimbulkan banyak akibat buruk bagi tubuhmu. Tak hanya itu, kekurangan mengonsumsi makanan yang berserat juga bisa menimbulkan banyak penyakit berbahaya bagi tubuh. Maka dari itu, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai akibat yang ditimbulkan jika tubuh kekurangan serat dan solusinya. Mau tahu ulasan lengkapnya? Langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

Kekurangan asupan serat dalam tubuh sangat berpengaruh pada kesehatan seseorang. Akibat buruk yang akan ditimbulkan antara lain adalah:

Mengalami sembelit

Sembelit adalah kondisi di mana pencernaan kita terganggu, sehingga menghasilkan veses yang kering dan keras. Hal ini tentu saja sangat tidak nyaman, karena orang yang sedang mengalami sembelit ini biasanya menjadi susah buang air besar dan merasakan perut mulas karena kotoran tidak dapat terbuang sempurna. Jika kamu sedang mengalami sembelit, disarankan untuk memperbanyak konsumsi buah yang tinggi serat, seperti apel, pisang, wortel, brokoli, dan biji-bijian. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi air putih harianmu, yaitu minimal 8 gelas per hari, dan jangan lupa untuk berolahraga secara rutin, ya ladies!

Mengalami kenaikan berat badan

Makanan berserat tinggi akan membuatmu merasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama dari makanan lainnya. Jadi, jika kamu tidak mengonsumsi makanan yang tinggi serat, bisa dipastikan bahwa kamu akan mengalami kondisi di mana rasa lapar akan sering menghampirimu. Hal ini yang menyebabkan berat badanmu akan terus naik, ladies! Solusi untuk kenaikan berat badan tak lain adalah dengan menerapkan diet berbasis makanan kaya serat, seperti buah dan sayur segar.

Tidak stabilnya kadar gula darah

Kekurangan konsumsi serat adalah salah satu penyebab utama timbulnya penyakit diabetes. Solusinya adalah menerapkan diet buah dan sayur yang sangat efektif untuk mengontrol kandungan gula darah dan menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya

Kekurangan konsumsi serat sangat berkaitan erat dengan munculnya penyakit-penyakit berbahaya, seperti kencing manis, obesitas, hiperlipidemia, kanker usus besar, hipertensi, wasir, divertikulosis, batu empedu, dan hernia. Solusinya hanya satu yaitu mulai mengonsumsi makanan berserat tinggi yang terdapat pada buah dan sayur, berolahraga, dan selalu mencukupi kebutuhan air dalam tubuh.

Nah, itulah dia akibat yang ditimbulkan jika tubuh kekurangan serat. Bagi kamu yang tidak menyukai buah dan sayur, mulai sekarang cobalah untuk mengonsumsi buah dan sayur untuk mencukupi kebutuhan serat dalam tubuhmu. Mulailah dari satu jenis buah dan sayur yang paling kamu suka. Semoga bermanfaat.

Wikan Saputri
Long life learner...
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy