Foto Hati-Hati! Ternyata Tidak Semua dari 7 Perawatan Kulit Alami Terpopuler Ini Aman!

Hati-Hati! Ternyata Tidak Semua dari 7 Perawatan Kulit Alami Terpopuler Ini Aman!

Foto Marga Apsari
Perawatan kulit alami memang merupakan hal yang mudah kamu lakukan sendiri di rumah, tapi ternyata beberapa di antaranya bisa berbahaya, lho!

Banyak wanita yang beralih ke perawatan kulit alami daripada perawatan di klinik kecantikan. Hal ini dikarenakan perawatan kulit alami terbilang lebih murah dan jauh dari efek samping yang membahayakan kulit. Kamu bisa mencoba berbagai paduan bahan-bahan alami untuk mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari kulit kusam, minyak berlebih sampai dengan jerawat serta bekasnya yang membandel.

Untuk mendapatkan informasi mengenai perawatan kulit alami, tentu sudah banyak tersedia di internet. Lengkap dengan bahan-bahan yang kamu butuhkan, cara membuat dan cara mengaplikasikannya. Langkah-langkah tersebut juga tidaklah sulit.

Tidak hanya karena kemudahan mendapatkan bahan-bahan dan cara membuatnya, efeknya yang dapat terlihat dengan rutin memakainya selama beberapa saat juga membuat perawatan kulit alami banyak dilirik oleh para wanita. Akan tetapi, kamu juga perlu teliti dalam memilah resep perawatan kulit alami manakah yang cocok untuk jenis kulitmu, atau manakah yang sebaiknya justru kamu hindari untuk pemakaian jangka panjang.

7 Perawatan Kulit Alami yang Sebaiknya Kamu Lakukan dan Tidak Lakukan

Dilansir dari Allure, berikut ini adalah beberapa jenis perawatan kulit alami terpopuler yang sebaiknya kamu hindari dan yang dapat kamu percayai sepenuhnya dapat memperbaiki kondisi kulit:

1. Berhati-hatilah dengan Lemon!

Lemon untuk perawatan kulit alami

Banyak resep perawatan kulit alami yang menggunakan lemon sebagai bahan utamanya, mulai dari mencerahkan warna kulit sampai dengan mengatasi jerawat. Memang benar bahwa buah dengan rasa asam ini memiliki kandungan yang dapat memusnahkan bakteri. Namun, ternyata menggunakan lemon sebagai perawatan kulit alami tidaklah sepenuhnya aman. Seorang ahli dermatologi mengatakan bahwa lemon juga memiliki kandungan yang dapat membuat kulit menjadi photosensitive saat terkena matahari. Akibatnya, kulit menjadi lebih mudah iritasi.

2. Madu Sepenuhnya Aman Untukmu!

Madu untuk perawatan kulit alami

Madu terbukti memiliki kandungan anti-bakteri dan anti-inflamasi yang baik untuk kulit. Kedua kandungan inilah yang membuat madu merupakan salah satu bahan alami terpopuler untuk mengatasi jerawat. Kamu bisa menggunakan madu begitu saja pada wajahmu untuk membuat kulit lebih tenang, atau memadukannya dengan bahan-bahan anti-jerawat lainnya.

3. Jangan Gunakan Pasta Gigi dan Baking Soda!

Pasta gigi untuk perawatan kulit

Pasta gigi dan baking soda kerap disebut sebagai bahan untuk mengatasi jerawat. Namun ternyata kedua bahan ini bukannya membuat kondisi kulit membaik, malah membuat kulit menjadi iritasi! Tidak ingin hal ini terjadi padamu kan, ladies?

4. Minyak Esensial Dapat Menjadi Pilihan yang Tepat

Minyak esensial untuk perawatan kulit alami

Essential oils atau minyak esensial dapat menjadi solusi kulit berjerawat yang sangat ampuh. Minyak esensial dapat berbentuk minyak bunga mawar, minyak jojoba atau minyak calendula. Minyak esensial yang mengandung anti-inflamasi ini juga dapat kamu temukan dalam produk pembersih wajah.

5. Kecantikan Juga Berasal dari Dalam

Air lemon sebagai perawatan dari dalam tubuh

Jangan hanya perawatan luar saja, ladies! Kamu juga perlu memerhatikan perawatan dari dalam tubuh jika ingin mengatasi berbagai masalah pada kulitmu. Kamu bisa memulai perawatan ini dengan mengonsumsi air lemon setiap hari. Air lemon dapat menetralkan dampak buruk yang dihasilkan dari makanan-makanan dengan kandungan gula atau susu. Selain itu, banyak ahli dermatologi yang juga menyarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin D3 yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk menghilangkan jerawat serta bekasnya.

6. Masker Pepaya Disetujui Oleh Para Ahli Dermatologi

Pepaya sebagai bahan perawatan kulit alami

Apabila kamu ingin menggunakan masker sebagai perawatan kulit alami yang aman, kamu bisa menggunakan masker berbahan pepaya, lemon dan madu. Kandungan enzim dalam pepaya dapat membantu membersihkan pori-pori secara menyeluruh, lemon dapat membantu mengurangi minyak berlebih, dan madu berperan sebagai anti-mikroba. Cara membuatnya adalah dengan mencampur semua bahan hingga merata dan berbentuk pasta, lalu aplikasikanlah pada kulit. Disarankan untuk menggunakan masker ini pada malam hari, untuk menghindari reaksi photosensitive yang ditimbulkan oleh lemon.


Siap menjadi lebih cantik dengan perawatan kulit alami? Perhatikan tips-tips di atas agar hasil yang kamu dapatkan lebih maksimal, dan terhindar dari dampak buruknya. Selamat mencoba!

Artikel Selanjutnya

Foto Marga Apsari

Marga Apsari

A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini