Foto Ingin Menaikkan Berat Badan? Tingkatkan Nafsu Makanmu dengan 10 Cara Ini

Ingin Menaikkan Berat Badan? Tingkatkan Nafsu Makanmu dengan 10 Cara Ini

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Asupan makanan adalah hal yang sangat menentukan berat badan seseorang. Jadi, buat kamu yang ingin menaikkan berat badan, sebaiknya tingkatkan nafsu makanmu dengan cara-cara ini.

Memiliki berat badan yang ideal adalah impian semua wanita. Banyak orang yang berlomba-lomba ingin menurunkan berat badan, tapi tidak sedikit juga yang merasa berat badannya di bawah berat badan proporsional sehingga ingin menambah berat badannya. Untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal, ternyata tak melulu mengenai menurunkan berat badan. Nyatanya, banyak juga wanita yang ingin berat badannya naik agar bentuk tubuhnya lebih proporsional. Agar berat badanmu naik secara signifikan, kamu harus menjaga supaya nafsu makanmu tidak menurun. Yuk simak caranya!

1. Jangan Terlalu Banyak Serat

Terlalu banyak serat

Serat memang sangat bermanfaat bagi tubuh, namun serat juga bisa membuatmu cepat kenyang dalam waktu yang lebih lama. Sehingga nafsu makanmu pun akan menurun. Oleh sebab itu, batasi konsumsi serat jika kamu ingin menambah nafsu makan.

2. Lakukan Olahraga Ringan

Melakukan olahraga

Untuk meningkatkan metabolisme, lakukan olahraga ringan seperti jalan cepat. Hal ini juga akan membuatmu cepat lapar dan menambah nafsu makanmu. Jangan memilih olahraga yang berat karena kamu bisa kehilangan banyak kalori.

3. Sediakan Menu Favorit

Menu favorit

Salah satu cara paling mudah untuk membangkitkan nafsu makanmu adalah dengan menyediakan menu-menu yang kamu sukai. Meski itu adalah cokelat atau makanan yang mengandung lemak, tak perlu menghindarinya. Kamu juga bisa memvariasikan menu makananmu agar tidak bosan.

4. Batasi Makanan dengan Aroma yang Kuat

Batasi makanan

Misalnya saja bawang putih, durian, dan lain sebagainya. Aroma kuat makanan ini dapat mempengaruhi nafsu makanmu.

5. Porsi Kecil Namun Lebih Sering

Porsi kecil

Makan dengan jumlah yang banyak seperti ketika kita makan besar bisa mengurangi nafsu makan. Perut terasa penuh dan keinginan untuk makan di waktu makan berikutnya pun menurun. Oleh karenanya, ambillah porsi kecil setiap kali makan. Namun, lakukan berkali-kali sekitar 4 sampai 6 kali dalam sehari. Kamu bisa mengaturnya sendiri, dan pastikan jumlah total makanan yang kamu konsumsi tidak berkurang meski kamu membagi-baginya.

6. Selalu Sempatkan untuk Sarapan

Sarapan

Sarapan sangat penting untuk memberimu energi sebagai bekal menjalani aktivitas seharian. Apalagi selama tidur, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan apapun. Selain itu, sarapan juga bisa menjaga nafsu makanmu pada hari itu. Pilihlah makanan sehat, seperti sereal gandum, yogurt, roti gandum, selai kacang, dan lainnya.

7. Putar Musik atau Acara TV Kesukaanmu

Musik kesukaan

Makan dengan suasana yang menyenangkan juga dapat menambah nafsu makan seseorang. Jadi, makanlah sambil mendengarkan musik favoritmu, atau menonton acara TV kesukaanmu. Atau gunakan lilin aromaterapi untuk menciptakan atmosfer rileks.

8. Pilih Snack Sehat

Makan makanan sehat

Meski snack bukanlah pengganti makanan utama, namun snack cukup membantu mempertahankan berat badanmu. Konsumsilah snack sehat, seperti kacang-kacangan, pisang, atau alpukat. Agar tak mengurangi nafsu makan besarmu, jangan makan camilanmu berdekatan dengan waktu makan utama.

9. Tambahkan Bumbu-Bumbu

Masak sendiri

Bumbu-bumbuan dan rempah-rempah selain menjadikan makanan lebih lezat, juga bisa membangkitkan selera makan dengan aromanya yang sedap. Kayu manis adalah salah satu bahan alami yang memang memiliki khasiat untuk meningkatkan nafsu makan.

10. Cukup Minum Air Putih

Minum air putih

Selain makanan, pastikan juga kebutuhan cairan tubuhmu tercukupi. Jangan terlalu banyak minum ketika mendekati jam makan utama karena bisa mengurangi keinginanmu untuk makan.

Ada baiknya juga kamu mencatat berat badanmu selama periode tertentu untuk melihat apakah cara yang kamu lakukan efektif atau tidak.

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini