Kawaii Beauty Japan

Diet

Inilah 10 Cara Mencegah Gemuk Pasca Lebaran

Selama puasa Ramadan, biasanya berat badan akan turun. Tapi, karena banyaknya hidangan lezat saat lebaran, berat badanpun terancam naik lagi. Yuk, cegah dengan 10 cara ini.

Santi Berlinawati

Hari Idul Fitri, hari kemenangan yang ditunggu-tunggu umat muslim. Dengan berakhirnya puasa Ramadhan, berakhir pula perjuangan kita menahan lapar, haus, dan godaan-godaan lain selama puasa. Sayangnya, banyak yang kemudian seolah-olah ingin balas dendam dengan makan sebanyak-banyaknya selama lebaran. Sudah bisa dipastikan berat badan pun akan bertambah. Belum lagi masalah-masalah kesehatan yang timbul akibat terlalu banyak konsumsi kolesterol jahat. Yuk, simak cara mencegah gemuk di sini!

10 Cara Mencegah Gemuk Pasca Lebaran

Jangan sampai karena terlalu menikmati momen lebaran, berat badanmu malah menjadi naik drastis ya, ladies.

1. Batasi Minum Manis

Membatasi minuman manis

Hindari sirup, teh manis, atau minuman bersoda yang sering disajikan ketika lebaran. Tak hanya membuatmu menimbun kalori, minuman manis juga akan membuatmu cepat lapar dan ingin lebih banyak lagi menkonsumsi yang manis-manis.

2. Banyak Minum Air Putih

Banyak minum air putih

Air putih biasanya selalu disajikan dalam kemasan ketika lebaran. Sebaiknya pilih itu saja daripada minuman manis lainnya. Kamu juga harus banyak minum air putih untuk memperlancar pencernaan serta menahan keinginanmu untuk makan. Sebelum makan atau ngemil, sebaiknya kamu dahului dengan minum air putih.

3. Lanjutkan dengan Puasa Syawal

Melakukan puasa syawal

Selain memang dianjurkan, puasa Syawal juga bisa membantumu mengendalikan diri untuk makan berlebih selama lebaran. Kalau masih kuat, lanjutkan lagi dengan puasa Senin Kamis.

4. Lakukan Pekerjaan Rumah Sendiri

Melakukan pekerjaan rumah sendiri

Karena biasanya pembantu libur saat lebaran, hal itu justru menguntungkanmu. Kerjakan sendiri tugas-tugas rumah tanggamu, mulai dari bersih-bersih, mencuci, menyetrika, memasak, dan lain sebagainya. Kerjaan rumah beres, lemak-lemak tubuh pun ikut rontok.

5. Jangan Ubah Porsi Makan

Makan

Dengan begitu banyaknya lauk pauk dan hidangan lezat selama lebaran, bisa dipastikan kamu akan menambah porsi makanmu. Segera hentikan dan tetaplah pada porsi lamamu karena hal itu bisa menjadi kebiasaan bahkan ketika lebaran telah usai.

6. Stock Buah dan Sayuran

Makan buah dan sayuran

Hampir semua hidangan lebaran bisa membuatmu gemuk. Dan sepertinya kamu pun tidak akan punya banyak waktu untuk berbelanja. Oleh karenanya, mulailah stock buah dan sayuran sebelum lebaran. Begitu kamu ingin ngemil, ambil buah sebagai gantinya. Buah selain kaya serat juga akan menahan rasa kenyang lebih lama.

7. Tetap Olahraga

Tetap berolahraga

Meski libur panjang, olahragamu tidak boleh libur. Olahraga tak hanya penting untuk membakar kalori, namun juga ikut menjaga staminamu agar tetap fit. Apalagi pasti banyak hal yang harus kamu lakukan selama Idul Fitri. Sehingga pada saat masuk kerja nanti, kamu sudah siap.

8. Menggunakan Piring Kecil

Menggunaan piring kecil

Ketika bersilaturahmi dan disuguhi hidangan makan besar, sebaiknya pilih piring berukuran kecil, sehingga porsi yang kamu ambil juga sedikit. Kalau ada hidangan berkuah, pilih yang itu saja agar kamu cepat kenyang meski tidak terlalu banyak kalori yang masuk.

9. Pilihlah Camilan Berprotein Tinggi

Ngemil

Kalau kamu tidak bisa menahan nafsumu untuk ngemil, pilihlah camilan yang mengandung tinggi protein. Misalnya saja kacang-kacangan atau biji-bijian. Makanan berprotein tinggi juga sangat bagus untuk menahan rasa lapar.

10. Porsi Sayuran Harus Lebih Banyak

Makan sayur

Setiap makan besar, pastikan jika porsi sayuran yang kamu ambil lebih banyak dari yang lainnya. Jika perlu, sebelum mengambil nasi, dahului dengan mengambil sayuran. Ketika begitu, kamu akan mengambil lebih sedikit nasi karena piring sudah dipenuhi sayuran.

Ingat ladies, lebaran bukan saatnya balas dendam untuk makan sebanyak-banyaknya.

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait