Foto Pori-Pori Kamu Membesar? Kenali 3 Penyebab Utama Ini

Pori-Pori Kamu Membesar? Kenali 3 Penyebab Utama Ini

Foto Marga Apsari
Pori-pori besar memang sangat mengganggu penampilan. Ternyata, 3 hal inilah yang menjadi penyebab pori-pori membesar!

Kondisi pori-pori yang besar dapat membuat kulit wajah tampak kasar. Tidak hanya itu saja, pori-pori besar biasanya membuat kulit lebih berminyak dan mudah berjerawat. Apalagi jika tidak membersihkan wajah dengan benar. Membesarnya pori-pori wajah dapat disebabkan beberapa faktor, seperti perawatan yang salah atau masalah kulit. 

3 Faktor Penyebab Pori-Pori Membesar

Beberapa hal ini merupakan faktor utama yang membuat pori-pori wajah jadi membesar:

1. Facial yang Salah

Banyak wanita yang memanfaatkan perawatan facial untuk membersihkan komedo dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Jika dikerjakan oleh ahlinya dengan cara yang tepat, facial memang terbukti dapat membuat kulit wajah menjadi lebih baik. Sebaiknya, konsultasikan perawatan facial-mu pada terapis atau ahli kecantikan kulit. Jangan lakukan perawatan facial terlalu sering ya, ladies! Sebab, hal ini juga dapat membuat pori-pori membesar.

Pastikan juga terapis kecantikan hanya membersihkan bagian yang tersumbat saja, bukan seluruh pori-pori wajah. Apabila pori-pori wajah yang tak bermasalah juga diberi perawatan facial, pori-pori tersebut dapat membesar dan sangat sulit untuk dikembalikan ke ukuran semula. Memncet jerawat dengan alat atau tangan juga dapat membuat pori-pori semakin besar dan dalam.

2. Jerawat yang Parah Saat Remaja

Pada masa puber, biasanya remaja perempuan akan mengalami berbagai masalah kulit, salah satunya adalah jerawat. Pada masa ini, produksi hormon dan sebum biasanya akan sangat berlebih, sehingga minyak akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Walaupun setelah melewati masa puber jerawat dapat disembuhkan, kebanyakan akan meninggalkan jejak berupa pori-pori besar.

Pori-pori yang membesar akibat jerawat ini dapat disembuhkan dengan metode penyinaran photodynamic therapy atau yang biasa disebut juga PDT. Konsultasikanlah terlebih dahulu pada dokter kulit atau ahli dermatologi agar kamu bisa mendapatkan perawatan yang sesuai ya, ladies!

3. Menggunakan Make Up yang Terlalu Tebal

Tidak sedikit wanita yang memakai make up tebal agar pori-pori besar dapat tertutupi. Namun, ternyata ini merupakan hal yang salah, lho! Penggunaan make up yang terlalu tebal akan semakin menyumbat pori-pori dan dapat menimbulkan masalah kulit lainnya.

Apabila kamu ingin menggunakan make up yang tebal, jangan lupa untuk menggunakan primer sebelum foundation. Primer ini berfungsi untuk membuat lapisan di atas kulit wajah, agar riasan tidak mengenai kulit secara langsung. Kamu bisa coba HD Studio Photogenic Primer dari NYX untuk menyamarkan pori-pori serta kerutan pada wajahmu, ladies!

NYX Primer

 

Foto Marga Apsari

Marga Apsari

A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini