Foto Cara Mudah Membuat Masker Cuka Apel untuk Atasi Jerawat

Cara Mudah Membuat Masker Cuka Apel untuk Atasi Jerawat

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Menggunakan masker secara rutin bisa sangat membantu dalam mengatasi jerawat. Dari berbagai bahan alami yang tersedia, cuka apel ternyata sangat efektif sebagai masker penghilang jerawat.

Mungkin sebagian dari kamu bertanya-tanya apa yang dikandung oleh cuka apel sehingga ampuh mengusir jerawat? Ternyata cuka apel memiliki kandungan antibakteri dan antiseptik yang bisa membunuh jerawat penyebab pori-pori tersumbat. Selain itu, cuka apel juga merupakan detoksifier alami yang melawan radikal bebas dan racun-racun yang bisa memicu timbulnya jerawat. Kandungan alpha-hydroxy acid-nya mampu meremajakan kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati. Khasiat yang dikandungnya anti-inflamasin, cuka bisa mengurangi kemerahan, radang, dan nyeri yang terjadi karena jerawat, sehingga mempercepat proses penyembuhannya. Untuk membuat masker dari cuka apel, kamu bisa langsung menggunakannya atau mengkombinasikan dengan bahan-bahan alami lainnya, seperti yang berikut ini.

Masker Cuka Apel dan Air

Cuka apel

Campur cuka apel dan air di dalam mangkuk dengan perbandingan 1:1. Untuk kulit sensitif, gunakan perbandingan 3:1. Ambil kapas, dan oleskan pada kulit. Kalau kamu menggunakannya di malam hari, biarkan semalaman. Sedangkan kalau kamu memakainya di siang hari, biarkan beberapa menit, kemudian bilas dan lembabkan dengan moisturizer. Ulangi secara rutin sampai jerawatmu hilang. Kamu juga bisa mencampurkan green tea atau lidah buaya.

Masker Cuka Apel dan Baking Soda

Baking soda

Cuka apel mampu membunuh bakteri dan menyeimbangkan kadar pH kulit, sementara itu baking soda merupakan bahan eksfoliator yang cukup bagus. Sehingga, kombinasi kedua bahan ini sangat efektif untuk mengatasi jerawat. Campurkan 2 sdm cuka apel dengan 2-3 sdm baking soda hingga rata. Gunakan jarimu untuk mengaplikasikan masker ini ke wajahmu. diamkan selama 10-20 menit sampai mengering dan kulit terasa kencang. Setelah itu bilas, keringkan, dan gunakan pelembab. Lakukan sekali dalam seminggu.

Masker Cuka Apel dan Bawang Putih

Bawang putih

Haluskan beberapa siung bawang putih, dan ambil sarinya. Tambahkan cuka apel dengan takaran yang sama, dan campur hingga rata. Gunakan kapas untuk mengoleskan masker ini ke bagian kulit yang berjerawat. Tunggu 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Pakai masker cuka ini dengan teratur agar jerawatmu segera menyingkir.

Masker Cuka Apel dan Lidah Buaya

lidah buaya

Siapkan cuka apel, air, dan gel lidah buaya secukupnya. Jadikan satu semua bahan dalam satu wadah, dan pastikan sudah tercampur rata sebelum menggunakannya. Jika sudah, oleskan pada bagian kulit yang berjerawat, dan pijatlah lembut dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dan keringkan. Lembabkan wajah dengan moisturizer khusus untuk kulit berjerawat. Lakukan dengan rutin. Kamu juga bisa menambahkan minyak kelapa atau jojoba oil sebagai ganti lidah buaya.  

Masker Cuka Apel dan Madu

Madu

Madu pun bisa dikombinasikan dengan cuka apel untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Pertama-tama, basuh wajah menggunakan air hangat dan cleanser, sembari memijat lembut wajah dengan gerakan melingkar. Kemudian lakukan eksfoliasi menggunakan baking soda untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati, serta minyak dari kulit. Uapi wajahmu selama tiga menit di atas baskom berisi air hangat. Agar uapnya dapat bertahan lama, tutupi kepalamu dengan handuk. Siapkan 2 sdm madu, dan aplikasikan ke wajahmu sambil memijat lembut dengan gerakan melingkar kecil-kecil. Jika madu sudah lengket, hentikan dan tunggu 15 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Campurkan cuka apel dan air (1:1), dan oleskan menggunakan kapas dengan arah ke atas.     

Wajah pun bebas jerawat berkat masker cuka apel.

Artikel Selanjutnya

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini