Foto Seperti Apa Tanda-Tanda Menopause? Yuk, Kenali Tandanya

Seperti Apa Tanda-Tanda Menopause? Yuk, Kenali Tandanya

Foto Melisa
Melisa
Contributor
Menopause itu hal yang alami dan tidak perlu ditakuti. Apalagi bila kamu sudah mengenal tanda-tandanya.

Mengalami menopause adalah kodrat bagi semua wanita. Biasanya wanita yang sudah berusia 45 tahun ke atas akan terkejut jika siklus menstruasinya tiba-tiba tidak teratur atau bahkan berhenti sama sekali. Bagi kamu yang sudah memasuki usia matang, kamu tidak perlu khawatir dengan datangnya menopause, ladies karena sebenarnya menopause itu tidak datang tiba-tiba. Melainkan menunjukkan beberapa gejala yang sering tidak disadari. Seperti apa ya tanda-tanda menopause yang dialami kaum wanita? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Perubahan Siklus Menstruasi

Siklus menstruasi

Bila biasanya siklus menstruasimu lancar setiap bulan, menjelang menopause biasanya keadaan ini akan berubah. Mungkin kamu akan mulai mengalami siklus menstruasi yang lebih cepat, misalnya 2 minggu hingga 3 minggu sekali. Atau bisa pula siklus menstruasimu malah menjadi lebih lambat dari biasanya. Ketika kamu mengira bahwa dirimu hamil, ternyata yang kamu alami hanyalah terlambat haid biasa.

Ketika mengalami gejala yang satu ini, kemungkinan besar kamu akan memasuki masa menopause. Untuk meyakinkan dirimu, tentu kamu bisa berkonsultasi pada dokter mengenai hal ini.

Mengalami Kenaikan Berat Badan

Naik berat badan

Kenaikan berat badan sewaktu memasuki masa menopause terjadi karena perubahan hormon dalam tubuh. Kalau kamu tidak bisa mengatasi perubahan hormon dengan baik, maka kamu akan mengalami peningkatan nafsu makan dan rasa malas berlebihan. Ada banyak cara kok yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kenaikan berat badan. Kamu mesti berolahraga secara teratur dan tetap mengontrol pola makan sehat untuk menjaga berat badanmu.

Mood yang Mudah Berubah dan Sering Resah

Mood berubah

Gejala yang satu ini juga erat kaitannya dengan perubahan hormon. Kondisi otak wanita sesaat sebelum mengalami menopause akan terpengaruh oleh fluktuasi hormon. Sehingga hal ini membuat mood-mu jadi mudah berubah. Kemungkinan besar kamu akan mudah kesal, galau, atau resah tanpa sebab yang jelas. Agar perubahan mood tidak mengganggu orang-orang terdekatmu, sebaiknya kamu meluangkan waktu untuk me time dan menenangkan diri, ya.

Kulit Kering dan Rambut Menipis

Rambut menipis

Seiring dengan berkurangnya produksi hormon estrogen dalam tubuhmu, kamu juga bisa mengalami gejala lain seperti kulit yang kering dan rambut yang menipis. Sebab hormon estrogen adalah hormon yang merangsang pembentukan kolagen. Kesehatan rambut dan kulit wanita dipengaruhi oleh jumlah kolagen dalam tubuh. Demi mendapatkan asupan kolagen secara alami, jangan lupa mengonsumsi aneka seafood, kacang-kacangan, buah berry, dan sayuran aneka warna.

Mudah Berkeringat dan Susah Tidur

Susah tidur

Banyak wanita yang mengatakan bahwa sensasi rasa panas pada bagian atas tubuh serta mudah berkeringat juga dialami menjelang menopause. Hal ini bahkan juga menimbulkan keresahan tersendiri sampai menimbulkan gejala susah tidur. Kamu bisa mengatasi gejala susah tidur akibat masa menopause dengan banyak cara. Usahakan untuk melakukan banyak aktivitas di siang hari supaya kamu menjadi lebih lelah dan lekas tertidur di malam hari. Di samping itu, kamu juga bisa mengonsumsi susu hangat dan jenis makanan lain yang ampuh meningkatkan kualitas tidurmu.

Sudah bukan zamannya lagi merasa takut oleh momok menopause yang akan menghampirimu. Karena semua wanita pasti mengalaminya, maka kamu hanya perlu menjalani pola hidup sehat supaya tetap fit dan bersemangat pasca menopause nanti.

Artikel Selanjutnya

Foto Melisa

Melisa

day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Rinanti Hasari Rinanti Hasari
7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani