Foto Cegah Anemia dengan 5 Makanan Penambah Darah Ini!

Cegah Anemia dengan 5 Makanan Penambah Darah Ini!

Foto Wikan Saputri
Wikan Saputri
Contributor
Ini dia makanan penambah darah yang perlu kamu konsumsi untuk mencegah anemia!

Jika kamu sering merasa lemas, cepat lelah, tidak bersemangat untuk bekerja, dan sering mengantuk, bisa dipastikan bahwa kamu sedang mengalami gejala kurang darah atau anemia, ladies! Anemia memang seringkali hanya dipandang remeh dan tidak berbahaya, padahal jika dibiarkan terus menerus maka akan menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari, menurunnya produktivitas, bahkan hingga mengancam nyawa seseorang. Di pasaran memang banyak berbagai macam vitamin darah, namun 5 makanan ini dapat menambah darahmu. Yuk simak!

5 Makanan Penambah Darah

Makanan yang Kaya akan Zat Besi

Makanan mengandung zat besi

Bagi kamu yang sedang dalam kondisi sehat, makanan yang kaya akan zat besi ini akan membantu tubuhmu untuk mencegah anemia dan memastikan seluruh sel tubuh terpenuhi kebutuhan oksigennya. Sedangkan bagi kamu yang sedang mengalami gejala anemia, makanan ini berfungsi sebagai zat penambah darah yang menghindarkanmu dari pernyakit anemia tersebut. Makanan yang kaya akan zat besi meliputi daging merah (daging sapi, kambing, dan kerbau), daging organ seperti ginjal dan hati, kacang-kacangan, sayur berdaun hijau seperti bayam dan kangkung, kismis kering, dan juga kuning telur.

Makanan yang Kaya akan Asam Folat

Makanan yang kaya akan asam folat

Orang yang kekurangan asupan asam folat dalam tubuh mereka sangat berpotensi mengalami penyakit anemia. Asam folat yang sering dikenal dengan istilah vitamin B9 ini merupakan jenis vitamin B kompleks yang dapat membantu tubuh untuk membuat sel-sel darah merah baru. Maka dari itu, makanan yang mengandung asam folat ini sangat penting untuk dikonsumsi oleh para penderita anemia, khususnya. Makanan yang kaya akan asam folat tersebut meliputi roti, sereal, sayur berdaun hijau seperti bayam dan kangkung, serta kacang-kacangan.

Makanan yang Kaya akan Vitamin B12

Makanan kaya akan vitamin b12

Vitamin B12 ini merupakan jenis vitamin B kompleks yang sangat efektif untuk menambah produksi sel darah merah dalam sumsum tulang. Kekurangan asupan vitamin B12 ini juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit anemia, maka dari itu bagi makanan yang mengandung vitamin B12 ini  sangat penting untuk dikonsumsi. Makanan yang kaya akan vitamin B12 meliputi hati sapi, ikan, daging merah, telur, produk susu, dan sereal.

Makanan Berprotein Tinggi

Makanan kaya protein

Sel darah dalam tubuh kita sangat membutuhkan protein dalam jumlah besar untuk bahan baku produksi sel-sel darah, termasuk sel darah merah. Hal inilah yang membuat makanan berprotein tinggi sangat efektif untuk menambah produksi sel darah merah dan mencegah anemia. Makanan dengan protein tinggi yaitu telur, daging ikan, dan kacang-kacangan.

Nah, itulah 4 jenis makanan yang dapat membantu tubuh untuk meningkatkan produksi sel darah merah dan menghindarkanmu dari penyakit anemia atau kekurangan darah. Semoga bermanfaat, ladies.

Tags:

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini