Kawaii Beauty Japan

Health

Waspada! Inilah 4 Jenis Penyakit yang Bisa Menyerang Saat Perjalanan Mudik Lebaran

Perjalanan dan jarak jauh yang ditempuh dalam perjalanan mudik dapat memicu rasa lelah serta munculnya berbagai gangguan penyakit. Penyakit apa sajakah yang perlu kamu waspadai?

Meydiana Widyaningsih

Sudah siapkah kamu untuk melakukan perjalanan mudik? Meskipun berbagai persiapan mungkin sudah kamu lakukan, ada satu hal yang tetap perlu kamu perhatikan dan kamu waspadai saat hendak melakukan perjalanan mudik lebaran yaitu kondisi fisik dan kesehatan karena, biasanya banyak sekali diantara kamu yang mungkin akan mudah terserang penyakit dikarenakan berbagai faktor selama mudik lebaran seperti kelelahan atau faktor lainnya. Lantas, penyakit apa sajakah yang harus kamu waspadai saat perjalanan mudik lebaran nanti? Yuk, simak!

Infeksi Saluran Pencernaan

Infeksi saluran pencernaan

Penyakit yang mudah menjangkiti tubuh saat mudik adalah infeksi saluran pencernaan. Biasanya penyakit ini muncul akibat tidak menjaga pola makan terutama ketika dalam perjalanan. Selain itu, kebersihan makanan yang tidak terjamin atau konsumsi makanan yang kurang higienis juga bisa menjadi penyebab besar timbulnya penyakit pada saluran pencernaanmu.

Dehidrasi

Dehidrasi

Selama perjalanan, tubuhmu pasti akan terkena suhu dingin dari mesin pendingin kendaraan selama berjam-jam dan hal ini dapat memicu cairan di dalam tubuh menjadi cepat berkurang. Kamu bisa mengenali tanda-tandanya melalui tubuhmu seperti kulit mulai pucat dan keriput. Tentu saja, kekurangan cairan seperti akan membuat tubuhmu mengalami dehidrasi. Dehidrasi yang cukup parah dapat membuat pingsan dan kehilangan kesadaran.

Penyakit Jamur

Gatal-gatal

Penyakit lain yang mudah menyerang selama perjalanan mudik lebaran adalah penyakit jamur pada kulit. Pemicu dari munculnya jamur inipun bermacam-macam, mulai dari kurangnya membersihkan diri selama perjalanan dikarenakan tidak ada kamar mandi sampai kurangnya kebersihan dari sanitasi yang digunakan di tempat umum.

Infeksi Saluran Pernapasan

Infeksi saluran pernapasan

Resiko penyakit yang menyerang saluran pernapasan biasanya akan meningkat ketika kamu melakukan perjalanan mudik, apalagi jika jarak tempuh cukup jauh dan memakan waktu tempuh yang sangat lama di perjalanan. Penyakit seperti flu, sesak napas sampai asma biasanya akan lebih mudah muncul dikarenakan terlalu sering berada di luar ruangan sehingga lebih mudah terjangkit virus dan bakteri yang berada di udara.

Jadi, agar tubuhmu selalu segar dan sehat selama perjalanan mudik nanti, pastikan kamu membawa berbagai macam obat-obatan serta suplemen atau vitamin yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga kestabilan tubuh. Jangan biarkan penyakit-penyakit tersebut menganggu perjalanan mudikmu untuk bersilaturahmi.

Meydiana Widyaningsih
Easy going
Share this article

Artikel Terkait