Foto Ayo Jaga Kesehatanmu! 5 Medical Check up Ini Wajib Dilakukan oleh Wanita

Ayo Jaga Kesehatanmu! 5 Medical Check up Ini Wajib Dilakukan oleh Wanita

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Menjalani medical check up memang terdengar menakutkan, namun manfaatnya sangat besar. Bahkan bagi wanita, ada beberapa jenis medical check up yang dianjurkan sekali untuk dilakukan, seperti yang beri

Kesehatan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Bagi wanita, selalu menjaga kesehatan dirinya sangatlah penting sehingga mereka bisa menjalankan fungsinya bagi keluarga. Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi wanita untuk menjalani medical check up untuk mengetahui apakah ada hal-hal yang mengancam kesehatan mereka. Yuk, simak selengkapnya!

5 Medical Check up Ini Wajib Dilakukan oleh Wanita

Meskipun tes ini cenderung mahal, tapi kamu perlu melakukan tes ini untuk memastikan kesehatanmu lho, ladies!

Cervical Cancer Screening

Apa: Pap test dan tes yang memeriksa ada tidaknya HPV.

Untuk siapa: Wanita berusia 21 – 65 tahun

Seberapa sering: Tiap 3 tahun sekali, atau tiap 5 tahun sekali untuk yang berusia 30 hingga 65 tahun. Dengan tes ini, kamu mungkin juga tidak perlu menjalani pemeriksaan pelvis secara fisik lagi.

Kenapa penting: Kedua tes ini memeriksa apakah ada perubahan pada sel-sel yang bisa mengindikasikan perlu tidaknya tes yang lebih mendalam, seperti biopsy. Untuk urusan kanker serviks, semakin dini ditemukan gejalanya akan semakin baik.

Colorectal Cancer Screening

Apa: Colonoscopy

Untuk siapa: Orang dewasa berusia 50 – 75 tahun. Untuk yang berusia 76 – 85 tahun, mereka harus berkonsultasi dengan dokter mereka.

Seberapa sering: Tiap 10 tahun jika tidak ada gejala mencurigakan lainnya.

Kenapa penting: Meksi tes ini cukup membuat tidak nyaman, namun ini adalah cara yang paling tepat untuk mendeteksi ada tidaknya kanker usus. Banyak wanita mungkin tidak tahu jika kanker usus besar merupakan kanker paling mematikan ke 3 setelah kanker payudara dan paru-paru. Apalagi jika keluargamu memiliki riwayat kanker usus, sebaiknya tes ini dilakukan lebih awal.

Breast Cancer Screening

Apa ini: Mammogram

Untuk siapa: Wanita berusia 50 – 74 tahun. Untuk yang berusia 40 –  49 tahun atau di atas 74 tahun, mereka harus berkonsultasi dengan dokter mereka kapan harus mulai tes dan kapan bisa berhenti.

Seberapa sering: Tiap 1 tahun sekali, namun untuk yang memiliki riwayat keluarga dengan kanker payudara, mungkin doktermu akan menyarankan lebih sering.  

Kenapa penting: Meksi mammogram tidaklah sempurna, namun sampai sekarang, inilah cara yang paling efektif untuk mendeteksi kanker payudara. Dengan mendeteksi kanker seawal mungkin, akan lebih mudah untuk mencegahnya menyebar.

Osteoporosis Screening

Apa ini: Tes untuk memeriksa kepadatan tulang

Untuk siapa: Wanita berusia 65 dan di atasnya.

Seberapa sering: Setiap 10 tahun sekali bagi yang tidak memiliki riwayat resiko osteoporosis. Namun untuk yang memiliki riwayat di keluarganya, dokter mungkin akan menyarankan setiap tahun sekali.

Kenapa penting: Tes ini akan menjadi petunjuk bagi dokter untuk mendeteksi apakah kepadatan tulangmu kurang atau tidak, karena itu bisa meningkatkan resiko terluka dan terganggunya mobiitas.

Depression screening

Apa ini: Konsultasi mengenai kesehatan mentalmu.

Untuk siapa: Semua wanita dewasa.

Seberapa sering: Semakin banyak bukti membuktikan jika konsultasi semacam ini harus dilakukan secara teratur meski bukan berarti juga kamu mengalami depresi. Dokterlah yang akan melihat tanda-tanda atau gejalanya sebelum memvonis orang tersebut menderita depresi atau tidak.

Kenapa penting: Kesehatan mental juga sangatlah penting, dan menjadikannya sebagai bagian dari perawatan kesehatan reguler kita sangatlah membantu. Apalagi wanita lebih rentan mengalami depresi dibandingkan pria. Jika dibiarkan berlarut-larut, depresi bisa sangat mengganggu tugas-tugas dan peran wanita.

Yuk ladies, jaga kesehatan fisik dan mental kita karena kesehatan itu mahal.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Rinanti Hasari Rinanti Hasari
7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani