Kawaii Beauty Japan

Makeup

Yakin Make up Kamu Waterproof? Ini Dia Kebenarannya

Kita sering kali mendengar klaim waterproof, Namun apakah make up kita benar-benar waterproof? Simak kebenarannya

Leonita Nerisa

"Jika ingin mengetahui wajah aslinya, ajak saja dia berenang!" Belakangan ini, meme yang seperti ini sudah banyak ya, ladies. Namun, seperti yang kita tahu, saat ini sudah banyak produk make up yang waterproof yang membuatmu tidak akan takut lagi untuk berenang, karena make up yang kita pakai tidak akan luntur!  Tetapi, begitu banyaknya produk yang diklaim waterproof, sebagai smart buyer kamu juga harus tahu apakah benar produk tersebut dapat tahan air seperti yang di klaim? Berikut beberapa fakta yang dapat membuat kamu lebih mengerti mengenai produk make up tahan air.

Jangan Mudah Percaya

Walaupun tabir surya sudah di klaim oleh FDA sebagai waterproof dan sweatproof namun perlu kamu ketahui jika tidak ada tabir surya yang benar-benar 100% tidak luntur. Bukan karena produk tersebut tidak bagus, namun dalam ilmu kimia memang sangat susah untuk membuat sesuatu benar-benar tahan air.

Periksa Label Bahan Kandungan

Kalau kamu membeli suatu produk, alangkah baiknya kamu memperhatikan bahan-bahan yang dikandungnya terlebih dahulu. Karena, hal inilah yang harus kamu biasakan dahulu untuk mendapatkan produk yang tahan sesuai dengan keinginanmu. Kategori pertama yang harus kamu perhatikan jika ingin menemukan make up yang benar-benar waterproof adalah kandungan silikon seperti dimethicone, cyclomethicone, dan cyclopentasiloxane. Kemudian kategori kedua adalah polimer. Dengan adanya kedua bahan ini, maka produk tersebut akan tahan air.

Menggunakan Produk Berbahan Krim

Produk yang berbentuk bubuk kebanyakan dapat menyerap minyak yang menjadikannya lebih mudah menyerap keringat namun tidak tahan dengan air. Jika kamu ingin bermain di air, sebaiknya memakai produk berbahan krim untuk blush on dan eyeshadow karena akan lebih tahan lama.

Gunakan Primer

Primer merupakan salah satu langkah yang tepat untuk menahan seluruh make up untuk tetap di wajah baik di dalam air maupun untuk digunakan sehari-hari. Selain itu, primer kebanyakan mengandung silikon yang tentunya dapat membuat make up bertahan di air.

Pemakaian Secukupnya

Walaupun menggunakan produk yang mengandung silikon, polimer dan silika dapat membuat make up-mu tahan seharian dan tentunya tahan air namun jika digunakan setiap hari secara terus-menerus, dapat membuat kulitmu terasa berat. Untuk itu, gunakan produk tersebut secukupnya atau pada waktu-waktu tertentu saja.

Leonita Nerisa
Blogger from Indonesia. She mostly writes about fashion & beauty. Currently studying at private university in Jakarta and being a part time blogger to brighten up her day!
Share this article

Artikel Terkait