Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Kepribadian Introvert Bukan Berarti Selalu Negatif! Ini Dia Manfaat Menjadi Seorang Introvert

Introvert tak seharusnya membuatmu rendah diri. Justru kamu bisa mendapatkan ragam manfaat dari kepribadian tersebut.

Melisa

Setiap orang memiliki kepribadian unik yang membedakannya dengan orang lain. Kalau kamu termasuk sebagai orang introvert, tak perlu merasa minder dengan orang-orang ekstrovert, ladies karena kepribadian introvert bukanlah sesuatu yang patut disesali. Jika kamu bangga dan percaya diri, maka kepribadianmu itu justru membuatmu kelihatan makin menarik. Faktanya, orang-orang introvert bisa mendapatkan manfaat yang mungkin tidak dimiliki orang lain. Simak, apa saja manfaat dari kamu yang memiliki kepribadian introvert.

Tingkat Obesitas yang Lebih Rendah

Tingkat obesitas yang lebih rendah

Penelitian yang dilakukan oleh Cornell University Food and Brand Lab menunjukkan hasil yang mengejutkan. Ketika orang introvert dan orang ekstrovert diberi piring besar dalam sebuah pesta, maka orang ekstrovert cenderung mengambil makanan 33% lebih banyak daripada mereka yang introvert. Rupanya hal ini bisa terjadi karena si ekstrovert cenderung lebih fokus dan antusias terhadap lingkungannya. Sehingga secara tidak sadar orang-orang ekstrovert makan lebih banyak dari biasanya. Hal seperti ini tidak terjadi pada orang introvert yang lebih memilih untuk fokus dengan makanan.

Risiko Terjadinya Kecelakaan Pun Bisa Diminimalkan

Meminimalkan risiko kecelakaan

Orang introvert dikenal sebagai pribadi yang tenang dan tidak mudah bertindak impulsif. Laurie Helgoe, PhD., seorang psikolog dari Davis and Elkins College, menyatakan bahwa risiko kecelakaan pada orang introvert biasanya lebih rendah. Sebab reaksi dari orang introvert dalam menghadapi sesuatu yang menyulut emosi tentu lebih tenang daripada orang ekstrovert.

Orang Introvert Kaya Akan Ide Kreatif

Kaya akan ide kreatif

Laurie juga menuturkan kalau orang introvert memiliki banyak ide kreatif. Di saat orang-orang ekstrovert gemar bergaul dan membuat kesan baik di kalangan pergaulannya, orang introvert justru tidak terlalu mempedulikan pendapat orang lain terhadap dirinya. Sehingga orang introvert punya banyak waktu untuk memikirkan ide-ide kreatif dan mewujudkannya. Bagi seorang introvert, me time bisa menjadi momen yang tepat untuk menggali banyak ide segar nan kreatif.

Punya Banyak Kesempatan untuk Me Time

Memiliki waktu me time

Me time atau waktu luang untuk diri sendiri adalah hal yang sangat penting, ladies. Me time akan menjadi waktu untuk mengembalikan kebugaran tubuh dan kejernihan pikiran. Ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan saat me time, mulai dari jalan-jalan sendirian, duduk sembari menikmati minuman hangat, membaca buku, atau melakukan hobi. Seseorang berkepribadian introvert akan menjadikan me time sebagai waktu untuk memanjakan diri sekaligus mengembalikan stamina yang sempat menurun akibat rutinitas.

Si Introvert Juga Mudah Terhindar dari Stres

Mudah terhindar dari stres

Pemikiran yang sederhana dan ketidaktertarikan terhadap sesuatu yang bukan urusannya merupakan sebuah kelebihan bagi si introvert. Hasilnya, orang-orang introvert lebih mudah terhindar dari stres dan mampu menjaga keseimbangan hidupnya. Bagi orang introvert, berkumpul bersama orang-orang yang disayangi itu penting. Tetapi, bukan berarti pergaulan mampu mengubah pola pikirnya yang sederhana dan tidak suka ikut campur. Pola pikir sederhana inilah yang membuat orang introvert lebih mudah bahagia dan terbebas dari stres.

Nah, jadi tidak perlu minder jika kamu memiliki kepribadian introvert dan tidak perlu bersusah payah untuk menjadi seorang ekstrovert jika memang itu bukan jati dirimu. Kini sudah waktunya untuk tersenyum dan menjadi dirimu sendiri. Tak usah pedulikan pendapat orang lain. Menjalani apa yang kamu sukai sambil tetap berhubungan baik dengan orang-orang di sekitarmu tentu menjadi hal yang membuatmu bahagia.

Melisa
day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy