Foto Kesalahan Kecil Penyebab Munculnya Penuaan Dini Di Usia Muda Yang Tidak Kamu Sadari

Kesalahan Kecil Penyebab Munculnya Penuaan Dini Di Usia Muda Yang Tidak Kamu Sadari

Foto Meydiana Widyaningsih
Tahukah kamu bahwa penyebab penuaan dini pada kulit bisa berasal dari kebiasaan kecil yang tidak kamu sadari ?

Jika selama ini kebiasaan yang sering kamu lakukan dalam menjaga dan merawat kesehatan dan kecantikan kulit memang sudah tepat, sebaiknya coba kamu periksa dan teliti kembali apakah perawatan kulit yang sudah kamu kira benar itu memang sepenuhnya baik untuk kesehatan kulit cantikmu. Karena, perlu kamu ketahui bahwa ternyata ada beberapa kebiasaan yang sering kamu lakukan dan tanpa kamu sadari dapat mempercepat proses penuaan dini pada kulit. Selain itu, ada juga beberapa jenis perawatan dan penggunaan make up yang bisa membuat wajahmu menjadi kelihatan lebih cepat tua di usia kamu yang masih muda.

Menurut ahli kecantikan kulit dari Cosmetic Dermatologist yaitu Dr. Meghna Gupta yang dikutip dari situs Indian Times mengatakan bahwa ada beberapa kesalahan yang tidak pernah disadari oleh wanita ketika melakukan perawatan kulit. Berikut adalah hal-hal yang tanpa kamu sadari dapat mempercepat proses penuaan dini dan membuat wajah jadi lebih boros dari usia sebenarnya.

Sering Menggunakan Krim Pemutih

Hal yang perlu kamu ketahui dari penggunaan krim pemutih adalah adanya kandungan konsentrat tinggi yang bisa menimbulkan kerusakan pada kulit secara permanen serta mempercepat penuaan dini, dan efek negatif ini akan lebih cepat muncul jika kamu menggunakannya terlalu sering apalagi kalau kamu menggunakan krim pemutih dalam jangka waktu yang sudah sangat lama. Jadi, mulai sekarang cobalah untuk mengurangi pemakaian krim pemutih dan gunakan bahan-bahan alami yang dapat membantu membuat wajah menjadi lebih cerah namun tetap sehat dan terlindungi dari penuaan dini. 

Pola Makan Yang Salah

Mungkin sebagian besar dari kamu hanya mengandalkan perawatan wajah serta mempercantik diri hanya daripolesan luar saja sehingga sering mengabaikan perawatan yang penting dilakukan dari dalam seperti pola makan tidak sehat yang ternyata cukup memiliki pengaruh buruk untuk kesehatan kulit. Sebenarnya kulit membutuhkan nutrisi dan gizi seimbang dari asupan yang kamu makan seperti kandungan flavonoid, Vitamin E, D, C, A, protein, tocophenols, karotenoid yang merupakan zat bagus sekali untuk menjaga kesehatan kulitmu. Hindari makanan yang berminyak dan tak sehat agar keelastisan kulitmu tetap terjaga.

Menggunakan Tabir Surya Secara Tidak Tepat

Salah satu cara melindungi kulit dari bahaya radiasin sinar UV umumnya memang menggunakan sunblock atau tabir surya karena tabir surya memang sangat bagus digunakan untuk melindungi kerusakan kulit akibat terbakar dari paparan sinar matahari, hiperpigmentasi dan frecking. Tapi, perlu kamu ketahui juga bahwa menggunakan tabir surya dengan berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping seperti mempercepat timbulnya penuaan dini pada kulit. Jadi, kamu harus teliti dalam memilih tabir surya dan kamu juga perlu mengetahui jumlah SPF nya. Selain itu, lakukan ulang penggunaan tabir surya setelah pemakaian lebih dari 2 jam karena sebagian besar wanita sering sekali mengabaikan hal-hal tersebut sehingga wajah akan nampak kusam gelap dan terlihat tua.

Sering Lupa Membersihkan Riasan Wajah

Menggunakan make up atau riasan wajah memang dapat mempercantik wajah sekaligus dapat membuat kamu menjadi tampil lebih percaya diri ketika ingin beraktivitas diluar rumah. Sayangnya, masih banyak wanita yang lupa untuk membersihkan riasan wajah ketika ingin tidur karena sudah terlalu lelah atau mengantuk. Padahal banyak sekali debu dan polusi yang  menempel di pori pori kulit selama kamu beraktifitas di luar rumah. Jika kamu sering lupa membersihkannya maka dapat mengakibatkan masalah kulit sehingga lambat laun akan menimbulkan wajah yang terlihat nampak kusam dan penuaan dini di kemudian hari.

Itulah beberapa kebiasaan kecil yang menjadi suatu kesalahan dan ternyata sering kamu lakukan tanpa kamu sadari. Jika kamu tidak terlihat tua di usia kamu yang masih sangat muda, cobalah untuk lebih teliti dan memperhatikan kebiasaan yang kamu lakukan dalam melakukan perawatan wajah agar tidak muncul gejala penuaan dini. 

sumber : nitips

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini