Foto Apa Itu Chia Seed? Simak Manfaat Chia Seed dan Cara Mengolahnya

Apa Itu Chia Seed? Simak Manfaat Chia Seed dan Cara Mengolahnya

Foto Melisa
Melisa
Contributor
Walaupun mirip selasi, rupanya chia seed dan selasi itu benar-benar berbeda, ladies. Yuk cari tahu dulu bedanya!

Bahan makanan yang satu ini mungkin terdengar asing bagi sebagian besar orang Indonesia. Tetapi para netizen yang eksis di Instagram barangkali sudah lebih dulu mengenalnya. Ya, jika dilihat sekilas chia seed memang sangat mirip dengan biji selasih.

Chia Seed Itu Beda dengan Selasih Lho

Chia seed dan selasih terlihat sama. Padahal sebenarnya keduanya sangat jauh berbeda. Chia seed berasal dari biji tanaman mint yang banyak tumbuh di Amerika Latin. Sedangkan selasih merupakan biji dari tanaman sejenis basil. Kemiripan kedua jenis biji-bijian ini tampak ketika kamu menyeduhnya dengan air. Baik chia seed maupun selasih akan berubah jadi lembut dengan tekstur renyah pada bagian yang berwarna hitam.

Kandungan Gizi yang Terdapat dalam Chia Seed

Dalam setiap 28 gram sajian chia seed, terdapat kandungan gizi berupa 10 gram serat, 5 gram protein, dan 138 kalori. Tidak hanya itu saja, sajian chia seed tersebut juga mampu mencukupi 27% kebutuhan fosfor dan 18% kebutuhan kalsium harian, mangan serta omega 3.

Chia Seed Membantumu Menstabilkan Berat Badan

Chia seed yang sudah diseduh dengan air akan mulai mengembang. Tekstur chia seed yang siap disantap tersebut akan membuatmu merasa kenyang lebih lama, sehingga tidak mengherankan bila chia seed menjadi salah satu menu andalan bagi orang-orang yang sedang diet. Rasa kenyang lebih lama setelah menyantap chia seed dan bahan makanan lainnya membuatmu jadi tidak tergoda untuk ngemil atau makan lagi.

Makanan Apa yang Bisa Dicampur dengan Chia Seed?

Konsumsi chia seed kini sangat populer dan bisa ditambahkan ke dalam aneka makanan dan minuman. Kamu bisa menambahkannya pada minuman, oatmeal, kue, yoghurt, puding, dan jenis makanan lainnya. Bahkan ada pula yang menambahkan chia seed sebagai campuran nasi. Karena tidak memiliki rasa dan aroma tertentu, chia seed memang tergolong mudah dipadukan dengan makanan apa pun.

Nick Arthur, guru yoga sekaligus penulis buku Cook With Chia, menyatakan bahwa chia seed bisa menggantikan penggunaan telur dalam adonan kue. Satu sendok makan chia seed yang diseduh dengan 250 ml air memiliki konsistensi dan tekstur yang menyerupai telur ayam.

Chia seed memang memiliki harga yang cukup mahal. Namun, tidak ada salahnya jika kamu ingin mencoba chia seed untuk melengkapi menu makananmu. Belilah chia seed dalam kemasan kecil terlebih dahulu untuk mengetahui cita rasa dan manfaatnya. Yuk, siapkan chia seed untuk membuat menu makanan dan minumanmu jadi lebih sehat!

Tags:

Foto Melisa

Melisa

day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini