Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Yuk, Buat Sendiri Masker Tomat untuk Basmi Jerawat!

Tomat jangan cuma dimakan ya, ladies. Olahlah jadii masker tomat, dan manfaatkan untuk menjaga kecantikan wajahmu!

Melisa

Ketika cuaca sedang panas, paling asyik kalau bisa membuka kulkas dan menemukan buah-buahan dingin di dalamnya. Salah satu yang paling mudah didapat dan menyegarkan adalah tomat. Tetapi rupanya tomat tak cuma baik untuk dikonsumsi lho, ladies. Sebab ternyata tomat juga cocok untuk dijadikan masker wajah alami.

Mengapa Tomat Baik untuk Kesehatan Wajahmu?

Tomat merupakan buah yang kaya akan vitamin dan anti oksidan. Menurut informasi yang diperoleh dari Nutrition Data Online, tomat mengandung banyak vitamin A,C, dan K. Vitamin A dan C adalah jenis vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan kulit wajahmu. Kedua jenis vitamin ini akan meningkatkan daya tahan kulit terhadap sinar UV dari matahari serta pengaruh radikal bebas lainnya.

Selain kaya akan vitamin A, C, dan K, tomat juga mengandung vitamin B dan E. Bila kamu menggunakan masker tomat yang kaya vitamin B dan E, maka kulitmu akan menjadi lebih segar dan terhindar dari risiko penuaan dini. Lebih hebatnya lagi, kandungan zat besi, potassium, dan jenis mineral lain pada tomat terbukti ampuh menyamarkan noda-noda hitam pada permukaan wajah. So, kamu akan mendapatkan semua manfaat itu jika kamu tidak hanya mengonsumsi tomat tetapi juga menjadikannya sebagai bahan masker alami.

Ragam Jenis Masker Tomat yang Praktis dan Segar

Berikut ini adalah beberapa olahan masker tomat untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih sehat dan segar!

1. Masker Tomat Tanpa Campuran Apa Pun

Masker tomat

Varian masker yang pertama ini hanya membutuhkan tomat sebagai bahan dasar. Caranya, tinggal memblender tomat yang sudah dicuci bersih. Blenderlah tomat hingga halus kemudian oleskan pada seluruh permukaan wajahmu. Tunggu selama 15 hingga 20 menit sebelum membilas wajah dengan air bersih.

Jika kamu merasa malas untuk memblender tomat, kamu tinggal mencuci bersih tomatmu dan membelahnya menjadi dua. Oleskan tomat pada seluruh permukaan wajah. Cara ini ternyata sama ampuhnya dengan masker tomat yang diblender.

2. Masker Tomat dan Air Perasan Lemon

Masker tomat dan air perasan lemon

Kulit yang berminyak dan kusam akan berangsur-angsur cerah dengan campuran masker yang satu ini. Setelah memblender tomat, campurkan tomat tersebut dengan air perasan lemon. Setiap satu sendok makan jus tomat harus dicampur dengan 4 tetes air perasan lemon. Kemudian masukkan campuran buah tersebut ke kulkas sebelum digunakan.

Bersihkan wajahmu seperti biasa lalu oleskan masker tomat dan air perasan lemon secara merata. Diamkan selama 15 hingga 20 menit lalu bilas wajahmu dengan air bersih. Maka kamu pun akan segera takjub dengan kulit yang makin cerah dan lembut setelah beberapa kali menggunakan masker ini.

3. Masker Tomat dan Yogurt Tawar

Masker tomat dan yogurt

Campuran tomat dan yogurt kedengarannya sangat segar dan menggiurkan ya, ladies. Namun kamu tidak hanya bisa mengonsumsinya sebagai hidangan penutup. Campuran setengah buah tomat dan 2 sendok makan yogurt tawar dapat dimanfaatkan sebagai masker. Usapkan campuran tomat dan yogurt tawar secara merata pada permukaan wajah dan diamkan selama 30 menit. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu wajib mengulangi penggunaan masker ini setiap hari.

Membuat masker tomat bukan hal yang sulit kan, ladies?

Kamu cuma perlu meluangkan sedikit waktumu karena bahan-bahan masker tersebut sangat mudah didapat. Mulai sekarang jangan biarkan tomat di kulkasmu layu dan masuk ke tempat sampah, ya. Manfaatkan saja untuk membuat aneka masker alami untuk wajahmu.

Melisa
day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)
Share this article

Artikel Terkait