Kawaii Beauty Japan

Hair

5 Kebiasaan Buruk Tidak Kamu Sadari yang Membuat Rambut Mengembang

Kebiasaan ini bisa jadi sering kamu lakukan lho, ladies!

Leonita Nerisa

Sering kesal karena rambut menjadi frizzy (mengembang) dan sulit diatur? mungkin saja itu karena kamu tidak mengetahui kondisi rambutmu, ladies! Seperti halnya kulit, rambut juga perlu diperhatikan kesehatannya, salah-salah rambutmu akan menjadi kering, rusak dan mengembang Berikut beberapa hal yang dapat membuat rambutmu menjadi mengembang. 

5 Kebiasaan Buruk Tidak Kamu Sadari yang Membuat Rambut Mengembang 

Kebiasaan ini seringkali dilakukan oleh banyak wanita. Coba cek apakah kamu sering melakukan kebiasaan ini, ladies!

Temperatur Air yang Salah

Temperatur air

Mungkin terdengar aneh, namun terdapat perbedaan yang cukup jauh jika kamu keramas menggunakan air dingin dengan panas. Keramas menggunakan air dingin merupakan langkah terbaik untuk mencegah rambut yang mengembang karena air dingin menutup kutikel rambutmu. Jika kamu merasa sulit untuk berkeramas dengan air dingin, kamu bisa berkeramas menggunakan air hangat dan kemudian dibilas dengan air dingin.

Salah Sisir

Salah sisir

Suka bingung kenapa ada begitu banyak jenis sisir? Jawabannya adalah karena rambut memerlukan sisir yang berbeda di kondisi yang berbeda! Jika kamu bertujuan untuk memblow dry rambutmu, pilihlah sisir yang mempunyai sikat yang jarang-jarang untuk hasil blow dry yang lembut. 

Mengeringkan Rambut dengan Handuk

Rambut dengan handuk

Kebiasaan mengeringkan rambut dengan menggosoknya ke handuk setelah keramas sangat tidak baik untuk kesehatan rambutmu. Tekstur handuk yang termasuk kasar jika digosokan ke rambut akan membuat rambut menjadi susah diatur dan mengembang. Keringkan rambut dengan menekan perlahan handuk.

Tidak Mengikat Rambut Ketika Tidur

Mengikat rambut

Pastinya kita sering diingatkan untuk melepaskan ikatan rambut ketika tidur kan? Namun, mengurai rambut dan membiarkannya tergosok oleh sarung bantal sama halnya dengan menggosokan rambut ke handuk mandi. Sebelum tidur, ada baiknya kamu mengikat kendur rambutmu keatas sehingga rambut tetap aman dan tidak rontok.

Menggunakan Produk yang Salah

Produk yang salah

Jangan asal menggunakan produk rambut jika tidak ingin rambutmu mengembang. Salah satu yang membuat rambut menjadi mengembang adalah bahan yang terkandung di produk perawatan rambut. Sebaiknya hindari produk yang mengandung alkohol tinggi karena dapat membuat rambut lebih kering yang membuatnya menjadi mengembang.

Wah, ternyata ada beberapa hal umum yang kita pikir baik untuk rambut malah menjadi faktor yang membuat rambut menjadi mengembang ya! Yuk, rubah kebiasaan kita agar rambut kembali halus.

 

Leonita Nerisa
Blogger from Indonesia. She mostly writes about fashion & beauty. Currently studying at private university in Jakarta and being a part time blogger to brighten up her day!
Share this article

Artikel Terkait