Foto Awas Kekurangan Gizi! Inilah 11 Tanda Tubuh Kekurangan Gizi dan Penyebabnya

Awas Kekurangan Gizi! Inilah 11 Tanda Tubuh Kekurangan Gizi dan Penyebabnya

Foto Wikan Saputri
Wikan Saputri
Contributor
Inilah tanda-tanda tubuhmu kurang gizi, ladies! Jangan sampai terlambat untuk mengetahuinya.

Kekurangan gizi atau yang familiar disebut sebagai malnutrisi ini dapat terjadi pada siapa saja, ladies! Tidak peduli berapapun berat badan seseorang, apakah itu kurus, sedang, maupun gemuk sekalipun, semua orang dengan berat badan mereka masing-masing memiliki kemungkinan mengalami malnutrisi. Hal ini tidak terjadi dalam hitungan hari, malnutrisi terjadi karena akumulasi dalam waktu yang cukup lama. Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang tanda-tanda malnutrisi dan penyebabnya. Hal ini sangat penting untuk diketahui karena malnutrisi dapat mengakibatkan tubuh tidak mampu untuk menjalankan fungsinya dengan baik karena kekurangan nutrisi tertentu. Untuk penjelasan lengkapnya, mari kita simak ulasan berikut ini.

Apa Sajakah Tanda-Tanda Malnutrisi?

Karena terlalu sibuk dengan rutinitas sehari-hari, tanda-tanda tubuh kekurangan asupan nutrisi ini biasanya luput dari perhatian kita, ladies! Maka dari itu, jika kamu mengalami tanda-tanda berikut ini lebih baik kamu mulai menghubungi dokter untuk mengetahui asupan nutrisi apakan yang kurang pada tubuhmu. Berikut tanda-tandanya:

  • Tanda yang paling terlihat adalah penurunan berat badan tanpa direncanakan. Hal ini karena tubuhmu tidak mendapatkan cukup nutrisi yang dibutuhkan. Meskipun demikian orang yang bertubuh gemuk pun juga berpotensi menderita malnutrisi karena makanan yang mereka konsumsi bukanlah makanan sehat.
  • Mudah lelah
  • Menurunnya konsentrasi dan daya fokus
  • Depresi
  •  Tidak mampu menjalankan tugas yang biasanya dapat dikerjakan dengan baik
  • Sistem kekebalan tubuh menurun, oleh karena itu biasanya penderita malnutrisi menjadi rentan terhadap berbagai jenis penyakit dan infeksi.
  • Penyembuhan luka berjalan sangat lambat
  • Sering merasa kedinginan
  • Suasana hati sering berubah secara drastic
  • Mudah terjatuh karena otot tubuh melemah
  • Kehilangan nafsu makan

Penyebab Malnutrisi

Malnutrisi disebabkan oleh banyak faktor, baik faktor eksternal seperti kemiskinan dan kondisi lingkungan hidup yang kurang sehat, maupun faktor internal seperti tidak menjalankan pola makan yang baik atau karena penyakit tertentu yang menyebabkan tubuh tidak dapat menyerap nutrisi secara sempurna. Berikut ini adalah beberapa penyebab malnutrisi yang paling potensial, yaitu:

  • Diet ketat yang mengharuskan untuk membatasi asupan nutrisi tertentu, seperti gula dan lemak ternyata sangat berpotensi untuk membuat tubuh kekurangan nutrisi yang dibutuhkan. Memang diet tersebut baik dilakukan untuk orang dengan kondisi kesehatan tertentu, tapi jika hal tersebut dilakukan hanya untuk menurunkan berat badan, maka secara bertahap tubuh akan kekurangan asupan nutrisi  yang sebenarnya dibutuhkkan.
  • Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan akan mengganggu proses pencernaan pada tubuh dan mengakibatkan tubuh sulit untuk menyerap nutrisi dengan baik.
  • Kondisi kesehatan tubuh yang tidak baik juga sangat berpengaruh pada kemungkinan seseorang menderita malnutrisi, seperti mengidap penyakit yang membuat penderitanya kehilangan nafsu makan, mual, penyakit hati, ataupun kanker.

Nah, untuk mengecek apakah tubuhmu kekurangan gizi atau tidak, kamu dapat menghubungi dokter dan bertanya padanya. Maka dokter akan menghitung indeks massa tubuhmu, dan menentukan apakah berat dan tinggi badanmu sudah seimbang ataukah belum. Penanganan malnutrisi ini biasanya dengan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi yang akan disarankan oleh dokter, dan apabila perlu, maka suplemen pun akan diberikan. Semoga bermanfaat.

Tags:

Artikel Selanjutnya

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2017 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini