Foto Tips Memakai Lensa Kontak untuk Pemula agar Mata Selalu Nyaman

Tips Memakai Lensa Kontak untuk Pemula agar Mata Selalu Nyaman

Foto Meydiana Widyaningsih
Sebagian besar wanita berkacamata biasanya memiliki ketakutan ketika ingin mencoba menggunakan lensa kontak. Coba saja tips aman memakai lensa kontak bagi kamu yang masih pemula.

Tujuan utama dari penciptaan lensa kontak adalah untuk membantu menetralkan penglihatan orang yang menggunakan kacamata atau memiliki gangguan mata minus. Tetapi, seiring berjalannya waktu, lensa kontak sudah menjadi salah satu tren fashion terutama sebagai alat penambah keindahan pada bola mata, karena itu banyak sekali wanita yang memiliki mata normal juga ikut menggunakan lensa kontak sebagai penunjang penampilan.

Namun, beberapa wanita masih banyak yang tidak berani memakai lensa kontak karena penggunaan lensa kontak yang sangat sensitif dan jika salah dalam menggunakan bisa membuat mata jadi perih bahkan iritasi. Lalu, bagaimana cara memakai lensa kontak yang benar untuk kamu pemula yang ingin mencoba menggunakan lensa kontak?

Cara memakai lensa kontak yang benar harus diawali dari kebersihan dari lensa kontak itu sendiri. Kamu harus memastikan bahwa lensa kontak yang akan kamu gunakan sudah dalam keadaan steril. Sebelum mengaplikasikannya langsung ke dalam bola mata, pastikan juga tanganmu sudah dalam keadaan bersih juga agar tidak ada debu atau benda asing yang menempel dan mengenai bola mata.

Membersihkan tangan yang baik adalah mencuci tangan dengan zat antiseptik. Ini bertujuan agar tidak ada kuman atau bakteri penyebab iritasi mata yang menempel pada lensa kontak. Kamu juga harus memperhatikan kondisi dari lensa kontak yang akan kamu gunakan. Rendamlah lensa kontak dengan cairan khusus softlens kemudian bersihkan softlens dengan cara menggosok kedua bagian atau sisi softlens dengan cairan pembersih khusus softlens. Kamu harus melakukannya dengan hati-hati agar softlens tidak rusak atau koyak.

Hal lain yang perlu kamu perhatikan juga adalah jangan menggunakan lotion ketika kamu ingin menggunakan lensa kontak. Lotion yang kamu pakai di tangan akan membuat lensa kontak menjadi menempel dan zat yang ada di lotion dapat membuat matamu iritasi. Tanganmu juga harus dalam keadaan kering ketika akan bersentuhan dengan lensa kontak. Sebaiknya kamu jangan menggunakan softlens saat tidur, karena mata akan lebih kering dan softlens menjadi susah untuk dilepaskan. Rajin-rajinlah menggunakan obat tetes mata yang dikhususkan untuk pengguna softlens agar kondisi mata selalu lembab dan tidak iritasi.

Langkah Penggunaan Lensa Kontak yang Benar untuk Pemula agar Tidak Perih:

  1. Bersihkan tangan terlebih dahulu menggunakan sabun antiseptik dan keringkan
  2. Ambil softlens kamu dari tempatnya. Letakkan pada bagian ujung telunjuk tangan anda. Gunakan telunjuk kanan untuk memasang softlens pada mata kiri, begitu juga sebaliknya.
  3. Gunakan satu tangan untuk memegang softlens, kemudian tangan yang satunya lagi untuk mengangkat bagian atas kelopak mata.
  4. Lihat ke atas dan letakkan softlens dengan lembut pada bola mata
  5. Usap lembut bagian kelopak mata dan tutup mata
  6. Kedipkan sebanyak 5 kali. Ini akan membuat softlens menjadi tidak mudah bergeser.

Itulah beberapa tips dan cara penggunaan lensa kontak atau softlens yang baik dan benar untuk kamu pemula yang belum pernah menggunakan lensa kontak. Semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu ya, ladies!

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2017 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini