Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Masker Bedah di Jepang, Fashion atau Function?

Di peralihan musim, ketahanan tubuh manusia diuji. Seperti di Indonesia, orang Jepang pun rentan sakit. Tapi orang Jepang punya kesadaran akan pentingnya masker.

Kasih Elia Lg

Orang Jepang umumnya menggunakan masker bedah. Masker berbahan semi kertas yang biasanya berwarna hijau ini adalah penolong bagi orang Jepang dikala musim sakit dan virus flu batuk sedang melanda.

Namun ternyata, di Jepang fungsi masker itu sendiri telah bervariasi. Yuk, kita tengok apa sajakah fungsi masker bedah bagi orang Jepang!

Kesehatan

Seperti orang-orang lain pada umumnya, orang Jepang punya tradisi menggunakan masker ketika sedang sakit, atau ketika sedang musim sakit di mana akan banyak virus bertebaran di udara sehabis orang bersin atau batuk. Masker muncul untuk mencegah penyebaran penyakit yang bisa merugikan banyak orang.

Gaya

Beberapa perempuan menganggap menggunakan masker dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi kaum laki-laki. Sehingga, banyak dari mereka yang akhirnya sering menggunakan masker kemana pun mereka pergi.  Bahkan sekarang, telah banyak muncul orang yang menjual masker dalam berbagai model dan motif warna. Ada yang lucu, ada yang seram, pokoknya bermacam-macam.

Pengalihan

Meski sulit dipercaya, ada juga orang yang menggunakan masker sebagai peralihan. Agar tidak ada orang asing yang mengganggunya atau mengajaknya berbicara di tempat umum seperti kereta atau bis. Orang yang berlaku seperti ini biasanya juga memasang earphone pada telinga mereka juga untuk memastikan benar-benar tidak ada orang yang mengajak mereka mengobrol.

Menutupi Rahasia

Seperti halnya pengalihan, masker digunakan untuk menutupi rahasia yang mereka tidak ingin diketahui orang lain. Seperti misalnya ketika mereka bangun kesiangan dan tidak sempat memoles bibir dengan lipstik dan menaburkan sedikit rona blush on pada pipi. Mereka akan menggunakan masker untuk menutupi hal tersebut.

Ternyata orang-orang Jepang juga kreatif ya, seperti orang Indonesia. Ada-ada saja akalnya untuk mengubah fungsi  benda-benda bermanfaat jadi multifungsi. Bagaimana dengan kalian? Bagaimana cara kalian menggunakan masker? Apakah kalian punya masker dengan motif dan warna yang lucu-lucu? Yuk, berbagi dengan Kawaii Beauty Japan!

Tagged in:
Kasih Elia Lg
Kawaii Beauty Japan Beauty Writer. Mahasiswi Sastra Jepang yang ingin memahami lebih dalam dunia wanita, dan Jepang. Sering lupa menulis di blog pribadi tapi tidak pernah mau ketinggalan berbagi info mengenai kecantikan dan Jepang di Kawaii Beauty Japan.
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy