Kawaii Beauty Japan

Diet

6 Penyebab Ini Bikin Kamu Gagal Memiliki Perut Rata

Jika bertekad untuk segera memiliki perut rata, tentu kamu harus menghindari 6 hal ini, ladies!

Melisa

Wanita mana sih yang tidak ingin memiliki perut rata ala model papan atas. Faktanya, perut rata para model memang bikin kamu iri. Jangan hanya merasa iri ya, ladies. Sebab kamu juga bisa kok berusaha untuk memiliki bentuk perut indah tersebut.

Kalau selama ini usaha diet dan olahragamu masih gagal membuatmu punya perut rata, berarti ada kesalahan yang kamu lakukan. Cobalah untuk memeriksa kembali, apakah 6 penyebab masih menghalangi impianmu memiliki perut rata?

6 Hal yang Menggagalkanmu Untuk Mendapatkan Perut Rata

Jika kamu terus-menerus melakukan 6 hal ini, impian untuk memiliki perut rata akan semakin terbang menjauhimu!

Masih Sering Mengonsumsi Makanan Instan

Hindari konsumsi makanan instan jika ingin perut rata!

Makanan instan yang rendah kalori sekalipun ternyata masih mengandung banyak gula dan sodium. Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Hepatology menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi makanan tinggi gula dan sodium sebagai menu harian mempunyai lemak perut yang lebih banyak daripada orang dengan pula makan yang sehat. Meskipun kandungan kalori kedua jenis makanan tersebut jumlahnya sama.

Melakukan Sit Up Secara Berlebihan

Sit up berlebihan tidak akan membuatmu memiliki perut rata

Sit up memang bermanfaat untuk menguatkan otot-otot perutmu. Namun sit up berlebihan setiap hari tidak ada gunanya bila kamu tidak melakukan aktivitas fisik lain. Faktanya, kamu juga butuh aktivitas fisik lain untuk memperkuat otot kaki, tangan, serta bagian-bagian tubuh lainnya. So, akan jauh lebih baik bila kamu melakukan aktivitas fisik yang lebih bervariasi. Hasilnya, tubuhmu akan menjadi lebih bugar, kalori terpangkas lebih banyak, dan perut pun akan semakin rata.

Waktu Tidurmu Tak Mencukupi

Tidurlah dengan cukup jika ingin perut rata

Kurang tidur adalah salah satu penyebab kenaikan berat badan. Bahkan sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang kurang tidur mengalami penumpukan lemak di bagian perut. Studi lain yang dilakukan oleh Universitas Wake Forest memaparkan bahwa orang yang hanya tidur lima jam atau kurang setiap malam mempunyai lemak perut lebih banyak daripada orang yang tidur selama 6 hingga 8 jam. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang membutuhkan banyak energi dan memproduksi hormon lapar secara berlebihan. Hingga kamu pun tak kuasa mengontrol nafsu makan bila mengalami kurang tidur.

Hanya Fokus pada Olahraga Angkat Beban

Jangan hanya fokus pada angkat beban jika ingin perut rata

Olahraga angkat beban membuat ototmu terus bekerja membakar kalori walaupun kamu sedang beristirahat. Tetapi ada penemuan baru yang disampaikan oleh para ahli. Jikalau kamu ingin membakar lemak secara maksimal, kamu juga membutuhkan latihan cardio dan jenis latihan lainnya. Kombinasi cardio dan latihan angkat beban akan memberikan hasil yang lebih baik demi mewujudkan perut rata yang kamu inginkan.

Terlalu Asyik Menyantap Lemak Sehat

Kurangi menyantap makanan dengan lemak jika ingin perut rata

Beberapa jenis makanan seperti alpukat, kacang-kacangan, dan minyak yang terbuat dari bahan nabati adalah sumber lemak tak jenuh. Tidak seperti lemak jenuh yang bisa meningkatkan risiko penyakit, lemak tak jenuh tentu jauh lebih bermanfaat bagi tubuh. Sayangnya, orang sering kali lalai menyantap bahan makanan sumber lemak sehat.

Sebagai contoh, segenggam kacang almond panggang mengandung 164 kalori. Karena berpikir bahwa almond panggang adalah makanan sehat, kamu pun sering menghabiskan sekantong besar kacang almond dalam sekali makan. Padahal mengonsumsi almond berlebihan juga berisiko menimbun kalori pada tubuh. Solusinya, tentu saja kamu boleh menyantap makanan dengan lemak sehat asalkan jumlahnya tidak berlebihan.

Belum Bisa Lepas dari Soda Diet

Soda diet tidak akan bikin perut rata

Penelitian yang diterbitkan di Journal of American Geriatrics Society menyatakan bahwa orang yang sering mengonsumsi soda diet memiliki lemak perut 3 kali lebih banyak daripada orang yang tidak mengonsumsinya. Para ahli memperkirakan bahwa pemanis buatan dalam soda diet bisa memperlambat metabolisme dan membuat pembakaran kalori tidak berlangsung dengan baik. Bila bosan dengan air putih, kamu bisa memvariasikannya dengan air perasan lemon. Tetapi usahakan untuk tidak mengonsumsi soda diet, ya.

Di antara ke-6 penyebab tersebut, manakah yang masih sering kamu lakukan, ladies?

Demi tubuh yang lebih sehat dan perut rata yang memukau, yuk mulai menjalani kebiasaan yang lebih sehat mulai sekarang. Belum terlambat untuk memulai, lho!

Melisa
day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy