Kawaii Beauty Japan

Japan

Fakta Menarik tentang Nisshoki alias Bendera Jepang

Taukah kamu tentang Nisshoki? Yuk simak hal unik tentang Nisshoki, bendera asal Jepang!

Istiarina Putri

Kalian tahu kan bendera Jepang yang warnanya didominasi putih dengan lingkaran merah di tengahnya? Ternyata ada fakta-fakta yang jarang orang ketahui dari bendera tersebut. Apa saja sih fakta menarik tentang Nisshoki alias bendera Jepang? Yuk kita baca sama-sama!

Bendera Jepang Pertama Terlihat dalam Dokumen Tahun 701

Meski mungkin sudah lama digunakan, tapi dokumentasi pertama mengenai penggunaan bendera ini dimulai pada tahun 701. Di buku teks pelajaran sejarah Jepang, Shoku Nihongi, tercatat bendera ini pertama kali digunakan oleh Kaisar Mommu. Tapi ternyata, bendera tersebut belum resmi. Tidak sampai tahun 1999 saat Jepang menandatangani hukum perihal lagu dan bendera nasional.

Nama Bendera Jepang adalah Nisshoki

Orang-orang seringkali menyebutnya Hinomaru (circle of the sun), padahal nama bendera Jepang tersebut resminya adalah Nisshoki  (sun-mark flag) atau bendera bertanda matahari.

Dimensi Peletakan Matahari

Ternyata memiliki dimensinya sendiri dan harus dipatuhi oleh orang yang ini memproduksi bendera negara. Lambang matahari benar-benar harus berada di tengah bendera. Tidak terlalu kanan, terlalu kiri, terlalu atas atau terlalu bawah.

Warna Merah Pada Matahari

Seringkali orang salah mengira warna merah pada bendera Jepang adalah merah cerah cenderung berkesan oranye tua. Padahal warna yang sebenarnya adalah warna crimson red atau seperti merang bunga kirmizi yang menyala dan tegas.

Bagaimana? Ada fakta yang sudah pernah kamu ketahui? Atau kamu punya fakta-fakta lain seputar bendera Jepang, yuk berbagi bersama kita semua.

 

 

Tagged in:
Istiarina Putri
Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.
Share this article

Artikel Terkait