Foto Tidak Harus Beli di Toko! 4 Pengharum Ruangan Alami Ini Bisa Kamu Buat Sendiri

Tidak Harus Beli di Toko! 4 Pengharum Ruangan Alami Ini Bisa Kamu Buat Sendiri

Foto Meydiana Widyaningsih
Inilah salah satu alternatif cara mengusir bau di seluruh ruangan di dalam rumahmu dengan beberapa pengharum ruangan alami berikut yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

Memiliki rumah dan ruangan yang selalu harum dan wangi tentu akan membuat para penghuni dan tamu yang berkunjung ke rumah atau ruanganmu menjadi nyaman.Tapi, jika ruangan di dalam rumahmu berbau tidak sedap akibat berbagai aktivitas rumah tangga yang kamu lakukan seperti memasak dapat mengganggu kenyamanan penghuni rumah atau orang lain yang sedang berkunjung ke rumahmu. Untuk mengatasi masalah bau tidak sedap di rumah, biasanya kamu menggunakan pengharum ruangan yang bisa kamu beli di pasaran. Tapi, tidak ada salahnya kamu memakai bahan alami yang mudah didapat dan kamu jadikan pengharum ruangan di rumah. Manfaatnya pun sangatlah banyak seperti dapat menetralisir bau lebih cepat, memberikan efek relaksasi dan ketenangan bahkan dapat membuat istirahatmu lebih lelap. Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai pengharum ruangan.

Buah Lemon

Buah lemon

Buah lemon tidak hanya bermanfaat untuk berbagai perawatan kecantikan dan kesehatan, tetapi buah lemon juga bisa kamu jadikan pengharum ruangan alami karena lemon memiliki bau harum yang sangat khas. Untuk membuatnya pun sangatlah mudah. Kamu cukup menyediakan beberapa irisan buah lemon kemudian letakkan di dalam mangkuk dan taruh di sudut ruangan rumah. Kamu juga membuat spray pengharum ruangan hanya dengan membuat perasan buah lemon.

Daun, Kayu, Biji atau Akar Wangi

Selain dari buah-buahan, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai jenis bagian dari tanaman untuk kamu jadikan pengharum ruangan yang alami seperti biji lavender, sandalwood, atau kayu cendana. Kamu juga bisa membuatnya dari berbagai bahan rempah seperti jahe, kayu manis atau daun pandan. Cara membuatnya, cukup letakkan rempah atau jenis tanaman lain yang kamu ingin gunakan pada kain tipis yang berpori atau cheesecloth kemudian taruh di atas meja ruangan. Kamu juga bisa menggantungkannya di salah satu sudut ruangan yang strategis.

Bunga yang Segar

Bunga segar

Kalau kamu suka wewangian bunga, kamu bisa memanfaatkan beberapa tangkai atau potongan bungan untuk kamu letakkan di dalam vas dan di taruh di berbagai sudut ruangan sebagai pengharum ruangan alami. Selain menimbulkan aroma yang sangat wangi dan segar, bunga yang kamu pajang juga bisa membuat ruangan di dalam rumahmu menjadi lebih indah.

Minyak Essential Alami

Salah satu bahan alami yang bisa kamu jadikan pembasmi bau tidak sedap di dalam rumahmu adalah berbagai minyak essential yang biasanya banyak kamu temukan di pasaran dalam bentuk ekstrak. Minyak alami ini bisa kamu jadikan parfum ruangan hanya dengan meneteskannya sebanyak 2-3 tetes ke dalam filter pendingin ruangan rumah. Kamu bisa memilih minyak eucalyptus, minyak lavender atau sandalwood yang memiliki wangi segar. Jangan sampai terlalu banyak meneteskan minyaknya agar tidak terlalu menyengat.

Itu adalah beberapa bahan alami yang bisa kamu jadikan pilihan sebagai pengharum ruangan alami untuk menuntaskan permasalahan bau tidak sedap yang sulit hilang di dalam rumahmu. Selamat mencoba!

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2017 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini