Foto Hal-Hal Tidak Disadari yang Menyebabkan Komedo Hitam dan Jerawat

Hal-Hal Tidak Disadari yang Menyebabkan Komedo Hitam dan Jerawat

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Faktor kebersihan merupakan salah satu kunci agar wajah halus dan bebas gangguan, termasuk terbebas dari komedo hitam. Sebenarnya apa saja sih yang membuat komedo muncul di kulit wajah kita?

Munculnya komedo memang sering disebabkan oleh polusi dan kelembapan sehingga memengaruhi pori-pori kulit. Namun, di luar itu ternyata banyak juga hal lain yang sangat bisa memicu munculnya komedo hitam dan jerawat dan penyebabnya seringkali tidak kamu sadari. Penasaran? Simak selengkapnya!

Olahraga dengan Memakai Make up

Olahraga memakai make up

Masalahnya: Lupa, atau bahkan mungkin mengabaikan pentingnya mencuci wajah sebelum melakukan olahraga berat bisa menyebabkan komedo hitam, jerawat, dan kulit iritasi. Pori-pori kulit membuka ketika berkeringat sehingga kulit bisa bernapas. Jadi, sangatlah penting untuk tidak menghalanginya dengan memakai makeup tebal.

Solusi: Hapus makeup sebelum berolahraga menggunakan pembersih yang lembut. Usai berolahraga pun sebaiknya bersihkan lagi untuk menghilangkan keringat dan kotoran.

Tidak Menghapus Oil-Based Make up dengan Bersih

Tidak menghapus make up dengan bersih

Masalahnya: Memakai oil-based make up bisa meningkatkan resiko terjadinya komedo hitam dan jerawat jika benar-benar bersih ketika menghapusnya. Misalnya saja mineral oil yang umum sekali terkandung di dalam produk makeup untuk menjaga kelembaban kulit karena sifatnya yang memberikan perlindungan kulit dari kehilangan cairan, hal ini bisa memicu tersumbatnya pori-pori.

Solusi: Mineral oil tidak berwarna, tidak berbau, dan tahan lama. Inilah kenapa bahan ini banyak sekali dipakai dalam produk kosmetik. Selalu baca kandungan bahan-bahan produk yang kamu pilih, dan pilihlah yang mengandung liquid paraffin, paraffin oil, petroleum oil, atau white oil. Gunakan scrub setidaknya 3 hingga 4 kali seminggu, terutama jika kamu memakai oil-based make up sehari-hari.

Mencuci Wajah Sebelum Mandi

Mencuci wajah

Masalahnya: Mencuci wajah sebelum mandi seperti buang-buang waktu saja. Sisa-sisa produk mandi, seperti shampo atau kondisioner bisa menempel di kulit wajahmu dan menyumbat pori-porinya.

Solusi: Pastikan untuk mencuci wajahmu usai mandi, sehingga sisa-sisa shampo dan kondisioner pun ikut terbuang.

Tidur dengan Sarung Bantal Kotor

Tidur dengan sarung bantal

Masalahnya: Bantalmu menyerap keringat, kotoran, dan makeup dari permukaan kulitmu ketika kamu tidur, kemudian mengkontaminasi kulitmu dengan semua kotoran tersebut. Sarung bantalmu bisa sekali menjadi sumber bakteri penyebab tersumbatnya pori-pori, sehingga kulit pun lebih rentan ditumbuhi komedo hitam dan jerawat, serta iritasi.

Solusi: Agar kebersihan kulit wajahmu terjaga, gantiah sarung bantal setiap tiga hari sekali.

Terlalu Sering Memakai Topi

Memakai topi

Masalahnya: Terlalu sering mengenakan topi, baik itu satu-satunya topi favoritmu ataupun bergonta-ganti, tetap saja bakteri bisa terperangkap ketika kamu berkeringat, terutama di bagian dahi dan sekitar garis rambut.

Solusi: Bawalah selalu cleansing facial wipes untuk membersihkan bagian dahi dan garis rambutmu, sekaligus memberikan perawatan bagi kulitmu.

Bagaimana? Apakah kamu sering melakukan kebiasaan di atas? Ingat ladies, selalu jaga kebersihan wajah jika ingin terbebas dari komedo hitam.

Artikel Selanjutnya

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2021 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini