Foto Yuk, Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Membandel Bagi Pengguna Hijab!

Yuk, Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Membandel Bagi Pengguna Hijab!

Foto Meydiana Widyaningsih
Masalah wajah berjerawat adalah masalah terbesar bagi semua wanita termasuk wanita berhijab. Kenali dahulu penyebab masalah jerawat pada wanita berhijab dan kamu bisa menghilangkannya dengan tips beri

Memakai hijab atau jilbab merupakan kewajiban bagi setiap wanita muslim. Meskipun tertutupi, terkadang jerawat masih menjadi musuh utama wanita yang berhijab karena biasanya jerawat muncul banyak di sekitar area batas wajah yang tertutupi hijab dan area wajah yang tidak tertutupi hijab. Tapi, penyebabnya bukan ada pada hijab yang kamu pakai tapi lebih kepada masalah kebiasaan yang kurang baik dalam merawat wajah ketika kamu menggunakan hijab.

Penyebab Jerawat Bagi Para Hijabers

Penyebab jerawat bagi para hijabers

Perlu kamu ketahui terlebih dahulu faktor yang menyebabkan munculnya jerawat bagi kamu yang berhijab misal akibat keringat yang menyerap ke dalam hijab dan menempel di kulit wajah atau sebagainya. Jadi, ada hal yang perlu kamu perhatikan dalam menggunakan hijab agar terbebas dari penyebab masalah munculnya jerawat.

1. Penggunaan Inner Hijab 

Inner hijab paling mudah terkena keringat atau minyak yang mengalir dari kulit kepalamu dan apabila bersentuhan langsung dengan kulit wajahmu, akan menyebabkan timbulnya kuman penyebab infeksi jerawat.

2. Penggunaan Make Up

Perhatikan juga penggunaan make up harianmu. Memakai make up di sekitar permukaan kulit yang tertutup hijab akan menyebabkan kulit wajah sulit bernapas.

3. Pilihan Jenis Kain Hijab yang Salah 

Tidak semua jenis kain yang kamu gunakan ternyata cocok dan aman jika bersentuhan dengan kulitmu karena bisa saja beberapa kain yang kamu gunakan menggunakan zat pewarna yang sensitif terhadap kulit.

4. Adanya Sisa Deterjen Dalam Hijab yang Kamu Gunakan 

Kamu harus jeli ketika mencuci pakaian terutama hijab karena sisa deterjen yang ada di dalam hijab dapat menyebabkan iritasi pada wajah yang menyebabkan munculnya jerawat meradang pada kulit.

5. Zat Kimia Pada Bahan Pewangi Atau Pelicin

Bahan pewangi atau pelicin yang kamu gunakan harus diperhatikan juga. Karena zat kimia yang ada di dalam bahan pewangi atau pelicin yang kamu gunakan untuk hijab bisa menjadi pemicu munculnya alergi pada kulit.

Cara Mengatasi Jerawat Bagi Para Hijabers

Cara mengatasi jerawat bagi para hijabers

Wah, ternyata banyak sekali faktor atau hal yang memang harus kamu perhatikan agar wajahmu terbebas dari jerawat ya? Tapi, tidak perlu khawatir karena masalah kulit wanita berhijab yang seperti ini ada solusinya. Lalu, apa sajakah solusinya?

1. Jaga Kebersihan Wajah dan Kepalamu 

Jangan pernah malas untuk membersihkan wajahmu! Gunakanlah juga sampo dan pelembap wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu.

2. Ganti Hijabmu 

Jangan menggunakan hijab atau inner hijab selama lebih dari satu hari karena bisa menjadi sarang kuman penyebab jerawat yang ditimbulkan dari keringat atau minyak yang keluar. Sangat disarankan jika kamu bisa mengganti inner hijab setidaknya tiga kali dalam sehari agar tidak mudah lembap akibat keringat.

3. Perhatikan Make Up-mu

Hindari penggunaan make up yang terlalu tebal di permukaan kulit wajah yang tertutupi hijab karena bisa menyumbat pori-pori wajah untuk bernapas. Gunakanlah juga pelembap wajah sebelum menggunakan hijab, tunggu kering dan meresap terlebih dahulu baru gunakan hijab kesukaanmu.

4. Perhatikan Jenis Kain Hijab

Pilih juga jenis kain hijab atau inner hijab yang cocok dengan kulit dan mampu menyerap keringat dengan baik agar tidak mudah terjadi iritasi atau alergi kulit yang menyebabkan munculnya jerawat membandel.

5. Hindari Pewangi Atau Pelicin

Hindari penggunaan bahan pewangi atau pelicin yang terlalu sering yang dapat menimbulkan reaksi alergi pada kulit wajah. Pastikan juga kamu mencuci pakaian dan hijab dengan baik supaya tidak ada sisa deterjen yang tertinggal pada hijab.


Itu dia beberapa hal yang kamu perhatikan dan cara mengatasi jerawat untuk kamu yang menggunakan hijab. Jangan sampai niat baikmu untuk selalu berhijab jadi terhenti hanya karena masalah jerawat yang meradang dan tidak kunjung hilang.

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini