Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Hindari 9 Kebiasaan Buruk Ini Jika Tak Ingin Kulit Cepat Berkerut!

Kerutan di wajah muncul di usia muda? Bisa jadi ini karena kamu melakukan 9 hal ini!

Marga Apsari

Semua orang tentu akan bertambah tua. Tidak hanya pada angka usia, tapi juga pada kondisi tubuh, termasuk kulit. Saat usia bertambah, kerutan pada wajah tak lagi bisa dihindari. Namun, kerutan bsia saja muncul pada kamu yang masih muda. Ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya kerutan wajah di usia muda. Faktor-faktor ini merupakan kebiasaan yang mungkin kamu anggap sepele, ladies!

9 Kebiasaan yang Membuat Kulit Cepat Berkerut

Jika kamu tak ingin kerutan wajah muncul di usia muda, sebaiknya hindarilah 9 kebiasan ini!

1. Merokok

Merokok

Salah satu faktor utama munculnya kerutan pada wajah adalah kebiasaan merokok. Berbagai studi telah membuktikan hal ini. Banyak ahli dermatologis yang menganjurkan untuk menghentikan kebiasaan merokok jika tidak ingin wajah berkerut di usia muda.

2. Pola Makan

Pola makan

Mengonsumsi terlalu banyak gula dan makanan dengan kandungan glikemik yang tinggi tidak hanya membuat berat badan bertambah juga, tapi juga membuatmu tampak lebih tua dari usia sesungguhnya! Gula daat menyebabkan kulit, terutama wajah, kehilangan keelastisitasannya. Ada baiknya kamu mengurangi konsumsi gula untuk menunda kerutan pada wajahmu.

3. Alkohol

Tahukah kamu bahwa saat kamu meminum alkohol di malam hari, kulitmu akan tampak tidak kenyal dan segar saat pagi harinya? Tidak hanya itu saja, alkohol juga dapat menyebabkan kulit dehidrasi dan akhirnya menyebabkan kerutan pada wajah. Selain itu, alkohol juga memberikan dampak negatif pada asupan vitamin A dalam tubuh. Vitamin A ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk memproduksi kolagen. Saat kekurangan kolagen, kulit akan kehilangan keelastisitasannya. Tidak ingin hal ini terjadi pada kulitmu? Kurangilah mengonsumsi alkohol.

4. Permen Karet

Permen karet

Permen karet memang nikmat, tetapi dapat menyebabkan kerutan juga, lho! Terutama pada bagian bawah mulutmu, ladies.

5. Tidak Membersihkan Wajah dengan Benar

Membersihkan wajah

Tidur tanpa membersihkan wajah dengan benar setelah seharian beraktivitas juga merupakan penyebab kulit keriput. Sisa make up dan kotoran lainnya akan menyumba pori-pori dan merusak kolagen serta elastisitas kulit. Akhirnya, kulit akan lebih cepat menua dan timbul kerutan halus. Jadi, pastikanlah kamu mebersihkan kulitmu dengan benar dan gunakan pelembap setiap malam sebelum tidur ya, ladies!

6. Memencet Jerawat

Jerawat

Jerawat memang sangat mengganggu, sampai-sampai banyak wanita yang tak tahan untuk memencetnya. Padahal ini tak semestinya dilakukan. Kamu bisa menggunakan obat jerawat atau perawatan dengan bahan-bahan alami untuk menghilangkan jerawat. Memencet jerawat akan mengakibatkan iritasi, dan bahkan kerutan.

7. Menarik Kulit Saat Mengaplikasikan Make up

Menarik kulit

Biasanya, saat menggunakan eyeliner, wanita akan menarik kulit ujung matanya agar dapat menggambar dengan baik dan benar. Hal ini dapat menyebabkan kulit di area matamu cepat berkerut. Jadi, hindari menarik kulit saat mengaplikasikan make up ya, ladies!

8. Melewatkan Sunscreen

Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit dari dampak buruk radiasi matahari. Pastikan kamu menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas di luar rumah agar terhindar dari dampak buruk radiasi sinar matahari. Salah satu dampak buruk dari radiasi sinar matahari ini adalah merusak kolagen yang juga mengakibatkan timbulnya kerutan pada wajah.

9. Tidur

Tidur

Jika kamu tidur dengan wajah menghadap bantal, kamu akan membuat kerutan timbul pada wajahmu. Gunakanlah kain bantal berbahan satin agar tak timbul kerutan pada wajah.

Ladies, tak ingin muncul kerutan pada wajah di usia muda? Yuk, hindari 9 faktor di atas!

Marga Apsari
A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday
Share this article

Artikel Terkait