Foto 3 Cara Mudah Memanfaatkan Madu Untuk Mengatasi Kulit Kering

3 Cara Mudah Memanfaatkan Madu Untuk Mengatasi Kulit Kering

Foto Meydiana Widyaningsih
Kamu termasuk wanita yang memiliki permasalahan kulit kering? Bingung bagaimana caranya agar kulit tidak kering? Manfaatkan saja madu di rumah agar kulit senantiasa cantik dan tidak mudah kering!

Sudah sejak dari zaman dahulu, madu memang sudah dipercaya oleh wanita sebagai salah satu bahan alami yang mereka andalkan untuk merawat dan menjaga kecantikan kulit sehingga madu dijadikan berbagai macam produk kecantikan yang sangat bagus dan selalu terjangkau oleh semua kalangan wanita saat itu.

Sampai sekarang, madu masih digunakan dan dijadikan salah satu bahan dasar alami untuk produk kecantikan dan kesehatan , salah satunya untuk mengatasi permasalahan kulit terutama kulit kering. Madu alami dapat mengunci kelembapan kulit sehingga kulit tidak mudah kering atau pecah-pecah. Madu juga dapat mengatasi berbagai infeksi yang ditimbulkan akibat kulit terlalu kering.

Berikut adalah beberapa tips tentang cara memanfaatkan madu untuk perawatan kulit kering dan kamu bisa melakukannya dengan mudah di rumah. Bagaimana caranya memanfaatkan madu untuk mengatasi kulit kering?

Madu sebagai Facial Scrub

Jika kulit wajahmu kering, kamu bisa membuat facial scrub sendiri berbahan dasar madu alami karena madu dapat mengangkat sel-sel kulit kering yang menempel di atas permukaan kulit sehingga membuat kulit menjadi jauh lebih bersih dan lembap. Caranya adalah :

  • Sediakan madu, minyak zaitun, gula merah, dan jus lemon
  • Campurkan semua bahan ke dalam sebuah wadah atau mangkuk kecil
  • Oleskan secara tipis-tipis dan perlahan ke seluruh permukaan kulit wajah
  • Diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Madu sebagai Stronger Exfoliator

Memiliki kulit yang sangat kering bahkan bersisik, tentu sangat mengganggu kebersihan dan kecantikan kulit bukan? Jangan khawatir karena kamu bisa mengandalkan madu sebagai salah satu exfoliator (zat pengelupas kulit) sehingga kulit kering dan bersisik tersebut bisa terkelupas sampai kulitmu bersih kembali. Caranya adalah :

  • Campurkan dua kuning telur dan dua sendok madu alami
  • Aduk merata sampai menjadi bentuk pasta
  • Hangatkan campuran yang sudah menjadi pasta di dalam wadah anti panas selama beberapa menit
  • Oleskan pasta madu ke bagian kulit kering dan diamkan selama 30 menit
  • Bilas dengan air bersih

Madu sebagai Body Scrub

Daripada kamu harus repot pergi ke salon atau spa untuk lulur, kamu bisa menggunakan madu untuk membuat lulur atau body scrub sendiri di rumah. Sambil bersantai, kamu bisa melakukan perawatan mudah dengan madu untuk mengatasi permasalahan kulit kering yang kamu alami. Cara membuatnya :

  • Siapkan dua cangkir madu dan minyak biji anggur
  • Campurkan semua bahan ke dalam sebuah wadah dan tidak perlu menambahkan air agar adonan lulur tetap memiliki tekstur kasar dan tebal
  • Usapkan dan gosokkan lulur yang sudah jadi ke seluruh permukaan kulit yang kering dan pastikan kamu melakukan lulur sebelum mandi
  • Diamkan selama setengah jam, kemudian mandi sampai bersih

Itulah beberapa cara mudah memanfaatkan madu untuk mengatasi permasalahan kulit kering yang ringan sampai yang cukup parah. Selamat mencoba!

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini