Foto Membuat Sendiri Body Lotion Untuk Bayi dari ASI, Amankah?

Membuat Sendiri Body Lotion Untuk Bayi dari ASI, Amankah?

Foto Marga Apsari
Beberapa waktu lalu, Instagram diramaikan oleh tren membuat body lotion untuk bayi dari susu ASI. Namun, apakah ini aman?

Kini, sudah sangat banyak tren kecantikan yang berasal dari media sosial Instagram. Namun, tidak hanya itu saja, banyak juga yang mengunggah cara-cara membuat produk perawatan kulit yang terbuat dari bahan-bahan alami. Mulai dari memanfaatkan buah-buahan sebagai masker kulit, sampai dengan ASI untuk body lotion bayi.

Beragam resep ditampilkan untuk membuat body lotion bayi dengan bahan utama ASI. Kebanyakan mencampurkan ASI dengan beeswax, biji anggur, minyak kelapa dan vitamin E. Semua bahan tersebut dicampur dan dibekukan.

Apakah Body Lotion Bayi Berbahan Dasar ASI Aman?

ASI memang diklaim baik untuk kulit sensitif yang dapat meredakan eksim. Banyak ibu yang berpendapat bahwa produk tanpa bahan kimia dan pengawet merupakan produk yang aman dan sehat. Namun ternyata, tidak selamanya demikian.

Seorang direktur medis asal New York, Amerika Serikat berpendapat bahwa susu memang mengandung asam lemak dan banyak vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Tetapi, belum ada bukti pasti bahwa lotion dari ASI lebih baik daripada moisturizer yang dijual di toko.

Bahkan, sebenarnya body lotion berbahan ASI ini tidak baik untuk kulit bayi. Sebab, ASI mengandung beragam jenis asam laktat yang dapat memicu iritasi pada kulit sensitif seperti kulit bayi. Meskipun ASI memiliki bakteri yang baik untuk usus bayi, tetapi tidak baik untuk digunakan pada kulit. Malah, ASI dapat menyebabkan infeksi pada kulit.

Para ahli menyarankan untuk menggunakan body lotion atau moisturizer yang memang diperuntukan untuk kulit bayi. Tidak semua produk alami yang dibuat sendiri aman untuk kulit bayi yang sensitif. 


Pastikan kamu agar selalu teliti sebelum memilih produk untuk buah hati ya, ladies!

Foto Marga Apsari

Marga Apsari

A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini