Foto Ini Dia! 6 Penyebab Jerawat Di Usia 20-an yang Tidak Kamu Sadari

Ini Dia! 6 Penyebab Jerawat Di Usia 20-an yang Tidak Kamu Sadari

Foto Inka Rahmawati
Inka Rahmawati
Contributor
Di usia 20-an jerawat masih mengganggu penampilanmu? Yuk, cari tahu apa penyebabnya di sini, ladies!

Jerawat merupakan salah satu masalah yang di alami oleh banyak orang karena mudah tumbuh di area kulit yang berminyak dan kotor. Usia 20-an tahun adalah waktu dimana seseorang sangat produktif dan memiliki aktivitas cukup banyak. Mulai dari bekerja, sekolah, kuliah bahkan melakukan aktivitas yang terbaik lainnya. Tentu saja kamu ingin memiliki penampilan yang menarik dan fresh di setiap aktivitasmu. Tapi, jerawat yang muncul tak terduga bisa menjadi masalah yang sangat serius untuk penampilan sempurnamu. Oleh karena itu, tidak heran jika berbagai jenis perawatan kulit dilakukan oleh banyak wanita agar jerawat yang dialaminya segera hilang.

6 Penyebab Jerawat di Usia 20-an

Polusi

Polusi

Polusi udara hanya akan menambah parah jerawat. Tapi, ini bukan berarti kamu harus mengurung diri di rumah ya ladies. Setelah beraktivitas di luar dan pulang ke rumah, bersihkan wajah dengan susu pembersih dan toner. Lihatlah hasilnya di kapas, mungkin kamu tidak akan menyukai apa yang kamu lihat.

Sampo dan Produk Perawatan Rambut

Produk perawatan rambut

Penggunaan sampo dan perawatan rambut tentunya bisa mempengaruhi kesehatan kulit. Tidak hanya kulit kepala, namun kandungan di dalam sampo bisa menyebar ke area lainnya termasuk pada kulit wajah yang dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat.

Sering Mengganti Produk Perawatan Kulit

Produk perawatan kulit

Menggunakan produk perawatan kulit memang akan sangat membantu menunjang penampilan. Akan tetapi, ketika kamu sering mengganti produk perawatan kulitmu, maka tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan kulit mengalami gangguan sehingga kulit menjadi mudah berjerawat, kusam dan berminyak. Ini akan sangat berdampak lebih buruk lagi jika kulitmu adalah jenis kulit yang sensitif.

Proses Pembersihan yang Tidak Tepat

Tidak bersih ketika membersihkan muka

Make up adalah sesuatu yang sangat sulit lepas dari wanita. Sayangnya, kurangnya membersihkan make up yang digunakan akan menyisakan kotoran pada kulit. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya jerawat dengan mudah pada kulit dan membersihkan wajah terlalu sering juga tidak baik untuk kulit. Dua kali sehari, itulah jumlah maksimal mencuci wajah. Lebih dari itu, akan menyebabkan kulit kering dan tubuh akan memproduksi minyak lebih banyak sebagai konsekuensinya.

Makanan

Makanan

Kita semua pernah mendengar ada makanan yang diduga menyebabkan jerawat seperti cokelat, gorengan, pizza, kafein, kacang. Tapi kenyataannya, ini hanya berlaku pada orang yang sensitif saja. Selain itu, mengkonsumsi yodium berlebihan juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Yodium dapat ditemukan pada kerang, lobster, udang, kepiting, dan beberapa sayuran seperti rumput laut dan bayam. Makanan manis memicu insulin dalam tubuh yang dapat meningkatkan produksi minyak. Pilihlah makanan berindeks glikemik rendah yang memiliki karbohidrat kompleks seperti biji-bijian yang lebih lambat diproses di dalam tubuh dan tidak menyebabkan insulin melonjak drastis.

Hormon dan Stres

Stres

Fluktuasi hormon, seperti PMS adalah penyebab utama munculnya jerawat. Sumber lain dari perubahan hormonal adalah stres. Ketika stres, kelenjar adrenal akan memproduksi hormon stres kortisol, dan menempatkannya keluar dari dalam tubuh untuk membantu tubuh mengatasi stres. Wanita, juga memiliki sedikit hormon pria di dalam tubuhnya dan ini menyebabkan kulit menjadi lebih berminyak, sehingga lebih rentan berjerawat.

Nah, Itulah beberapa penyebab jerawat pada usia 20an tahun. Untuk meminimalisir timbulnya jerawat tentu pola hidup yang sehat sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit. Ketika kamu memiliki kulit yang lebih sehat dan perawatan yang baik, kamu akan siap tampil sempurna kapan saja.

Foto Inka Rahmawati

Inka Rahmawati

Enjoy life, be grateful and learn to give :)

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini