Foto 7 Cara Mengatasi Migrain dengan Ampuh Tanpa Obat

7 Cara Mengatasi Migrain dengan Ampuh Tanpa Obat

Foto Melisa
Melisa
Contributor
Melawan migrain tidak melulu harus dengan obat, ladies! Mau tahu bagaimana caranya?

Serangan migrain memang seringkali tiba-tiba, ladies. Datangnya yang tiba-tiba sehingga membuatmu jadi kaget dan tidak berdaya. Kalau rasa sakit kepala sebelah mulai menghantuimu, sudah pasti kamu jadi tidak fokus saat beraktivitas. Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui cara ampuh mengatasi migrain mulai sekarang, ladies. Cara paling mudah mengatasi migrain tentu saja dengan mengonsumsi obat. Tetapi kamu tidak boleh melakukannya terlalu sering. Karena, obat terdiri dari kandungan zat kimia yang bisa menimbulkan efek samping kesehatan di kemudian hari. Ternyata ada banyak cara alami untuk mengatasi serangan migrain tanpa obat, lho. Kamu bisa mencoba satu dari beberapa cara berikut ini, yuk simak!

Segera Minum Air

Minum air putih

Kekurangan cairan tubuh rupanya bisa menyebabkan cairan pada otak menyusut. Akibatnya, penyusutan cairan di otak membuat kamu kehilangan konsentrasi bahkan mengalami migrain. So, cara paling mudah untuk mengatasi migrain tentu saja dengan meminum air. Minumlah segelas air sembari duduk tenang agar kepalamu tak lagi terasa sakit ya, ladies.

Memijat Pelipis

Memijat pelipis perlahan

Memijat pelipis bukanlah cara yang asing untuk meredakan sakit kepala. Gunakan kedua tanganmu untuk memijat pelipis dengan lembut selama beberapa saat. Alangkah lebih baik lagi jika kamu meminta bantuan orang lain untuk melakukannya. Biarkan dirimu merasa lebih tenang dengan pijatan lembut pada bagian pelipis dan dahi, ya.

Mengunyah Jahe

Mengunyah jahe

Migrain biasanya disebabkan oleh peradangan pembuluh darah di sekitar otak. Peradangan ini bisa disebabkan oleh zat bernama prostaglandin. Untuk meminimalkan efek prostaglandin pada otak, kamu bisa mengunyah jahe. Hasilnya, migrain yang kamu alami pasti membaik setelah beberapa saat.

Beristirahat di Tempat Gelap

Beristirahat di kegelapan

Sinar matahari atau lampu kerap membuat migrain terasa makin menyiksa. Sebaiknya kamu beristirahat di tempat yang gelap untuk sekadar duduk santau atau berbaring. Jika kamu berhasil tertidur selama 10 hingga 15 menit di ruangan gelap, kamu akan bangun dalam keadaan segar dan terbebas dari migrain.

Mengompres Kepala dengan Air Dingin

Air dingin

Bungkuslah es batu dengan kantong plastik atau handuk bersih. Kemudian mulailah mengompres kepalamu dengan es batu tersebut. Mengompres kepala dengan es batu akan membuat otot-otot di sekitar kepala menjadi lebih rileks dan memperlancar aliran darah.

Menggunakan Minyak Gosok

Menggunakan minyak gosok

Minyak gosok yang hangat bisa dioleskan pada bagian pelipis, dahi, dan sekitar leher. Rasa hangat yang ditimbulkan minyak gosok dapat menyamarkan rasa sakit dan membuatmu merasa lebih baik. Tak perlu khawatir dengan aromanya yang mengganggu karena saat ini banyak sekali minyak gosok beraroma lembut yang bisa kamu pilih dengan leluasa.

Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Magnesium 

Makan makanan mengandung magnesium

Biang keladi lain yang memicu migrain adalah kurangnya asupan magnesium bagi tubuh. Jika tubuh kekurangan magnesium, maka sistem peredaran darah dari dan ke otak menjadi terhambat. Aneka jenis makanan seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, oat, dan tomat mengandung magnesium yang mampu mencukupi kebutuhan tubuhmu.

Nah, mulai sekarang kamu tak perlu khawatir lagi dengan serangan migrain yang menghantuimu. Sebelum migrain datang, jalani pola hidup sehat dan aktivitas fisik secara rutin. Namun jika migrain terlanjur menyerang, kamu bisa mengatasinya dengan 7 cara alami ini. Selamat mencoba, ladies!

Tags:

Artikel Selanjutnya

Foto Melisa

Melisa

day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Rinanti Hasari Rinanti Hasari
7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani