Foto Cara Membersihkan Kuas Make up yang Perlu Kamu Tahu

Cara Membersihkan Kuas Make up yang Perlu Kamu Tahu

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Kuas make up yang bersih tak hanya akan memberimu hasil make up yang sempurna, namun juga dapat mencegah timbulnya jerawat dan iritasi akibat kotoran dan bakteri dari sisa-sisa make up di kuas.

Jerawat yang muncul di wajahmu mungkin bukan hanya karena debu, kotoran, dan polusi di luar sana. Mungkin saja itu berasal dari kuas make up-mu yang kotor dan sudah lama tidak kamu bersihkan. Seperti halnya perlengkapan lain, kuas make up-pun harus dicuci dengan rutin. Kalau kamu khawatir kuas kamu akan rusak jika terlalu sering dicuci, ikuti saja cara berikut ini. Dijamin, kuas make up-mu akan bersih dan tidak rusak. Yuk, simak!

Bahan-Bahan:

  • Minyak zaitun
  • Sabun antibakteri
  • Piring bersih
  • Handuk
  • Tisu

Langkah-Langkah:

  1. Campurkan sabun antibakteri dengan minyak zaitun (extra-virgin coconut oil) dengan perbandingan 2:1 di dalam piring bersih. Jangan gunakan piring yang terbuat dari kertas karena minyaknya akan meresap ke bawah.
  2. Ambil kuas makeup yang ingin kamu bersihkan, dan basahi dengan air hangat. Selama proses pembersihan, selalu posisikan kuas dengan bulu-bulu kuas menghadap ke bawah karena kalau sampai air membasahi bagian pegangannya, hal itu bisa memudarkan lem dan membuat bulu-bulu terlepas dari kuas.
  3. Celupkan kuas yang sudah dibasahi ke dalam campuran sabun, dan pastikan semua bagian bulunya terkena sabun.
  4. Gunakan telapak tangan dan jarimu untuk membersihkan bulu-bulu kuas dari sisa-sisa make up dengan hati-hati. Teruskan sampai kamu yakin tidak ada lagi sisa makeup yang tertinggal pada bulu-bulu tersebut.
  5. Bilas kuas di bawah kran air hangat sampai tidak ada lagi busa yang tersisa.
  6. Ambil handuk, dan gulung seperti ketika kamu menggulung tikar atau karpet.
  7. Letakkan tisu di gulungan handuk tersebut, sehingga sebagian besar bagian tisu menggantung di atasnya. Tisu tersebut harus seolah-olah membentuk perosotan dari atas gulungan handuk.
  8. Letakkan kuas yang sudah dibilas dengan bagian atas pegangannya menduduki gulungan handuk, dan bagian bulu-bulu di bawah.
  9. Ulangi dengan kuas-kuas yang lain. Kamu juga bisa mencucinya dua kali agar kuas makeup benar-benar bersih.
  10. Keringkan selama semalaman dan lakukan setiap sebulan sekali.

Sementara itu, untuk sponge atau puff, kamu bisa mencucinya bersama cucianmu yang lain di mesin cuci dengan memasukkannya ke dalam lingerie bag, atau mencucinya dengan tangan. Sedangkan untuk pensil, bersihkan saja dengan spiritus. Semprotkan spiritus pada pensil alis, lip liner, dan pensil-pensil lainnya, atau celupkan ke dalam segelas spiritus sebelum meraut pensil atau jika kamu tak ingin merautnya pun, spiritus akan membersihkan kotoran di bagian luar pensil kosmetikmu. 

Tags:

Artikel Selanjutnya

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2021 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini