Foto Jangan Sampai Salah! Begini Cara Penggunaan Sunscreen yang Baik dan Benar

Jangan Sampai Salah! Begini Cara Penggunaan Sunscreen yang Baik dan Benar

Foto Wikan Saputri
Wikan Saputri
Contributor
Jangan asal oles sunscreen ya, ladies! Perhatikan cara penggunaan sunscreen berikut ini agar kulitmu dapat terlindung secara maksimal!

Penggunaan sunscreen untuk menghalangi sengatan sinar matahari yang menganggu kesehatan kulit tubuh memang merupakan hal yang wajar dilakukan kaum wanita dewasa ini. Tapi, penggunaannya yang kurang tepat, atau hanya sekedar asal oles saja memang sangat mengurangi efektivitas dari sunscreen untuk melindungi kulit cantikmu dari bahaya sinar matahari, ladies! Maka dari itu, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara penggunaan sunscreen yang tepat agar dapat melindungi kulit tubuhmu dengan maksimal. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Pilih Tekstur Produk yang Kamu Suka

Tekstur sunscreen

Produk sunscreen memang banyak jenisnya, mulai dari lotion, spray, hingga krim pekat. Dari jenis-jenis tersebut pilihlah satu tekstur yang paling nyaman kamu gunakan. Pemilihan tekstur produk ini sangatlah penting, ladies! Jika kamu tidak nyaman menggunakan sebuah produk, karena teksturnya yang lengket maupun aromanya yang tidak kamu sukai, maka kemungkinan besar kamu akan malas menggunakan produk tersebut berulang kali, padahal penggunaan sunscreen ini harus dilakukan secara rutin setiap harinya.

Pilih SPF 15, 30, 50, atau 70?

Di bawah pohon

Pengertian yang salah tentang SPF adalah semakin tinggi nomor dari SPF tersebut semakin kuat juga kandungan untuk menahan sinar UV dari matahari. SPF adalah kepanjangan dari Sun Protection Factor, sedangkan nomor yang terlihat di kemasan sunscreen menunjukkan seberapa lama sunscreen tersebut bertahan untuk menahan sinar UV dari matahari. Jika SPF 15 berarti 15x10 menit= 150 menit. Begitu juga dengan SPF 30, SPF 50 ataupun SPF 70, sedangkan kandungan dalam sunscreen tersebut sama saja. Tapi ingat, ladies! Tidak ada sunscreen yang melindungi kulitmu hingga 100%, maka dari itu oleskan kembali sunscreen pada kulitmu pada waktunya dan setelah selesai berenang. Meskipun produk sunscreen yang kamu gunakan adalah produk tahan air, tapi tetap saja efektivitasnya akan menurun setelah kamu selesai berenang. Maka dari itu lebih disarankan untuk mengoleskannya sekali lagi.

SPF Saja Tidak Cukup

Pilih SPF dengan PA

Sinar UVA dapat menyebabkan kerutan, penuaan dini, hingga kanker kulit, sedangkan UVB dapat membuat kulitmu terbakar. Maka dari itu, perlindungan yang diberikan SPF yang mampu melindungi kulit dari UVB saja tidaklah cukup, ladies! Saat kamu memilih sunscreen pastikan produk yang kamu pilih juga melindungimu dari UVA, produk ini biasanya ditandai dengan kode PA+, PA ++, PA+++.

Oleskan Dua Kali

Mengoleskan sunscreen

Untuk mendapatkan perlindungan maksimal dari sunscreen yang kamu gunakan, kamu perlu untuk mengoleskannya dua kali, caranya yaitu dengan mengoleskan satu kali pada masing masing kaki dan tanganmu, kemudian tunggu hingga sunscreen meresap, setelah itu lakukan hal yang sama sekali lagi. Untuk daerah wajah, gunakan sunscreen sebesar biji kacang kedelai pada bagian pipi, dahi, dan dagu. Kemudian oleskan secara merata dan tunggu hingga sunscreen meresap, setelah itu lakukan hal sama sekali lagi untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal.

Utamakan Hidung

Menggunakan sunscreen di hidung

Hidung adalah bagian tubuh yang paling banyak terkena paparan sinar matahari, namun masih banyak di antara kita yang kurang memberi perhatian pada bagian wajah yang satu ini dan asal mengoleskan sekenanya. Padahal hidunglah yang seharusnya diberikan perhatian khusus dan pengolesannya pun harus sama dengan bagian tubuh yang lain, yaitu secara merata dan berlapis.

Nah, itu dia cara penggunaan sunscreen yang baik dan benar agar kulitmu terhindar dari gangguan yang disebabkan oleh sinar matahari. Lakukan cara di atas agar sunscreen dapat melindungi kulit tubuhm secara maksimal. Semoga bermanfaat.

Tags:

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2017 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini