Foto Hati-Hati Mengonsumsi Garam! Inilah 11 Bahaya Garam Jika Kamu Mengonsumsinya Berlebihan

Hati-Hati Mengonsumsi Garam! Inilah 11 Bahaya Garam Jika Kamu Mengonsumsinya Berlebihan

Foto Inka Rahmawati
Inka Rahmawati
Contributor
Kalau sayur tanpa garam, pasti rasanya hambar ya ladies. Tapi bagaimana dengan bahayanya jika mengkonsumsi garam berlebihan?

Garam mengandung ion natrium yang akan langsung diserap oleh tubuh ke dalam pembuluh darah sehingga konsentrasi ion natrium di dalam darah akan meningkat. Ion natrium memiliki sifat menahan air yang dapat meningkatkan volume di dalam pembuluh darah dan secara otomatis akan menyebabkan peningkatan tekanan darah. Konsumsi garam yang direkomendasikan oleh badan kesehatan dunia (WHO) adalah maksimal berkisar antara 5-6 g/hari atau 2000-2400 mg natrium (lebih kurang sekitar satu sendok teh).

11 Bahaya Garam Jika Kamu Mengonsumsinya Berlebihan

Tidak dipungkiri bahwa segala sesuatu yang berlebihan akan menimbulkan dampak negatif, termasuk dengan mengkonsumsi garam. Berikut ini adalah beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan apabila mengkonsumsi garam berlebihan :

1. Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi

Mengkonsumsi garam berlebih dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi yang akan membuat tubuh menjadi mudah merasa lelah, lemas, pusing dan jika sudah parah, akan membuat tubuh sulit melakukan aktifitas seperti biasanya.

2. Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular merupakan jenis penyakit yang berkaitan dengan kinerja jantung. Salah satu penyebab penyakit ini adalah mengkonsumsi garam berlebihan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa dengan mengurangi asupan garam sehari – hari dalam kurun waktu 10-15 tahun mampu menurunkan resiko mengalami penyakit kardiovaskular hingga 25%.

3. Penyakit Stroke

Beberapa penelitian mengatakan bahwa jika seseorang mampu mengurangi asupan garam sebanyak 1 gr/hari, maka hal ini dapat mengurangi resiko munculnya stroke sebanyak 1 per 6 kalinya. Jadi, jika kamu ingin terhindar dari penyakit stroke, jangan bosan mengatur asupan garammu ya, ladies!

4. Pembengkakan Jantung

Pembengkakan jantung terjadi karena adanya kondisi yang dikenal dengan nama hipertrofi ventrikel kiri atau pembesaran otot yang membuat ruang pompa udara menjadi semakin tertekan dan sempit. Hal ini disebabkan juga oleh asupan garam atau natrium yang berlebihan.

5.Terjadinya Retensi Cairan

Retensi cairan merupakan kondisi dimana air akan terserap habis oleh zat natrium, sehingga tubuh akan mengalami kekurangan air atau dehidrasi yang dapat berdampak buruk pada tubuh.

6.Mempengaruhi Sistem Pencernaan

Asupan garam yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan seperti ulkus atau luka pada bagian lambung, kanker pada organ pencernaan, dan penurunan zat pepsin di dalam saluran pencernaan.

7.Kerontokan Rambut

Konsumsi garam berlebihan akan menyebabkan gangguan dan juga permasalahan pada rambut. Yang paling sering terjadi adalah kerontokan dan juga munculnya uban pada rambut.

8. Peningkatan Sekresi Air Empedu

Ketika kadar garam di dalam tubuh meningkat, maka sekresi air empedu ini akan meningkat dan tidak terkontrol. Bahaya dari sekresi air empedu adalah dapat meningkatkan densitas darah yang menyebabkan menurunnya vitalitas tubuh.

9. Memicu dan Menyebabkan Terjadinya Osteoporosis

Sumber : alodokter

Banyak yang menganggap bahwa osteoporosis hanya terjadi pada usia lanjut dan juga terjadi akibat kekurangan kalsium saja. Tapi konsumsi garam yang berlebihan juga dapat menyebabkan tubuh kehilangan mineral-mineral tulang, yang tentu saja dapat memicu terjadinya osteoporosis.

10.Menyebabkan Gangguan Pada Ginjal

Garam yang dikonsumsi secara berlebihan ternyata jaga dapat mempengaruhi kinerja dari organ ginjal karena ginjal harus bekerja lebih berat akibat hal tersebut. Jika ini terjadi terus menerus, maka hal ini akan menyebabkan terjadinya kerusakan pada organ ginjal.

11.Kematian

Dari keseluruhan bahaya yang ditimbulkan di atas, seperti hipertensi, stroke, gangguan ginjal, dan beberapa gangguan kesehatan lainnya akan dapat dengan mudah membawa kita ke dalam jurang kematian, terutama jika kita selalu mengabaikan kesehatan tubuh kita dan enggan merubah gaya hidup yang lebih sehat.

Yuk ladies, ubah gaya hidup sehatmu dengan mengurangi asupan garam sehari-hari jika tidak mau mengalami hal di atas!

Artikel Selanjutnya

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2017 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini