Kawaii Beauty Japan

Health

Inilah 6 Hal yang Terjadi Pada Kulitmu Ketika Menjalani Program Diet

Tidak hanya perubahan pada berat badanmu saja ketika menjalani program diet. Perubahan ini juga terjadi pada kulitmu lho.

Leonita Nerisa

Seringkali kita bingung dengan program diet yang sedang dijalani apakah sesuai dengan tubuh kita atau tidak. Sebenarnya sering kali tubuh mengirimkan sinyal-sinyal yang berbentuk masalah-masalah kulit yang sering kita alami untuk memperingati kita kalau tubuh sedang kekurangan sesuatu zat. Kulit merupakan cerminan dari apa yang terjadi di dalam tubuh kita. Berikut beberapa masalah yang terjadi pada kulit yang disebabkan dietmu tidak tepat sehingga tubuh kekurangan nutrisinya.

6 Hal yang Terjadi Pada Kulitmu Ketika Menjalani Program Diet

Hati-hati ketika menjalani program diet, ladies! Kulitmu akan mengalami hal ini lho. Yuk, simak hal apa saja yang terjadi pada kulitmu.

Jerawat di Dagu

Jerawat di dagu

Hal ini menandakan kalau kesehatan saluran pencernaanmu terganggu. Cobalah makan lebih banyak makanan fementasi atau mulai mengonsumsi probiotik yang dapat membantu menutrisi ususmu. Jauhi kafein dan juga alkohol.

Jerawat di Rahang

Memiliki jerawat di rahang

Jerawat di area sekitar rahang menandakan diet yang kamu lakukan tidak baik untuk tubuhmu. Makanan yang manis, makanan kaleng atau makanan yang mengandung pengawet adalah penyebab timbulnya jerawat di sekitar rahang. Cobalah untuk meminimalkan makanan-makanan ini selama semingu dan kamu akan melihat perubahan yang cukup signifikan. Sebaiknya fokus pada makanan yang senatural mungkin.

Lingkaran Mata Hitam

Lingkaran hitam pada bawah mata

Alkohol dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata. Jika kamu meminum terlalu banyak minuman beralkohol, sebaiknya mulailah untuk menguranginya. Lingkaran hitam juga bisa disebabkan akibat terlalu banyak makanan dairy dan gula.

Bibir Pecah-Pecah

Memiliki bibir pecah-pecah

Hal yang paling umum terjadi adalah tubuh dehidrasi yang menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah selain itu kekurangan vitamin B atau kekurangan zat besi juga dapat membuat bibir mudah pecah-pecah. Jadi, selalu penuhi asupan airmu agar selalu terhidrasi dengan baik.

Bibir Pucat

Memiliki bibir pucat

Kurangnya warna bibir mengindikasikan kurangnya aliran darah, yang dapat menandakan tubuh kekurangan zat besi dalam darah. Coba tambah makanan yang mengandung zat besi di dalam diet mu seperti daging merah, kacang-kacangan, dan sayuran berwarna hijau tua seperti bayam.

Kulit Kering dan Kusam

Memiliki kulit yang kering

Jika kamu merasa kulitmu menjadi lebih kering dan kusam dibandingan biasanya, bisa jadi diet yang kamu lakukan menyebabkan tubuh kekurangan asam lemak Omega 3. Konsumsilah makanan seperti ikan salmon atau kacang-kacangan seperti chia seed dan kacang kenari (walnut)

Nah, itu dia yang perlu diingat, diet merupakan penataan pola makanan untuk tubuh yang lebih sehat, jika dietmu malah menimbulkan permasalahan pada kulit tentunya hal ini berarti kamu belum berada di pola diet yang sehat. Semoga bermanfaat, ladies!

Leonita Nerisa
Blogger from Indonesia. She mostly writes about fashion & beauty. Currently studying at private university in Jakarta and being a part time blogger to brighten up her day!
Share this article

Artikel Terkait