Kawaii Beauty Japan

Health

Mengapa Membersihkan Telinga Menggunakan Cotton Bud Dilarang?

Membersihkan telinga dengan cotton bud memang lazim dilakukan oleh sebagian orang, bisa jadi kamu salah satunya. Tapi segera stop melakukan hal ini, simak alasannya!

Wikan Saputri

Membersihkan telinga memang terdengar wajar dilakukan, ya ladies! Tapi tahukah kamu jika kebiasaan membersihkan telinga dengan cara mengoreknya menggunakan cotton bud merupakan hal yang membahayakan dan kebiasaan ini harus dihentikan sesegera mungkin untuk menghindari bahaya yang mungkin ditimbulkan akibat aktivitas mengorek telinga ini. Mengapa mengorek telinga dengan menggunakan cotton bud berbahaya? Lalu, bagaimanakah cara membersihkan telinga dengan baik dan benar? Setidaknya dua pertanyaan di atas pasti akan timbul di benakmu saat kamu mulai membaca artikel ini. So, untuk info lengkapnya, mari simak bersama ulasan berikut ini!

Mekanisme Telinga

Telinga tercipta dengan fungsi dan mekanisme yang sempurna, sehingga telinga dapat membersihkan bagian dalamnya dengan sendirinya. Pada dasarnya, kotoran telinga timbul karena serumen dan serpihan sel-sel kulit bagian dalam telinga yang mengalami pengelupasan untuk berganti dengan sel kulit baru. Nantinya, kotoran ini pun akan terdesak ke bagian luar telinga dengan sendirinya. Maka dari itu, para ahli kesehatan menyarankan untuk membersihkan bagian luar telinga saja. Jangan sampai mengorek ke dalam lubang telinga.

Telinga gatal

Telinga yang terasa gatal memiliki dua kemungkinan, yaitu reaksi terhadap alergi atau disebabkan oleh kotoran yang ada di dalam lubang telinga. Jika rasa gatal tersebut disebabkan oleh reaksi alergi, maka tanda-tandanya akan muncul ke bagian tubuh lain, seperti gatal-gatal pada permukaan kulit tubuh, dan lain-lain. Tapi jika gatal di telinga ini menimbulkan bengkak, maka dilarang keras untuk mengorek telinga dengan menggunakan cotton bud, dan lebih baik lagi jika kamu berkonsultasi dengan dokter THT kepercayaanmu.

Bahaya Membersihkan Telingan dengan Cotton Bud

Saat kamu membersihkan telinga dengan menggunakan cotton bud, maka serpihan kulit yang terkelupas akan dan menuju ke luar telinga akan terdesak masuk ke dalam. Tak hanya itu, mengorek telinga terlalu keras pun menimbulkan risiko infeksi pada bagian dalam telinga. Pada dasarnya telinga kita terbagi menjadi 3 bagian, yaitu luar, tengah, dan dalam. Bagian tengah dan bagian luar telinga bertugas mengeluarkan kelenjar yang menghasilkan ear wax yang membuat kondisi asam pada bagian luar dan tengah telinga sehingga bakteri tidak dapat hidup pada bagian tersebut. Jika kamu membersihkan telinga dengan menggunakan cotton bud, maka ear wax akan semakin tipis dan mengubah kondisi telinga menjadi basa, sehingga bakteri dan jamur akan mudah berkembang di dalamnya. Inilah yang menyebabkan masuknya penyakit yang menyerang telingamu.

Nah, itulah sebabnya mengapa membersihkan telinga dengan menggunakan cotton bud dilarang secara medis. So, masihkah kamu membersihkan telinga dengan cotton bud? Jika iya, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut sekarang juga, ya ladies! Semoga bermanfaat.

Wikan Saputri
Long life learner...
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy