Foto Malas Pergi ke Salon untuk Facial? Ini Dia Cara Melakukan Facial Sendiri Dirumah

Malas Pergi ke Salon untuk Facial? Ini Dia Cara Melakukan Facial Sendiri Dirumah

Foto Inka Rahmawati
Inka Rahmawati
Contributor
Tentu kamu sudah tahu bahwa facial adalah salah satu perawatan kulit wajah yang sangat efektif. Tahu nggak ladies kalau facial juga bisa dilakukan di rumah lho. Yuk ikuti caranya berikut ini!

Punya kulit wajah yang cantik, cerah, dan halus sepertinya menjadi impian hampir semua wanita. Tentu saja semua itu tidak lepas dari perawatan wajah, mulai dari menggunakan krim siang, krim malam, serum wajah dan juga facial. Perawatan facial yang baik akan membuat kulit wajah halus, cerah dan merona. Akan sangat menyenangkan jika kegiatan facial ini bisa dilakukan di rumah, ya ladies. Mau tahu bagaimana cara melakukan facial di rumah?

Berikut adalah langkah-langkah melakukan facial di rumah:

Membersihkan dan Mengelupaskan Kulit Wajah

  1. Singkirkan rambut dari wajah dengan mengikat dan menjepitnya. 
  2. Cuci wajah untuk membersihkan kotoran dan sisa make up pada wajah. Pastikan pembersih yang kamu gunakan sesuai dengan jenis kulitmu ya, ladies. Gunakan air hangat, karena air hangat adalah suhu terbaik untuk kulit wajah.
  3. Gunakan scrub wajah atau bahan pengelupas lainnya. Langkah ini adalah bertujuan untuk mengangat sel kulit mati yang menumpuk. Jika tidak memiliki scrub, kamu bisa membuatnya sendiri menggunakan gula atau garam halus yang dicampur dengan minyak zaitun atau dengan bahan alami lainnya.
  4. Bilas wajah untuk menghilangkan sisa-sisa scrub dan tepuk-tepuk kering wajah dengan handuk.
  5. Setelah wajah bersih, pijat wajah dengan lembut untuk meningkatkan sirkulasi darah di area wajah. Ini sangat penting dilakukan sebelum melanjutkan ke tahap facial selanjutnya. Gunakan jari telunjuk dan jari tengah untuk memijat wajah dalam gerakan melingkar yang lembut.

    - Pijat dahi, mulai di tengah dan bergerak turun ke pelipis.

    - Pijat hidung dan pipi.

    - Pijat bibir, dagu dan rahang.

Membersihkan Pori-pori

  1. Lakukan perawatan uap dengan menggunakan air panas yang telah di letakkan pada sebuah wadah. Tempatkan wajah tepat di atas air tersebut, dan tutupi kepala menggunakan handuk agar uap terarah ke wajah. Lakukan ini selama sekitar 5 menit untuk membantu membuka pori-pori. Oh ya, kamu juga bisa lho ladies menambah aroma terapi favoritmu ke dalam air yang kamu gunakan untuk proses penguapan ini.
  2. Setelah proses uap, kamu bisa melakukan pengangkatan komedo. Untuk sekitaran hidung, bisa menggunakan bantuan pore pack dan untuk area lain menggunakan alat pengangkat komedo. Setelah komedo berhasil kamu keluarkan, jangan lupa lap menggunakan tisu atau kapas bersih ya.
  3. Selanjutnya adalah masker wajah yang akan menarik keluar kotoran dari pori-pori. Kamu bisa menggunakan masker instan yang banyak di jual di toko, atau menggunakan bahan alami yang bisa kamu buat sendiri. Oleskan masker secara merata pada wajah dan diamkan selama 15-30 menit. Sambil menunggu masker mengering, kamu bisa menempelkan bekas kantong teh, mentimun atau tomat pada mata, yang tentunya ini sangat bermanfaat untuk kesehatan mata.
  4. Setelah masker kering, bilas wajah dan tepuk-tepuk kering menggunakan handuk. Gunakan air hangat untuk menghilangkan semua sisa-sisa masker wajah.

Menyegarkan dan melembapkan kulit

  1. Usapkan penyegar (toner) pada wajah. Penyegar membantu mencerahkan kulit dan mengembalikan keseimbangan pH kulit wajah. Jika kamu berminat menggunakan toner alami, kamu bisa menggunakan cuka apel, ekstrak witch hazel atau ekstrak mawar yang dicampur dengan air.
  2. Langkah terakhir yaitu mengusapkan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit. Pelembap akan menjaga kulit dari kekeringan dan akan membuat hasil perawatan facial lebih tahan lama. Sebaiknya gunakan pelembap wajah yang tidak mengandung alkohol, karena alkohol dapat menyebabkan kulit lebih cepat kering.

Setelah proses facial selesai, sebaiknya tunggu 1-2 jam sebelum kamu memulai untuk melakukan proses make up agar kulit wajah bisa lebih rileks. Bagaimana ladies? Siap mencoba facial di rumah?

Foto Inka Rahmawati

Inka Rahmawati

Enjoy life, be grateful and learn to give :)

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Kulitmu Terlindungi, Beragam Hadiah Siap Kamu Miliki!

Kulitmu Terlindungi, Beragam Hadiah Siap Kamu Miliki!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Tiff Body Luncurkan Scrub yang Vegan dan Cruelty Free

Tiff Body Luncurkan Scrub yang Vegan dan Cruelty Free

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Segera Lindungi Kulitmu Dari Bahaya Sinar UV!

Segera Lindungi Kulitmu Dari Bahaya Sinar UV!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Sukin: Natural Skincare Asal Australia Telah Hadir Di Indonesia

Sukin: Natural Skincare Asal Australia Telah Hadir Di Indonesia

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Sebotol Nutrisi Untuk Wajahmu Dalam Satu Sheet Mask

Sebotol Nutrisi Untuk Wajahmu Dalam Satu Sheet Mask

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani