Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Terlanjur Memencet Jerawat? Cepat Lakukan 5 Hal Ini!

Jerawat memang menggemaskan, membuat kita ingin memencetnya.

Marga Apsari

Banyak ahli kecantikan dan perawatan kulit yang menyarankan kita untuk tidak memencet jerawat. Hal ini dikarenakan memencet jerawat dapat mengakibatkan infeksi pada kulit wajah, serta meninggalkan bekas bopeng atau menghitam.

Namun, bagi para wanita yang mementingkan penampilan, keberadaan jerawat bisa sangat mengganggu. Pada akhirnya, banyak wanita yang tidak tahan untuk memencet jerawatnya. Padahal, akibat buruk dari memencet jerawat sudah menjadi rahasia umum.

5 Hal yang Harus Segera Kamu Lakukan Bila Terlanjur Memencet Jerawat

Bila kamu adalah salah satu wanita yang terlanjur memencet jerawat, maka kamu harus segera melakukan beberapa hal ini! Fungsinya adalah untuk mengurangi infeksi dan kotoran pada wajahmu, ladies.

1. Mencuci Tangan

Mencuci tangan

Sebelum merawat area wajah yang berjerawat, pastikan kamu mencuci tanganmu terlebih dahulu. Memencet jerawat akan membuat kulit rawan terinfeksi, jadi pastikanlah kamu mengurangi risiko tersebut dengan menjaga kebersihan tangan.

2. Mengompres dengan Air Hangat

Mengompres air hangat

Memencet jerawat akan membuat area tersebut sedikit meradang dan terkadang juga diiringi dengan rasa sakit. Bila kamu sudah terlanjur memencet jerawat, kompres area tersebut dengan kain lap hangat selama beberapa menit. ini akan membantu menenangkan area tersebut.

3. Membersihkan Wajah dengan Sabun

Membersihkan wajah

Memencet jerawat akan membuat kulit terluka atau pori-pori menjadi terbuka, dan ini berisiko menyebabkan infeksi. Agar terhindar dari infeksi, segeralah membersihkan area tersebut dengan sabun antibakteri. Dengan demikian, kebersihan wajah akan terjaga dan bebas kuman.

4. Mengoleskan Produk Anti-Jerawat

Krim anti jerawat

Produk kecantikan dengan kandungan asam salicyclic bisa menjadi pilihan utama untukmu, karena memiliki manfaat utama untuk menghindari jerawat muncul kembali. Kamu bisa juga menggunakan krim anti-iritasi untuk membunuh kuman serta bakteri penyebab jerawat.

5. Menutup Area Jerawat dengan Perban

Perban berbahan plastik untuk menutup jerawat kini sudah banyak tersedia di drug store. Fungsi utama perban plastik jerawat ini adalah untuk menjaganya tetap bersih dan tidak terkontaminasi udara kotor.

Memencet jerawat bukanlah ide yang baik, ladies! Namun, jika kamu sudah terlanjur melakukannya, pastikan kamu melakukan 5 hal di atas agar dampak buruknya dapat berkurang.

Marga Apsari
A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday
Share this article

Artikel Terkait