Foto Bukan Cuma Membuat Baper, Mengenang Masa Lalu Ternyata Banyak Manfaatnya

Bukan Cuma Membuat Baper, Mengenang Masa Lalu Ternyata Banyak Manfaatnya

Foto Melisa
Melisa
Contributor
Siapa yang senang mengenang masa lalu? Tak sekadar membuang waktu, nostalgia bermanfaat bagi kesehatan otakmu.

Pernah mengingat beberapa kenangan lama yang tak terlupakan, ladies? Semua manusia tidak bisa lepas dari yang namanya mengenang masa lalu. Kenangan-kenangan manis selalu menyenangkan untuk diingat. Sementara kenangan pahit pun tak mudah hilang dari benak. Apakah kamu tahu bahwa pada abad ke-17, nostalgia sempat dianggap sebagai penyakit mental, lho. Saat itu, para dokter menyebut nostalgia sebagai penyakit yang menyergap sekumpulan prajurit. Setelah lama bertugas di medan perang, rupanya prajurit-prajurit tersebut rindu kembali ke rumah dan sering mengenang masa-masa bersama keluarga. Faktanya, mulai abad ke-19 justru peneliti mengungkapkan bahwa nostalgia bermanfaat bagi kesehatan otak. Lalu, apa saja manfaat nostalgia untuk kesehatan? Yuk, simak selengkapnya!

Melatih Daya Ingat

Mengingat-ingat

Mengenang masa lalu nyatanya membuat daya ingatmu menjadi lebih baik. Hal ini dapat terjadi karena otak akan mengaktifkan bagian-bagian yang menyimpan memori masa lalu. Maka, secara tidak langsung, kekuatan daya ingatmu akan semakin meningkat. Kamu jadi terbiasa untuk mengingat hal-hal yang pernah kamu alami, bahkan dalam jangka waktu beberapa puluh tahun yang lalu.

Mood Jadi Lebih Stabil

Gembira

Orang-orang cenderung berbahagia ketika bernostalgia. Meskipun hal yang diingat adalah hal yang menyedihkan atau mengecewakan. Sebab kebanyakan orang merasa beruntung bisa melalui masa-masa sulit dalam hidupnya. Sewaktu kenangan tersebut kembali diingat, ada perasaan beruntung dan senang. Sehingga mood-mu pun akan menjadi lebih stabil. Mengingat-ingat masa lalu bikin kamu jadi bebas baper.

Belajar dari Pengalaman Masa Lalu

Nostalgia

Semua orang tentu pernah melakukan kesalahan di masa lalu. Itulah sebabnya masa lalu membuat seseorang berangsur-angsur jadi pribadi yang lebih baik lagi. Kamu akan menyadari kesalahan yang pernah kamu lakukan saat kamu bernostalgia. Pengalaman-pengalaman yang kamu kenang kembali pasti membawa banyak perubahan pada dirimu. Jangan segan dari kegagalan cinta, kesalahan saat bekerja, atau hal-hal lain yang sempat mengecewakanmu.

Meningkatkan Daya Imajinasi

Meningkatkan daya imajinasi

Tidak ada yang bisa melarangmu untuk berimajinasi. Imajinasi malah akan tambah seru ketika kamu melakukannya sembari bernostalgia. Kenangan-kenangan yang kamu miliki pasti bertambah menyenangkan atau menegangkan. Berimajinasi bukanlah sesuatu yang kekanak-kanakan, ladies. Karena imajinasi justru membuat pola pikirmu semakin berkembang dan kreatif.

Memperkuat Hubunganmu dengan Orang Lain

Memperkuat hubungan dengan sahabat

Kamu mungkin akan mengingat-ingat sahabat lama atau orang-orang terdekat yang sudah lama tidak kamu jumpai. Mungkin saja setelah itu kamu memutuskan untuk menghubungi mereka yang kamu rindukan. So, secara tidak langsung nostalgia bisa memperkuat hubunganmu dengan orang lain, ya. Pasti sangat menyenangkan jika bisa kembali terhubung dengan orang-orang terdekat yang kamu cintai.


Nah, tidak selamanya nostalgia itu diidentikkan dengan baper dan susah move on. Dapatkan manfaat nostalgia untuk membuatmu menjadi lebih ceria dan kreatif mulai hari ini karena melamun bukan berarti bengong, melainkan bisa diisi dengan bernostalgia.

Tags:

Artikel Selanjutnya

Foto Melisa

Melisa

day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Upgrade Lifestylemu ditengah Pandemi

Upgrade Lifestylemu ditengah Pandemi

Aminy Andawi Aminy Andawi
Caffino, Kopi Pertama yang Mengedepankan Authenticity

Caffino, Kopi Pertama yang Mengedepankan Authenticity

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kulit Kenyal Bercahaya Hanya Dengan Satu Produk

Kulit Kenyal Bercahaya Hanya Dengan Satu Produk

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Parfum Ala Wanita Paris Kini Hadir di Indonesia!

Parfum Ala Wanita Paris Kini Hadir di Indonesia!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Berani Berkreasi dan Mendobrak Batas Bersama Ultra Milk

Berani Berkreasi dan Mendobrak Batas Bersama Ultra Milk

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Cara Baru Merawat Kulit Kering

Kenali Cara Baru Merawat Kulit Kering

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani