Kawaii Beauty Japan

Makeup

4 Tips Memilih Warna Lipstik yang Sesuai Untukmu

Tips nomor 3 dapat menyelesaikan semua permasalahanmu!

Marga Apsari

Sudah sangat banyak pilihan warna jenis lipstik di pasaran. Mulai dari merah tua, merah jambu, merah muda, ungu, dan bahkan warna-warna yang eksentrik seperti biru, kuning atau hijau. Mungkin ini membuatmu ingin memiliki semuanya, hanya karena kamu tidak bisa memutuskan mana yang sesuai untukmu.

Bagi para pemula make up, memilih lipstik pertama akan menjadi hal yang sangat penting. Kamu ingin warna lipstik yang benar-benar sesuai dengan kondisi dan warna kulitmu, atau mungkin sesuai dengan kepribadian. Tentu tidak ada salahnya mengoleksi berbagai warna lipstik, tetapi untuk kamu yang ingin menghemat budget belanja kosmetik, kamu bisa coba tips-tips berikut ini untuk menemukan warna lipstik yang sesuai untukmu.

Tips Memilih Warna Lipstik yang Sesuai Untukmu

Yuk, ikuti tips-tips berikut ini untuk memudahkanmu memilih warna lipstik yang sesuai!

1. Ketahui Warna Kulitmu

Apakah warna kulitmu termasuk terang, medium, atau gelap? Kamu bisa mengecek pada kulit sekitar rahang, atau melihat ciri-ciri berikut ini:

  • Terang: Warna kulitmu pucat dan kamu mudah terbakar sinar matahari. Bisa jadi kamu memiliki bintik-bintik pada kulit atau kemerahan.
  • Medium: Warna kulitmu tidak terlalu terang ataupun gelap. Kamu cenderung memiliki kulit yang tidak sensitif. Kamu juga jarang terbakar sinar matahari.
  • Gelap: Warna kulitmu cenderung gelap, tidak bisa terbakar sinar matahari. Kebanyakan orang yang berkulit gelap, memiliki rambut berwarna hitam atau cokelat.

Selanjutnya, kamu bisa perlu mengetahui tone kulitmu dari melihat warna nadimu.

  • Cool skin tone: Warna nadimu mengarah ke biru atau ungu
  • Warm skin tone: Warna nadimu cenderung hijau
  • Neutral undertone: Apabila kamu sulit menentukan warna nadimu, kemungkinan kamu memiliki tone netral. Tone kulit netral ini bisa memilih warna yang cocok dari kedua skin tone.

Warna kulit

Sumber: trendshaircolor

2. Menentukan Warna Lipstik

Untuk warna lipstik sehari-hari, kamu bisa memilih warna lipstik dengan 1-2 shade lebih gelap daripada warna bibir naturalmu. Coba gunakan lipstik pada bagian bawah bibir saja, lalu bandingkan dengan bagian atas bibir. Jika shadenya terlalu jauh berbeda, kamu bisa cari lagi.

Apabila warna natural bibirmu gelap, kamu bisa gunakan warna kulitmu sebagai acuan.

  • Terang: Apabila kulitmu terang, kamu bisa coba lipstik berwarna pink, coral, peach, nude, atau beige. Jika kamu memiliki cool undertone, kamu bisa coba warna soft mocha dan nude. Sementara warm undertone cocok dengan warna pink pucat atau nude peach.
  • Medium: Pemilik warna kulit medium cocok dengan listik warna mawar, mauve atau berry. Cool undertone cocok dengan warna pink atau cranberry, sementara warm undertone dapat bereksperimen dengan warna tembaga atau bronze.
  • Gelap: Warna-warna kecokelatan dan ungu cocok untuk mereka yang berkulit gelap. Pemilik cool undertone bisa mencoba warna ruby atau merah wine, sementara warm undertone bisa mencoba warna okelat tua.

Tentu kamu bisa mencoba berbagai shade yang berbeda-beda sesuai keinginanmu dan memilih warna yang paling kamu rasa sesuai untukmu!

3. Gunakan MOODmatcher Lipstick

Terlalu malas untuk menentukan warna kulitmu, ataupun berkesperimen dengan berbagai warna lipstik? Kamu bisa coba MOODmatcher Lipstick yang dapat menyesuaikan warnanya dengan keadaan tubuhmu. Baik kulit berwarna terang, medium, gelap, atau di antaranya, MOODmathcer Lipstick diformulasikan untuk mengubah warnanya sendiri menjadi shade yang unik dan pas untukmu!

MOODmatcher Lipstick

MOODmatcher Lipstick

MOODmatcher Lipstick ini dapat bertahan hingga 12 jam dan memiliki kandungan aloe dan vitamin E yang membuat bibir tetap lembap. Bahkan kamu dapat makan dan minum dengan bebas tanpa perlu lipstikmu pudar!

4. Sesuaikan dengan Penampilan

Kamu juga bisa menentukan warna lipstikmu sesuai dengan penampilan. Kamu tidak perlu sampai menyamakan warna lipstikmu dengan baju. Misalnya, apabila kamu menggunakan dress berwarna merah darah, bukan berarti kamu harus menggunakan warna merah darah pada bibirmu juga.

Kamu bisaa mengikuti panduan ini untuk menyusaikan warna lipstik apa yang harus kamu pakai:

  • Nude: Warna nude cocok hampir untuk semua penampilan, baik untuk kasual atau saat kamu ingin memakai riasan mata yang dramatis.
  • Merah: Warna merah akan membuat penampilanmu menonjol meskipun pakaianmu biasa saja. Hindari memadukan warna lipstik merah dengan pakaian yang terang atau motif yang ramai.
  • Pink: Warna pink memang tersedia dalam berbagai shade. Pink yang sedikit lebih terang dari warna natural bibirmu akan sesuai untuk penampilan sehari-hari.
  • Berries: Warna berry yang cenderung gelap cocok untuk kamu yang ingin tampil sedikit misterius.

Sudah tahu bagaimana memilih warna lipstik yang sesuai? Selamat mencoba ya, ladies!

Marga Apsari
A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday
Share this article

Artikel Terkait