Foto Cinderella Weight : Berat Badan Ideal Wanita yang Sedang Tren di Jepang

Cinderella Weight : Berat Badan Ideal Wanita yang Sedang Tren di Jepang

Foto Melisa
Melisa
Contributor
Seperti apa sih berat badan ideal wanita ala Cinderella Jepang? Yuk cari tahu dulu!

Apakah kamu sudah merasa langsing, ladies? Kini ada banyak tren mengenai standar berat badan ideal bagi kaum wanita. Salah satu yang menarik adalah tren yang berasal dari Cina beberapa waktu lalu. Saat itu, selembar kertas A4 dijadikan sebagai patokan bagi lebar pinggang wanita. Jika pinggang wanita tidak lebih lebar dari kertas A4, maka wanita tersebut termasuk kategori langsing. Rupanya bukan hanya Cina yang punya tren unik tentang standar berat badan wanita. Karena ternyata Jepang juga punya Cinderella Weight lho.

Apa Itu Cinderella Weight?

Cinderella Weight adalah suatu rumus yang digunakan untuk mengukur berat badan ideal wanita. Tidak seperti rumus Massa Indeks Tubuh yang membutuhkan ukuran tinggi badan dan berat badan, Cinderella Weight hanya membutuhkan ukuran tinggi badan dalam bentuk meter.

Adapun rumus Cinderella Weight adalah sebagai berikut :

Kuadrat tinggi badan (dalam satuan meter) dikalikan dengan 18. Hasil perkalian tersebut menjadi patokan berat badan ideal bagi wanita. Jika berat badanmu saat ini melebihi hitungan Cinderella Weight, maka kamu dikategorikan sebagai wanita gemuk.

Sebagai contoh, jika tinggi badanmu 160 cm, maka menurut Cinderella Weight :

1,6 m x 1,6 m x 18 = 46,08 kg

Berat badan idealmu menurut perhitungan Cinderella Weight adalah 46,08 kg.

Dari Mana Tren Cinderella Weight Berasal?

Sebuah surat kabar harian Hongkong bernama Hongkong’s Oriental sempat menceritakan latar belakang munculnya Cinderella Weight. Ternyata seorang anggota AKB48 yang bernama Xiao Dao Yang Cai yang menginspirasi lahirnya Cinderella Weight. Tubuh Xiao Dao tampak sangat ramping dengan tinggi 1,58 meter dan berat hanya 43 kg atau lebih kecil daripada hasil hitungan Cinderella Weight-nya.

Selanjutnya, gadis-gadis SMA mulai mencoba hitungan Cinderella Weight sebagai standar berat badan ideal. Memiliki proporsi tubuh seperti Xiao Dao kemudian dijadikan semacam standar berat badan baru yang sedang tren.

Pendapat Para Ahli tentang Cinderella Weight

Menurut pendapat para peneliti dari Japan Medical Association, prinsip menghitung berat badan ala Cinderella Weight ternyata keliru. Rumus tersebut dianggap menghasilkan berat badan di bawah normal. Sementara rumus yang benar adalah kuadrat tinggi badan dikalikan 22.

Jadi, mari berhitung lagi. Jika tinggi badanmu 160 cm maka berat badan idealmu adalah :

1,6 m x 1,6 m x 22 = 56,32 kg

Jika berat badanmu 10 kg lebih ringan dari 56,32 kg, itu berarti kamu terlalu kurus dan harus menjalani diet sehat untuk meningkatkan berat badan.

Kalau hanya iseng, tak masalah bila kamu ingin menghitung proporsi berat badan berdasarkan Cinderella Weight. Namun jangan menggunakannya sebagai patokan berat badan yang benar, ya. Justru kamu harus menggunakan cara menghitung proporsi berat badan yang benar untuk memahami ukuran tubuh yang ideal dan sehat. Selamat mencoba, ladies!

Artikel Selanjutnya

Foto Melisa

Melisa

day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini