Foto Tips & Trik Aman Bermake Up di Saat Berjerawat

Tips & Trik Aman Bermake Up di Saat Berjerawat

Takut jerawatmu makin meradang saat memakai make up? Simak tips ini agar make up mu terlihat bagus saat berjerawat!

Kulit berjerawat memang menjadi dilema tersendiri bagi sebagian besar perempuan di dunia. Setiap orang, tidak terkecuali pria pun, pasti pernah mengalami jerawat.

Nah, seringkali mitos yang beredar adalah kita dilarang menggunakan make up di saat ada jerawat. Benar gak sih? Ternyata tidak ladies, kamu tetap bisa menggunakan make up di saat berjerawat. Caranya? Yuk simak tips dan trik make up untuk kulit jerawat berikut ini. Kawaii Beauty Japan gak bohong kok, kamu tetap bisa menggunakan make up di saat sedang dilanda bencana jerawat, ladies.

Akan tetapi, ada tips dan trik tersendiri agar kamu tetap bebas berkreasi dengan make up tanpa membuat kulit menjadi semakin rusak. Mari kita simak bersama!

Tips dan Trik Make Up untuk Kulit Jerawat

Make Up

Foundation atau BB Cream

Untuk kamu yang sedang berjerawat, sebaiknya pilih foundation atau BB Creamyang bertekstur ringan. Ingat, tujuanmu bermake up di saat berjerawat adalah untuk tampil tetap segar, bukan menutupi jerawat secara total.

Oleh karena itu, penting untuk menggunakan foundation ringan daripada yangfull coverage, karena dikhawatirkan akan menyumbat pori-pori dan hanya akan memperparah jerawatmu.

Untuk cara pengaplikasian, sebaiknya kamu menggunakan jari yang bersih kemudian ditepuk perlahan (jangan digosok). Hindari penggunaan spongekarena akan mentransfer kuman dan bisa memperparah jerawatmu.

BACA JUGA: Mau Tampil Cantik dan Flawless ala Perempuan Jepang? Cek Tips Make Up Jitu Ini!

Bedak Tabur

Nah, di negara tropis seperti Indonesia, kulit lebih gampang berminyak. Oleh karena itu, untuk menjaga agar foundation atau BB Cream mu tidak ‘meleleh’ alias luntur, taburkan bedak tabur terutama di area-T (dahi, hidung, dagu).

Gunakan kuas atau brush untuk tampilan ringan. Hindari penggunaan bedak padat di saat berjerawat, karena lebih menutup pori.

Concealer

Apabila memang jerawat terlihat sangat mengganggu, kamu bisa mencoba menggunakan concealer. Hanya gunakan concealer pada area yang berjerawat.

Gunakan jari yang bersih dan tepuk perlahan hingga menutupi jerawat dengan sempurna.

Pemulas Pipi (Blush)

Sebaiknya pilih pemulas pipi dengan tekstur powdery dan matte. Tekstur yangpowdery lebih gampang diaplikasikan dan tidak terlihat glowy.

Pilih juga yang hasil akhirnya matte, karena apabila kamu menggunakan blushdengan hasil akhir shimmer maka hanya akan menonjolkan minyak dan jerawatmu.

Hindari juga blush dengan tekstur creamy atau cair karena akan membuat wajah terlihat berminyak.

Perawatan Kulit

Membersihkan Make Up

Nah, selain tips dan trik bermake up, kamu juga harus memerhatikan cara pembersihannya. Pembersihan yang tidak sempurna dapat mengakibatkan jerawat baru dan memperparah jerawat yang sudah ada.

Jangan lupa untuk selalu melakukan double cleansing. Pertama, bersihkan wajah dengan menggunakan make up remover atau cleansing milk/ cream.

Kamu bisa menggunakan kapas untuk area yang sulit dijangkau dan sensitif seperti mata, bulu mata, dan bibir. Ingatlah untuk tidak menggosok terlalu keras karena mampu menyebabkan iritasi.

Setelah selesai, lanjutkan dengan mencuci wajah dan bilas bersih.

BACA JUGA: Langkah Pintar Membersihkan Make Up

Kemudian kamu bisa melanjutkan langkah berikutnya yaitu perawatan kulit dengan pelembap, serum, dan lain-lain.

Yuk dicoba!

Artikel Selanjutnya

Foto Istiarina Putri

Istiarina Putri

Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini