Kawaii Beauty Japan

Makeup

Ubah Lipstik Lamamu Menjadi Lipstik Matte dengan Tips Cerdik Ini

Tahukah kamu jika kamu bisa memiliki lipstik matte tanpa mengeluarkan uang sepeserpun dengan mengubah lipstik lamamu jenis apapun lho!

Santi Berlinawati

Setelah sekian lama nuansa glossy mendominasi, saat ini tren lipstik bergeser ke nuansa lipstik matte. Hal yang membuat menarik adalah bahwa banyak sekali pilihan warna lipstik matte yang bisa kamu pilih, mulai dari warna-warna nude hingga warna berani dan ekstrim seperti koleksi Kylie Jenner. Tapi, sebenarnya tak harus membeli lipstik yang baru kalau kamu ingin tampil cantik dengan lipstik matte. Cukup gunakan lipstik lamamu dan ikuti langkah-langkah cerdik ini. Yuk, simak! 

Hal yang Perlu Disiapkan

Perlengkapan yang diperlukan untuk mengubah lipstik lamamu menjadi lipstik matte yaitu lipstik, lip brush, lip liner, lip balm, bedak translucent, kuas besar, dan tisu.

Siapkan Bibir

Menyiapkan bibir

Seperti halnya kulit wajah, sebelum mengaplikasikan lipstik, bibir pun perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Pastikan bibir dalam keadaan bersih, kemudian gunakan lip balm untuk menjaga kelembaban bibir. Karena tidak ada efek glossy pada lipstik matte, maka bibir kering sedikit saja akan mudah terlihat. Jadi, jangan sampai lewatkan lip balm.

Bentuk Bibirmu

Membentuk bibir

Gunakan lip liner yang sesuai dengan lipstik yang akan kamu pakai untuk membingkai bibirmu. Lip liner sangat berguna terutama jika kamu menggunakan warna-warna lipstik gelap dan mencolok agar tetap rapi. Belepotan sedikit saja, lipstik berwarna mencolok akan tampak kentara sekali. Namun kalau kamu malas, kamu bisa mengganti lip liner dengan bantuan lip brush. Kuaskan lip brush pada lipstik yang akan kamu pakai, dan gariskan pada bagian pinggir bibirmu.

Isi Bibir

Mengisi bibir

Setelah bibir terbingkai, isi bagian tengah bibir dengan lipstikmu. Mulailah dari bagian tengah, kemudian ke samping-samping hingga rata sampai pinggir bibir. Kamu bisa mengulanginya lagi untuk memastikan warna yang akan dihasilkan cukup kuat dan lebih tahan lama.

Bedaki Bibir

Membedaki bibir dengan tisu

Belah tisu menjadi 2 helai tipis. Ambil 1 helai dan gunakan untuk menutupi bibir. Helai tisu yang tipis tersebut akan tampak transparan. Sapukan kuas besar pada bedak translucent dan tepuk-tepukkan di atas bibir yang sudah ditutupi tisu tadi. Angkat tisu. Bedak akan menghilangkan efek glossy lipstik, dan membuatnya tidak lagi lengket. Nantinya kamu sudah bisa melihat nuansa matte yang dihasilkan.

Tambah Efek Matte

Menambah efek matte

Kalau kamu ingin efek matte yang lebih kuat, kamu bisa menambahkan bedak translucent pada bibirmu. Tak perlu lagi menutupinya dengan tisu karena bibirmu sudah tidak lengket lagi. Cukup gunakan jari untuk mengaplikasikan bedak pada bibir hingga kamu mendapatkan tampilan lipstik matte yang kamu inginkan.

Nah, selain mudah mengubah lipstik lamamu menjadi lipstik matte juga memiliki keuntungan. Keuntungan yang bisa kamu dapat adalah kamu masih mendapatkan manfaat melembabkan dari lipstik lamamu yang glossy, tanpa efek mengkilapnya. Tak seperti lipstik matte asli yang terkadang terlihat tak rata dan kering, terutama ketika diaplikasikan di bagian sudut bibir. Selain itu, bedak translucent juga membuatnya lebih tahan lama. 

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait