Foto Waspada Penyakit Jantung Di Usia Muda! Ketahui Penyebabnya Sejak Dini

Waspada Penyakit Jantung Di Usia Muda! Ketahui Penyebabnya Sejak Dini

Foto Meydiana Widyaningsih
Penyakit jantung merupakan penyebab kematian tertinggi di dunia bahkan sudah banyak menyerang kalangan masyarakat yang masih produktif. Ketahui penyebabnya agar kamu bisa mencegahnya

Penyakit jantung biasanya diderita oleh mereka yang sudah berusia lanjut atau sudah tidak berada di dalam rentang usia produktif karena faktor kesehatan yang biasanya cenderung menurun ketika usia semakin senja dan berbagai faktor penyebab lainnya yang dapat memicu munculnya penyakit gangguan pada jantung. Dan resiko penyakit jantung biasanya jauh lebih tinggi menyerang kaum pria dibandingkan kaum perempuan.

Meskipun begitu, wanita produktif dan masih berusia muda seperti kamu tetap tidak boleh mengabaikan gejala penyakit yang berbahaya dan mematikan ini karena kamu tetap punya peluang dan resiko yang sama besarnya dengan kaum pria atau mereka yang sudah berusia lanjut. Tentu saja, resiko penyakit jantung bisa muncul dan menyerang kapan saja. Yuk simak akibat dari berbagai macam faktor penyebab yang bisa memicu timbulnya penyakit jantung di usia muda.

Faktor Psikologis

Salah satu faktor penyebab terbesar pemicu sakit jantung di usia muda pada wanita yang harus kamu waspadai adalah dari faktor psikologis wanita yang cenderung mudah terganggu seperti mudah stres atau mudah memikirkan berbagai masalah yang sedang dialaminya. Selain itu, faktor gangguan finansial juga bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya gangguan penyakit jantung karena masalah finansial merupakan masalah utama yang paling membuat wanita merasa stres dan pola hidup menjadi tidak teratur.

Faktor Finansial

Menurut Woman's Health Study berdasarkan hasil survey mengatakan bahwa wanita muda yang memiliki penghasilan atau finansial yang rendah lebih mudah terkena serangan jantung. Bahkan, masalah keuangan lebih kuat pengaruhnya terhadap penyakit jantung dibanding masalah lain, seperti pasangan selingkuh atau cedera. Faktor penyebab lainnya yang dapat memicu penyakit jantung adalah kematian pasangan atau anak serta sakit parah, karena kedua faktor ini kerap membuat wanita stres sehingga resiko terjadinya penyakit jantung akan semakin tinggi hingga 65 persen.

Sulit Menghilangkan Stres

Dan, meskipun penderita penyakit jantung lebih banyak dialami oleh pria, tetapi jumlah yang paling banyak meninggal dunia akibat mengalami penyakit jantung justru kaum wanita karena berbagai faktor penyebab yang sudah disebutkan di atas ditambah lagi, wanita jauh lebih sulit menghilangkan gangguan stres atau melupakan masalah yang mereka alami sehingga memperburuk kesehatan jantung mereka lebih cepat daripada pria.

Mulai Timbulnya Gejala Ringan

Harus kamu ketahui bahwa gejala penyakit jantung sangat sulit untuk dirasakan karena biasanya penyakit jantung menyerang secara mendadak. Kalaupun ada gejala atau gangguan kesehatan yang kamu rasakan pun bisa saja sama seperti indikasi penyakit ringan seperti sering mengalami gangguan maag, nyeri lambung atau nyeri dibagian dada sebelah kiri.

Segera Periksakan Diri ke Dokter

Jika kamu merasakan gejala awal tersebut, sebaiknyakamu segera periksakan diri ke dokter. Dan cara atau antisipasi yang ara paling tepat untuk mengidentifikasi penyakit jantung di tahap awal adalah melalui pemeriksaan enzim jantung atau elektrokardiograf (EKG), terutama jika gejala yang anda alami disertai keringat dingin atau rasa sakit yang semakin hebat dan sesak nafas.

Itulah beberapa hal yang harus kamu waspadai dari sekarang jika kamu tidak ingin terserang penyakit jantung di usia muda. Jangan sampai kamu mengalami stres berkepanjangan, jaga selalu pola hidup dan pola makan serta atur waktu untuk beraktifitas dan istirahat agar hidup senantiasa sehat.

sumber : sehatalamiku

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Rinanti Hasari Rinanti Hasari
7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani