Kawaii Beauty Japan

Health

Mengonsumsi Nanas Saat Hamil? Inilah yang Terjadi

Bolehkan wanita hamil mengonsumsi nanas? Apakah yang akan terjadi jika mengonsumsinya? Temukan jawaban lengkapnya di sini!

Wikan Saputri

Selama ini kita mungkin sering mendengar pro dan kontra terkait konsumsi nanas oleh ibu hamil, ladies! Apakah nanas itu baik dikonsumsi oleh ibu hamil ataupun tidak, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai hal tersebut secara tuntas. Memang pada dasarnya buah nanas yang kaya serat dan vitamin ini sangat baik untuk tubuh kita. Tapi, hal ini akan berbeda ketika kamu sedang berbadan dua. Secara umum, inilah yang akan terjadi pada ibu hamil saat mengonsumsi buah nanas, ladies! Hal ini penting sekali untuk dibaca dengan seksama agar semuanya jelas terbukti kebenarannya. Mari kita simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Membantu Proses Persalinan

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa dengan mengonsumsi nanas yang mengandung enzim bromelain maka proses persalinan akan lebih mudah. Pasalnya enzim bromelain dalam nanas ini mampu melunakkan leher rahim dan memicu kontraksi. Tapi sayang, jika kamu ingin memanfaatkan enzim bromelain ini kamu diharuskan untuk mengonsumsi 7 buah nanas yang pada dasarnya akan membuatmu mengalami diare. Dan satu hal lagi, hingga saat ini belum ada penelitian yang mendukung argument tersebut.

Membantu Mengatasi Kecemasan

Pada umumnya, ibu hamil yang baru pertama kali mengalami masa-masa kehamilan akan merasa cemas akan banyak hal yang terjadi, seperti perubahan bentuk tubuh, atau kondisi kandungannya. Menurut penelitian, nanas mengandung vitamin dan flavonoid yang dapat meredakan kecemasan tersebut. Tapi untuk lebih jelasnya sebaiknya kamu bertanya pada dokter kandunganmu terlebih dahulu.

Menyebabkan Keguguran atau Prematur

Karena khasiatnya yang mampu memicu kontraksi, mengonsumsi buah nanas pada saat awal kehamilan memang tidak disarankan, ladies! Karena hal ini dapat menimbulkan resiko kelahiran prematur bahkan keguguran.

Dampak Buruk Pada Kulit Bayi

Mengonsumsi nanas olahan yang dihidangkan pada saat panas memang sangat berbahaya untuk ibu hamil, karena nanas yang sudah dipanaskan akan mengeluarkan racun yang sangat berbahaya bagi kulit bayi yang memicu reaksi alergi.

Pada dasarnya, memang nanas merupakan buah yang kaya akan vitamin yang baik untuk tubuh. Tapi untuk ibu hamil, kamu perlu berhati-hati untuk mengonsumsi nanas, terutama pada saat awal kehamilanmu. Jangan lupa untuk selalu rutin berkonsultasi dengan dokter kandunganmu, ya ladies! Semoga persalinan kalian dimudahkan, ya!

Wikan Saputri
Long life learner...
Share this article

Artikel Terkait